Maruarar: PDI-P Rapatkan Barisan Untuk Jokowi-Basuki

1
46

Ahok.Org – Maruarar Sirait mengatakan, dukungan PDIP sangat penting untuk menunjang dukungan terhadap Jokowi-Ahok. Menurutnya, bila kemampuan Jokowi-Ahok menarik dukungan kelas menegah, dan ditopang dari dukungan PDIP melalui wong ciliknya, tentu akan dapat menjadi kekuatan yang besar. 

“Kita akan mensolidkan PDIP perjuangan, kalau dukungan dari internal partai kami kuat, maka akan semakin memuluskan langkah Jokowi-Ahok,” ujarnya, di Warung Daun, Jakarta, Rabu (24/5).

Indo Barometer melakukan survei untuk melihat elektabilitas dari 6 kandidat calon gubernur DKI Jakarta. Hasil Survei menunjukkan, Jokowi-Ahok bereada di urutan kedua. Jokowi-Ahok mendapat dukungan yang cukup besar dari PDIP, dan Gerindra, serta ada dukungan dari massa Golkar, dan Demokrat.

Menurutnya, kekuatan Jokowi-Ahok, yang banyak didukung oleh kalangan menengah, dapat menjadi kekuatan yang sangat besar bila didukung oleh grass root dari PDIP yang merupakan wong cilik. Hal ini dapat menaikkan suara secara signifikan.

“Sebenarnya yang paling independen itu kelas menengah. Mereka tidak punya tekanan, dan proyek dari siapapun. Mereka cenderung independent memilih sesuai ideologinya. Jadi bukan karena kepentingan ekonomi dan hal lain. Kenyataannya, tren ke Jokowi-Ahok memang meningkat,” ujar Arar.

Selain itu, ia melihat bahwa keunggulan Jokowi-Ahok dalam kalangan menengah membawa angin segar, karena ada kemungkinan mereka bisa memperngaruhi orang banyak di sekitarnya. Menurutnya, kalangan menengah itu karakter yang sulit diyakinkan, tetapi apabila mereka sudah yakin, mereka komitmen dengan pilihannya.

Selanjutnya, Maruarar melihat peluang bahwa  dukungan PNS terhadap incumbent masih rendah. Menurutnya, hal ini menarik untuk dicermati. Padahal, Wagub DKI Jakarta sekarang juga tidak maju sebagai kandidat. [Gatra]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here