VCD Jokowi-Ahok Merasuki Warga

0
55

Ahok.Org – Percaya atau tidak, VCD (video compact disc) merupakan salah satu instrumen marketing politik pencitraan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, dalam Pilgub DKI Jakarta 2012.

Cara ini efektif menjaring suara warga Jakarta. Ada sekelumit cerita menarik soal VCD yang berisi jejak rekam pesaing Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, dalam putaran kedua nanti.

VCD ini bukan saja disebar kepada warga, tapi juga ke rumah sakit. Hal itu dimanfaatkan dokter-dokter yang pro dengan Jokowi-Ahok.

“Dokter yang pro dengan kita, pasiennya yang menunggu antrean diputerin video itu. Kalau ada yang tertarik silakan bawa satu dan digandakan,” ujar Ahok saat ditemui wartawan di Cava Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2012), di sela taping dengan stasiun televisi swasta.

Strategi ini, lanjut Ahok, menjadi dahsyat jika ditonton banyak warga Jakarta. Ia melihat potensi itu dari kebiasaan warga menengah bawah Jakarta yang suka ngerumpi.

Kalau satu orang menonton VCD dan tertarik isinya, maka mereka menjadi penyambung program Jokowi-Ahok ke warga lain.

Disadari atau tidak, Jakarta memang berbeda dari Solo dan Belitung Timur. Di dua kampung halaman Jokowi-Ahok, jarang ditemui perumahan padat penduduk yang dipenuhi gang sempit.

Gang-gang sempit menjadi pasar marketing lewat warga, yang menonton VCD rekam jejak Jokowi-Ahok.

Rumah sakit atau tempat praktik dokter, juga merupakan lokasi penyebaran VCD rekam jejak pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan Gerindra. VCD ini juga disebar ke kantor-kantor yang dipenuhi kalangan menengah ke atas.

“Kami ada strategi, kantor dibagi satu VCD untuk nonton bareng. Kalau satu kan tidak bisa dibawa. Yang ada kalau mau nonton harus bareng. Tapi, kami tulis di VCD, boleh digandakan,” jelas Ahok yang sukses menerapkan SJSN kala menjadi Bupati Belitung Timur.

“Kami punya keyakinan, kalau orang baca koran kami, nonton VCD kami, akan melihat pertama siapa kami. Mereka akan tahu, dan film relawan kami bagus banget. Waktu saya nonton itu, saya tanya kepada ahli komunikasi. Dia bilang, kalian reliable banget sebagai pasangan, kalian tuh dynamic duo,” tuturnya. [Tribunnews]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here