Laporan Hasil Observasi Pemilu Negara Bagian Victoria di Melbourne 24-27/11/2010 (bagian II)

1
62

Ahok.Org (29/11) – Yang menarik di pemilihan lower house, dalam kertas panduan yang diberikan oleh Partai Buruh, Liberal dan Hijau kepada setiap pemilih yang mau masuk ke ruangan pemilihan (di kampus universitas, yang kami datang tadi pagi), ketua partai liberal,Ted baillieu ada di distrik Hawthorn, tentu saja di kertasnya partai liberal diberi nomor 1 (walau urutan namanya ada di urutan 2,no 2 mereka anjurkan berikan ke calon independen, nomor 3 berikan ke partai buruh dan no 4 berikan ke partai hijau (hanya ada 4 calon disini), yang menarik di distrik yang sama partai buruh meminta kasih no 1 ke calonnya (John McNally), no 2 nya malahan berikan ke partai hijau ,no 3 ke independen dan no 4 baru ke Ted Ballieu (partai liberal).dan apa saran dari partai hijau kepada pemilihnya utk distrik ini? Partai hijau hanya minta tulis no 1 di kotak calonnya (Jenny Henty), untuk no 2-4 terserah kepada pemilihnya.

Ini menunjukan setiap pemilih tetap diajar “rasional” dan “harus” memilih seluruh calon yg “terbaik” yang muncul di distriknya sekalipun penilaian bisa berbeda sesuai skala paling diminati/diinginkan jadi, dan terlihat partai buruh lebih cenderung mendukung partai hijau dari pd partai liberal yg lebih baik calon independen yg jadi. Ini bagian dari strategi memenangkan suara dan melemahkan suara lawan.

Bagaimana cara menghitung untuk suara no 2-4, aku belum tahu, rencananya besok. Malam ini aku sudah siapkan minimal 2 pertanyaan untuk diskusi di meja makan malam,

1.apakah ada atau boleh ada calon independen di upper house yg isinya partai2? (Tambahan:Ternyata ada calon independen yang tanpa partai),karena tadi kurang perhatikan contoh kertas suara besarnya dan tidak bisa kami minta bawa pulang. Pertanyaan kedua tentu saja bagaimana menghittung perolehan suara dengan sistem pakai no urut yang harus diisi oleh para pemilih sepertt itu.

18:18:19 ,harus mandi untuk siap-siap kumpul di lobby jam 18:45 menuju ke tempat makan, jalan kaki saja, sekitar hotel banyak restoran, malam ini restoran china katanya bukan Italy lagi, bukan karena aku keturunan china satu-satunya diantara semua peserta, ini hanya mau perkenalkan saja betapa multi etnisnya negara Victoria ini dan tanpa diskriminasi (pengakuan pemilik toko percetakan foto asal Sri lanka yang mengatakan seluruh dunia Melbourne adalah kota terbaik tanpa diskriminasi dan perbedaan bagi setiap warganya, diyakini tempat yang baik buat bisnis dan hidup, demikian pengakuannya, kapan Jakarta kita bisa seperti itu? Jalur mobil hanya 2 line ,diambil tram sisanya, tetap tidak ada macetnya, kita diambil busway udah berantakan?

19:38:26 kami masih nunggu pesanan makanan disalah satu restoran shark fin di Chinatown, restoran ini mendapat banyak penghargaan no 1 sebagai restoran terbaik.ada beberapa rekan dari Bangladesh, Samoa, Fiji dan Timor Leste tidak ikut,karena ikut teman dan saudaranya jalan sendiri .

Ternyata Bruce kembali mendadak ke Canberra sore ini, besok baru kembali ke Melbourne ada urusan kantor katanya? Mungkin juga urusan keluarga karena malam minggu? Yang pasti ibu Susan dan saudaranya tidak bisa menjawab pertanyaan saya ,karena mereka juga pertama kali ikuti pemilu dan sistem di victoria state yang berbeda dgn negara bagian mereka, jadi besok baru aku bisa mendaptkan jawabannya, pembicaraan kami lebih banyak soal makanan dan kehidupan di negara masing-masing, PNG ada 4 orang delegasi, Saya dan Shamal dari Srilanka saja yang hadir dengan ibu Ssusan dan saudaranya dari staf Liberal Party pusat tinggalnya di Canberra.

21:37:48 kami selesai, ibu Susan menggantikan Bruce yang membayar, kami tinggal ber-enam saja, 2 rekan dari PNG ada acara sendiri, pergi dulu, kami mau kembali jalan ke hotel .

Dlaam perjalanan pulang bu Susan berusaha jelaskan, kalau yg lower house, jika yang mendapat tulisan no 1 tidak bisa capai 50%, maka suara pemilihnya otomatis diserahkan kepada nama yg mendapat no 2 di kertas pemilih yang memilih no 1 tersebut, demikian seterusnya jika juga tidak mencukupi 50% suara, makan suara pemilih tadi dilimpahkan ke no 3 dalam kertas pemilihannya dengan sistem seperti ini pembagian kursi pemenang menjadi adil dan sesuao harapan masyarakat pe$milih, jika ternyata yg mendpt pilihan no 1 tdk sampai 50% dan dari masyarakat lebih suka memberikan ke yg ,No 2 melebihi jatah 50%, maka yg no 2 lah yang berarti paling direlakan mendptkan kursi dari pd yg no 1.

22:12:36 saya teruskan di lobby hotel buat membaca laporan-laporan hasil rapat dan bahan-bahan rapat komisi II serta Baleg yang tidak sempat saya ikuti karena tidak berada di tempat. Semua bahan juga telah diupload di website ahok.org

Sat, Nov 27, 2010
10:05:30 kami tiba dengan bis ditempat pemungutan suara, foto kampanye tersebar disekitar lokasi pemilihan sekolah blackburn high school ,kami dari hotel jam 9 45, Kami dapat penjelasan dari mr Ken, voting centre manager. Mereka ada manual book utk panitia, dan juga latihan via internet di website VEC.

Disini tdk tersedia lagi electronic voting termasuk telepon voting buat yagg buta, sudah sama seperti di kita, pakai daftar pemilih tetap DPT .semua nama-nama di DPT dikirim lembaran surat ke rumah masing-masing yang sudah ada nomornya sehingga mudah dicocokan dgn daftar nama dan alamat dalam DPT.

Ada check list dalam bentuk buku yagg harus diisi oleh manager voting ini, termasuk udah selesai.
Mereka sediakan untuk pemilih dari luar TPT, tiap distrik ada 50 lbr kertas suara. Bedanya semua yg diluar TPT hrs mengisi form dan hasil pilihannya disimpan dlm amplopdan masuk dalam kotak khusus untuk dikirim ke kantor pusat VEC utk penghitungannya. Panitia berhak nyatakan tidak syah atau syahnya suara yg masuk.semua data form dan hsl pemilihan disimpan dlm amplop berrangkap 3 utk dimasukan dlm kotak yg sama.

Electronic Asistance VotingĀ  dan telepon sistem ternyata baru uji coba dan belum ada UU yang mengatur.
Mereka undang komunitas yang tidak bisa berhasa Inggris untuk latihan selama 2 bulan, bahkan ada acara makan siang guna memastikan komunitas non bahasa Inggrus mampu memilih secara benar, sediakan penterjemah mereka coba lakukan sistem pendidikan pemilih yg menyenangkan.

Persentase pemilih bisa di atas 94% dengan sistem yang tidak “menghilangkan” hak pilih warganya, kita selama ini bangga bandingkan dengan Amerika? Nyatanya hak pilih warga “dihilangkan” sistem yang tidak masukan nama pemilih di daftar DPT.

Waktu pemilihan dari jam 8 pagi sampai jam 18 terakhir orang antri. 2 minggu sebelumnya sudah dimulai pemilihan awal.

Sistem perhitungan, mereka menghitung dulu yg mendapat pilihan no 1 dulu, jika tidak capai 50% baru dicari yg dapat pilihan no 1, no 2nya diberikan kepada siapa, jika bisa capai 50% suara yg no 2 menjadi pemenang karena mendapat limpahan sura dari no 1 yg tidak cukup demikian seterusnya jika no 2 juga tidak capai 50%.

Foto-foto premier John Brumby dari Partai Liberal ada sekitar lokasi pemilihan begitu banyak, tetap dianggap bukan pelanggaran. Panitia juga siapkan data lembaran jalan untuk ngecek nama-nama yang mengaku punya hak pilih diluar daftar DPT .waktu 11:06:01 kami selesai dan mau kembali ke bis (Ternyata briefing lagi dari Bruce yg sudah balik dari Canberra).

Banyak sekolah dipakai sebagai tempat pemilihan, dimanfaatkan sekolah untuk melakukan bazar mengumpulkan dana dengan menjual barang-barang kerajinan anak dan makanan minuman.

Tempat pemilihan ini termasuk besar karena menampung sampai 400 pemilih. 11:18:12 sudah di bis guna kembali ke hotel Mercury Spring street.

Acara bebas setelah sampai dihotel dan bruce meminta kami mengisi questioner .
14:35:59 kami menunggu jam 18 40 utk berjalan menuju kantor liberal utk merayakan kemenangan pemilu malam ini. Saat ini kami di hotel, acara bebas disarankan nonton tv dan melihat hasil survei terakhir, koalisi akan mengalahkan partai buruh walau tipis kemenangannya.

18:25:25 kami sedang melihat siaran langsung di TV, hasil polling awal partai buruh hanya 46%, koalisi 54%, tentu saja ada swing voters sebanyak 8,5%. Jika ini terjadi, malam ini tidak akan tahu siapa yang menang, karena ada banyak suara ( 500 ribu lebih suara) pemilih awal dan yg tdk tercatat dlm DPT, suara mereka ini baru akan dihitung pada hari senin tgl 29 nov 2010.

Survey awal dari stasiun tv Sky News; buruh : 35% ; koalisi (liberal dan nasional) : 48% ; partai hijau : 12% ; yang lain : 5% sebentar lagi kami mau jalan ke kantor liberal negara bagian Victoria, cuaca dari siang terus hujan, dari besar ,gerimisĀ  balik ke besar lagi hujannya, saling silih berganti .

18:56:52 kami briefing di lobby hotel Sofitel luxury hotels, partai Liberal menyewa ballroom hotel ini untuk melihat quick countnya, kami saat ini naik escaltor menuju ball room. Sistem perhitungan suaranya pemilih dan pengamat tidak bisa masuk ke dalam, karena para saksinya adalah timses calon dan kader partai yang dipercaya, beda dengan sistem kita yang semua bisa nonton tetapi seringkali masyarakat tidak tahu lagi apa yg terjadi setelah kertas suaranya masuk ke kantor KPUD? Sistem disini menjaganya dengan cara mereka langsung input ke pusat tabulasi elektroniknya, sehingga tidak bisa diubah-ubah lagi, coba bayangkan dgn sistem kita di pemilu 2009, KPU menyetop tabulasinya, ada apa?

20:44:15 dari hasil perhitungan keliatannya koalisi partai Liberal dan Nasional akan menang, artinya premiernya akan diduduki oleh Ted Ballieu dari partai liberal mengganti John Brumby dari partai Buruh yang sudah menjadi premier sejak 2006 dan partai buruh sejak 1999.

Jam 23 30 kami ninggalkan tempat setelah dengar pidato Ted Ballieu yang mengklaim partai Koalisi telah menang.

Sun, Nov 28, 2010
09:01:54 saya sudah dalam taxi menuju bandara , yang menarik dari pengakuan supir asal libanon yang sudah jadi warganegara Australia. Jika tidak memberikan hak suara pada saat pemilihan ,mereka akan dikirim denda uang, jumlahnya dia tidak tahu. Tetapi warga di Victoria ini memang suka memberikan haknya dan menentukan nasib mereka sesuai dengan partai pilihannya, jadi bukan memilih karena ada denda.

10:49:57 dalam pesawat siap-siap terbang menuju Sydney, seluruh kursi terisi penuh. Selalu on time dan Jam 11 jadwal take offnya .

14:13:37 sudah di ruang tunggu siap-siap utk berangkat dari Sydney menuju tanah air sebelumnya sempat makan kwetiaw goreng di restoran china dekat gate 31. Enak kwetiaw sapi 18 dolar Australia + 2,5 dolar chinese teanya. Jadwalnya berangkat sesuai tiket jam 15 10 berangkat dan tiba di jakarta jam 18 40 wib atau jam 22. 40 (jam sydney).

(Tambahan:15:00:58 sudah dalam pesawat dan siap terbang, sangat tepat waktu Qantas, Garuda Indonesia harus mampu lakukan hal yang sama)

Bandara sydney, terminal 1 (international) gate 31.
14:16:06

BTP

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here