Lanjutan Berita Mengenai Perjalanan Masa Reses DPR

1
44

Menghadiri Berbagai Acara Sosial-Politik Dan Informal Masyarakat Belitung Timur

Sebagai seorang tokoh yang benar-benar muncul secara alami dari tengah masyarakat, tentu popularitas Basuki T. Purnama di Belitung Timur tidak perlu disangsikan lagi. Terlebih beliau merupakan mantan Bupati di Belitung Timur yang dipilih langsung oleh rakyat. Saat berkesempatan pulang kampung di saat reses masa persidangan DPR RI, beliau banyak mendapat undangan berbagai macam acara dari berbagai lapisan masyarakat. Diantaranya beliau sempat menghadiri acara pelantikan Kepala Desa, acara adat masyarakat, acara keagamaan, hingga resepsi pernikahan.

Pada hari Rabu (23/12), Ahok mendapat undangan untuk menghadiri pelantikan Kepala Desa Tanjung Batu Itam, Belitung Timur. Bapak Hasnan, sang kepala desa terpilih langsung berdasarkan proses pemilihan kepala desa oleh masyarakat batu itam.

Upacara Maras Taun

Seusai upacara elantikan kepala desa oleh Bupati Belitung Timur, rombongan diundang untuk datang ke acara tradisi tahunan warga masyarakat Belitung. Acara tersebut dinamakan ‘Maras Taun’ merupakan tradisi yang dilakukan setelah bulan Muharam pada tanggalan Islam. Biasanya tiap desa melakukan maras taunnya sendiri-sendiri.

Upacara adat ini adalah semacam selamatan yang bertujuan mendoakan keselamatan seluruh penghuni desa tersebut. Upacara doa dipimpin oleh seorang yang dituakan di desa tersebut dengan mendapat gelar ‘dukun’. Setelah doa bersama, selanjutnya adalah acara makan bersama dengan menu ketupat dan sayur khas Belitung.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here