Ahok Dicalonkan Untuk Pilgub DKI

12
167

Ahok.Org – Ditengah persiapannya maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Bangka Belitung (Babel), Ir. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok malah diminta maju memimpin Ibukota RI (Republik Indonesia), dengan maju dalam Pilgub DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta, Agustus 2012 mendatang.

Permintaan agar dia maju memimpin Jakarta tersebut menurut Ahok, datang dari beberapa LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), para buruh dan masyarakat miskin Jakarta.
“Mereka bilang, kalau saya punya program jaminan sosial nasional yang meliputi pendidikan, kesehatan dan asuransi, terlalu kekecilan kalau dimulai dari Babel, lebih baik dari Jakarta sehingga memperjuangkannya menjadi program nasional lebih mudah,” cerita Ahok kepada RB via telpon, Sabtu (11/6).
Masyarakat miskin kota, para buruh dan LSM, menurut Ahok menginginkan program jaminan sosial yang sudah dia terapkan saat memimpin Belitung Timur (Beltim) tersebut bisa diterapkan di Indonesia, karena hal itu mengacu UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. “UU sudah mengatur itu, dan saya sudah melaksanakannya di Beltim, dan mereka mendorong itu dilaksanakan secara nasional,” jelas mantan Bupati Beltim ini.
Permintaan tersebut kata Ahok disanggupinya. Namun karena dia tidak memiliki dana untuk merebut kursi DKI 1 tersebut, maka dia meminta masyarakat tidak hanya mendukung lewat KTP (Kartu Tanda Penduduk), tapi juga lewat pendanaan. Caranya dengan gerakan Rp 20 ribu perorang yang bisa ditransfer melalui rekening yang disiapkan. “Jika 400 ribu orang masing-masing menyumbang Rp 20 ribu perbulan, maka dana itulah untuk membiayai pemilihan nanti,” jelasnya.
“Dan mereka (LSM dan masyarakat miskin kota-red) menyanggupinya. Mereka mau membantu memenuhi syarat pencalonan saya seperti mengumpulkan fotocopy KTP jika memang saya harus maju melalui jalur independen, karena tidak mendapatkan partai pengusung,” tambahnya.
Sumbangan dari publik tersebut tambah anggota DPR-RI dari Golkar ini, akan dikelola Center for Democracy and Transparency (CDT) yang didirikannya tahun 2007 lalu. Dana akan dikelola secara professional dan bisa diakses public di website www.cdt31.org/dukung.htm. “Jadi ini membalik sistem yang berlaku selama ini. Jika selama ini calon yang memberikan uang kepada rakyat, maka sekarang rakyat yang menyumbang untuk calon dalam pemilihan kepala daerah. Jadi ada politik partisipasi rakyat demi sebuah perubahan,” tuturnya.
CDT sendiri menurut Ahok, memiliki tiga program utama dalam Pilgub DKI nanti yakni, pertama, melakukan pendidikan politik publik agar masyarakat lebih cerdas dalam memilih pemimpin dan mendorong individu-individu idealis masuk ke dalam politik. Kedua, melakukan advokasi langsung terhadap kelompok-kelompok marjinal untuk mendorong pelayanan publik yang lebih baik. Dan ketiga, membantu kebutuhan-kebutuhan masyarakat kecil yang sangat urgen secara selektif mulai dari pemberian beasiswa, pembiayaan kesehatan, dan kebutuhan-kebutuhan mendasar dan urgen lainnya.
“Mari bersama-sama ciptakan sejarah. Sumbangkan Rp. 20 ribu per bulan saja untuk mendukung saya menjadikan DKI Bersih, Transparan, dan Profesional,” ajaknya.
Namun  Ahok memberi deadline hingga November 2011 kepada pendukungnya di Jakarta untuk memenuhi persyaratan pencalonan Gubernur DKI tersebut. Sebab bulan tersebut, Pilgub Babel sudah memasuki masa pendaftaran. “Jika syarat pencalonan di DKI siap, saya akan maju di DKI. Namun jika sampai November nanti tidak siap, saya akan mendaftar Pilgub Babel,” ujar Ahok yang mengatakan, jika bisa memilih, dia tentu lebih menginginkan memimpin DKI dibanding Babel.
“Kalau urusan sosial DKI selesai, maka 50 persen urusan social nasional ini selesai,” tambah Ahok yang juga meminta dukungan masyarakat Babel.
“Saya mohon dukungan dari warga Babel baik di Jakarta ataupun di Babel. Bahkan kepada orang-orang yang tidak setuju saya maju ke Pilgub Babel, mari dukung saya di ke Pilgub DKI dengan menyumbang Rp 20 ribu. Karena jika saya maju di DKI, kan saya tidak maju di Babel,” pungkasnya. [Radar Bangka]

12 COMMENTS

  1. Saya dari denpasar bali dan saya mendukung Ahok menjadi Gubernur DKI ataupun Babel, ataupun Presiden RI.

    Jadikan Indonesia lebih baik, sendiri mungkin sulit, oleh karena itu saya mendukung, dan saya sudah mengambil tindakan nyata berupa, menyebarkan blog Ahok.org lewat berbagai iklan baris, blog, dll. Sms dan skype juga.

    Mungkin pak Ahok bisa buat postingan detail, selain dana, dukungan apa saja yang diharapkan! Untuk dana, saya juga siap!

    Untuk teman-teman lain, mari galang kesatuan, baik secara online maupun offline, dimanapun anda berada, jika kita bersatu mendukung pak Basuki, saya percaya Indonesia Bisa melahirkan perubahan BESAR!

  2. saya setuju dan mendukung ahok menjadi gubernur DKI jakarta, kenapa tidak kalau konsep dan kejujuran dijunjung tinggi, amerika aja bisa pilih obama (kulit hitam) ntuk jadi president, kenapa tidak kita coba untuk ahok sebagai gubernur DKI, dia pantas dan layak untuk itu semua. hidup ahok maju terus pak, kita majukan negara ini berantas penyakit korupsi yang udak terlalu lama berkuasa di negara ini, rakyat rindu seorang figur kepala negara/kepala daerah yang jujur dan takut akan Tuhan. amien Tuhan menyertai langkahmu pak Ahok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here