Lanjutan Lap Kerja Kamboja (Rabu 22/9)

1
51

Ahok.Org – Wed, Sep 21, 2011 Jam 09:06:56 Acara rapat dibagi per komite, Ada 4 komite dalam rapat pagi ini:

1..Komite bidang politik
2..Komite bidang ekonomi
3..Komite bidang sosial
4..Komite bidang organisasi.

Saya mendapatkan tugas menjadi pimpinan komite sosial, kami bertiga, Mirip di badan legislasi, membahas paragraf demi paragraf resolusi yang akan dibuat, kadang terjebak soal istilah dan l/rammar” bahasa yang dipakai. Bukan hal substansi lagi. Kadang delegasi Vietnam ingin menambah kalimat-kalimat yang sebenarnya hanya bersifat tambahan saja.

10:15:28 Masih membahas resolusi penanganan kejahatan lintas negara. Berdeba pendapat soal kalimat dan kata-kata memang jadi panjang, kami mengikuti saja. Saya juga sambil becanda bilang kenapa pakai “countries” bukankah dalam preambul negara ASEAN kita pakai “states”? Akhirnya akan dibahas lebih lanjut mungkin di AIPA berikutnya. Sekretariat AIPA ngotot pakai countries.

10:40:10 coffee break
11:11:34 rapat dimulai lagi.
Topik kedua : thr role of parliaments of AIPA member countries in accelerating the implements of millenium development goals/MDGs by 2015. Kami menolak membentuk task force untuk mengawasi MDGS ini, ternyata sudah dalam seminar lalu indonesia justru yang ngotot ada task force ini, (vietnam bilang Indonsia yang ngotot dulunya, Saya jawab saja kami tidak setuju menghabiskan uang saja buat task force), tidak bisa diubah lagi? lalu Ngapain kita bersidang? Harusnya isu dari draft resolusi dibahas di BKSAP sebelum dibahas disini, jadi sesuai dengan yang kita mau perjuangkan, apalagi bhs Inggris, drating bhs Indonesia saja udah pusing apalagi menggunakan bhs Inggris!.

12:08:49, kami selesai dan makan siang.
13:59:11 kami siap berdialog dengan perwakilan negara Canada sebagai observer .
14:01:51 acara mulai, Perkenalan masing-masing delegasi. Saya menjadi jubir lagi dari 3 anggota DPR yang bertugas di dialog ini. Ditemani staf Kemlu buat bahan dan ada penterjemah bagi anggota yang ingin diterjemahkan ke bhs Indonesia. Semua bahasa yang dipakai adalah Inggris.

15:04:23 Giliran Kamboja bertanya, kami bertanya soal apa yang parlemen Canada lakukan menghadapi crisis ekonomi yang akan menimpa Amerika dan Eropa?

15:44:45 acara selesai, foto-foto sebentar dan aku lanjut ke dialog dengan Rusia di lantai 3.
16:05:35 sudah komplit delegasinya, menanti wakil dari Philipina. Pak Anton yang ditunjuk menjadi jubir masih belumn hadir ,belum selesai dialognya dengan Australia, pak Ma’mur juga belum hadir. Jadi sementara saya sendiri wakil delegasi Indonesia.

16:10:11 acara dimulai, tidak bisa menunggu lagi. Saya masih sendiri. Saya diminta perkenalkan diri, tanpa pak Anton dan Ma’mur, seperti biasa ,tanpa memulai dengan pembukaan kepada yang terhormatnya, langsung saja.

16:21:57 pak Anton baru datang disusul pak Ma’mur jam 16:25:19, Delegasi rusia bicara dengan bahasa Rusia dan diterjemahkan ke Inggris.

17:10:48, dialog masih berlangsung, staf BKSAP memberikan draft “joint communique” (untuk bahan pernyataan bersama hasil sidang ini pada saat penutupan hari Jumat), yang akan saya bahas jam 19 malam ini, lumayan ada 26 halaman.

Harusnya besok, karena diputuskan besok hanya untuk  jalan-jalan dan acara santai turmamen golf diikuti semua, maka kami yang harusnya besok tidak bisa jalan-jalan (karena dapat tugas mengoreksi draft ini), akhirnya besok bisa ikut, dengan syarat malam ini harus selesaikan pekerjaan besok.

17:27:27 Chairperson mulai mensimpulkan dialog, semua laporan terlalu normatif.
17:29:41,acara selesai lanjut foto bersama.
17:40:09 kembali ke kamar hotel, mandi dan makan malam rencana jam 18 30, terus jam 19 rapat lagi buat yang bertugas.

18:24:12 belum ada teman-teman dari DPR RI  di ruangan makan,  Saya dan pak Hidayat duduk semeja dengan delegasi parlemen Eropa 18:34:46, malam ini jamuan makan dilakukan oleh walikota phnom penh H.E Kep Chuk tema.

18:51:05 makanan baru mulai keluar ke meja, diawali musik dan tarian terlebih dahulu.
19:17:06 baru menikmati hidangan kedua yaitu soup, sudah diberitahu bahwa rapat join komite telah dimulai di lantai 3, saya dan pak Hidayat segera kesana, pak Anton sementara standy by.

19:32:36 , Delegasi indonesia menjadi 5 orang karena ditambah pak Andi,  pak Arif, ibu Bokiratu, pak hidayat dan saya.

Hampir semua kesimpulan adalah copy paste dari semua acara,termasuk pidato-pidato dan pernyataan dari masing-masing ketua delegasi.

20:38:45 masih berlangsung, karena hanya kata-kata yang dikoreksi, terutama Singapore, filipina, soal ada “s” atau tidak juga diedit. Terus terang dalam hal koreksi/edit kata , grammar. Delegasi kita memang lemah, menurut pandangan kami sudah ok saja kerja staf soal draft ini.

21:07:09 soal anggaran sekretariat ASEAN, delegasi Indonesia bisa berkomentar, bapak Andi bisa dengan baik sampaikan dalam bhs Inggris.
21:17:08 coffee break, (tidak ada kue lagi, pastinya jadi lapar).
21:20:32 makanan kecil baru datang, lumayan untuk menganjal perut.
Ternyata ada makanan juga, daging sapi, dll.
21:37:32 masuk lagi, kami beberapa orang masih berbincang diluar
22:55:58 kami masuk  ruangan, Pembahasan sudah paragraf ke 54. Ttg acara AIPA thn depan 16-22 sept 2012 di lombok, pak hidayat sbg jubir memperbaiki, ada tambahan mataram, lombok (padahal acara di senggigi, kalau Senggigi lebih tidak  ngerti lagi :).

Masuk ke paragraf 55 bahan diskusi di luar draft, soal laporan keuangan harus jelas dan mudah dimengerti diminta kepada sekretariat AIPA membuatnya.

56 paragraf berisi hasil dialog dengan negara-negara observasi. (Dialog ini belum komplit semua, karena beberapa baru selesai jam 17 lebih ) Singapore minta cek 1 paragraf saja, tidak perlu tulis semua hasil dialog.

Paragraf 57.soal pertemuan ke 33 AIPA, delegasi Vietnam bilang kalau dibahas akan sampai besok pagi tidak selesai.
Paragraf 58.accrediting expression (semua ok).
Paragraf 59 appreciation to host country, (semua setuju).
Demikian suasana rapat komite, kita perlu belajar dan kuasai grammar inggeris dgn baik kalau mau urus demikian.

Tinggal masing-masing delegasi tanda tangan dan menulis sendiri saja (pengalaman bahas nulis nama yang benar saja bisa lama).

22:21:11 acara selesai, Kami kembali ke kamar

22:26:34 tiba di kamar, besok pagi sarapan jam 5.30 dan siap di lobby hotel jam 6.00 , rata-rata sudah siapkan sepatu untuk jalan-jalan. Saya yang tidak pengalaman tidak membawa sepatu santai. Pikirannya kerja saja di hotel.

Salam

BTP

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here