Inilah Total Biaya Ongkos Jahit Baju Dinas Gubernur – Wakil Gubernur DKI

65
950

Ahok.Org – Segala persiapan telah dilakukan menjelang pelantikan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih nanti. termasuk diantaranya mengenai seragam dinas yang akan digunakan dalam keseharian nanti. Mereka telah memesan beberapa stel seragam di Feng Sin Tailor, kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat yang merupakan penjahit langganan Ahok sejak dahulu.

berikut jumlah pakaian yang dipesan dan harganya:

2 stel PDH @700.000 = 1.400.000
1 stel baju hansip @700.000 = 700.000
1 stel PDUB (untuk upacara) @1.900.000 = 1.900.000

Total semua : Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) untuk 4 stel pakaian per orang

Sehingga total biaya jahit pakaian untuk Jokowi dan Ahok menjadi 8 Juta Rupiah.

mengenai penjahitnya, seperti dilansir oleh Tribunnews, Feng Sin Tailor yang beralamat di Jln Gunung Sahari 5 nomor 11A Jakpus ini dalam bahasa Mandarin berarti fajar baru. Usaha menjahit ini didirikan tahun 1940 oleh mertua Rusman. Pada masa awal berdirinya, menurut Rusman, pihaknya banyak menerima pesanan dari orang-orang Belanda. Ia sendiri baru bergabung di Feng Sin tahun 1971, mengawali kariernya sebagai tukang potong bahan. Kini Rusman berkuasa penuh atas Feng Sin, dengan mempekerjakan belasan karyawannya.

Perkenalannya dengan Ahok bermula sejak tahun 1970-an. Saat itu ayah Ahok, Indera Tjahaja Purnama alias Kim Nam seorang pengusaha yang dermawan dari Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, sering memesan kemeja dan celana dari Feng Sin Tailor.

Beranjak dewasa di tahun 1980-an, Ahok pun mulai memesan pakaian untuk dia kenakan. Hingga kini, Rusman menuturkan setidaknya dua kali dalam setahun, Ahok memesan pakaian darinya.[*]

65 COMMENTS

  1. wah tidak berubah setelah transparan jadi anggota DPR kini tetap transparan menjadi wakil gubernur. Lanjutkan bung Ahok, bangun Jakarta lebih bermartabat dan manusiawi.

  2. hahaha, I Like this! Hubungan sosial manusia seringkali dimiskinkan oleh nilai uang dalam bertransaksi, tapi Bang Ahok nggak, Dia nggak lupa sama penjahit yg udh puluhan tahun dikenal bapaknya

  3. Jutaan rupiah tuk pakaian dinas itu terlalu mahal, walau itu utk kehormatan wakil rakyat; skali-skalilah berpakaian ala rakyat miskin biar bisa merasakan tekanan kemiskinan warga. Sya pkr ini akan membuat rakyat semakin sayang pada Bapak dan memberi contoh yang baik bagi generasi muda di kemudian hari.

    • kita orang mikin juga harus berpikiran maju boss…. kita hrs berpikir positif bagaimana caranya kita yg miskin bisa seperti orang kaya.. jangan suruh beliau merasakan penderitaan kita. saya rasa ahok dan jokowi sudah sangat mengerti penderitaan rakyatnya.. jadi cobalah setiap orang berpikir maju. pasti kita bisa jadi bangsa yg besar…

    • Sorry nih pak.. Kalau buat dinas 4 juta 4 stel si AMAT SANGAT manusiawi dan saya malah salut sama gubernur yg bisa bikin setelan dinas di tailor biasa, bukan harus designer khusus. Masa harus liat gubernur anda dengan pakai kaos rombeng baru anda puas sbagai rakyat Indonesia? Malu dong… 🙂

    • berbagi io saja… kalau menurutku itu murah loh… soalnya ayahku membuat jas saja 500rb tahun 1990an… itu baru jasnya aja,, g kebayang sekarang itu berapa harganya,, kain celana yang kualitas jelek saja sekarang harganya 1 meter 60rb…
      jadi kalau 2 stel PDH @700.000 = 1.400.000,, itu termasuk murah,, dan 1 stel baju hansip @700.000 = 700.000
      1 stel PDUB (untuk upacara) @1.900.000 = 1.900.000 ,, (bahkan menurutku penjahitnya kasih harga spesial untuk pembuatan baju dinas ini)… bisa kebayang g kalau kain yg pakai pak jokowi dan ahok kain murah yang cepat bau, panas, cepat pudar warnanya (dekil), dan menimbang itu cuma 1 stel.. iughh… menurutku lagi nih… mereka pantas kok mendapat bahkan yg lebih dari itu… =D =D

      • wah2, 700rb 1 setel itu termasuk murah apalgi setingkat gubernur/wagub. seingat sya biaya seragam bupati tempat saya untuk 1 setel diatas 1.5jt karena mesan di tailor yg mewah. jadi bandingkan apple to apple, pejabat dg pejabat. jangan bandingkan setelan jadi dipasar cipulir, perluas wawasan lah. malah saya anggap joko ahok layak dapat lebih dari itu mengingat kienrja mereka yg full dan aggressif.

  4. Lebih bagus lagi kalau ada perbandingan dengan yang tahun2 lalu.
    apalagi untuk yang nilai uangnya besar… seperti harga busway.. jadi kelihatan apakah dulu ada mark up???

    congratzz bung Ahok

  5. Ini menjadi pelajaran bisnis juga untuk tailor-tailor diseluruh kota di Indonesia.
    Jika kita punya usaha,jangan berhenti dan puas di generasi kita saja, teruskan sampai ke generasi berikutnya.
    Bagaimana caranya bisa bertahan sampai ke generasi berikutnya?
    Tanya saja Feng Sin Tailor.

    Terima Kasih kepada ayahanda dari Pak Ahok dan juga kepada pak Ahok yang telah menimbulkan inspirasi dan menjadi prototipe untuk kami semua.

  6. congratzzz

    coba disajikan dengan biaya yang sama tahun2 sebelumnya..

    juga untuk pembelian2 yang dominan… misalnya bus way…. sekarang berapa waktu pa foke berapa? ntar kelihatan mark up nya dehh..

    thankssss

  7. semoga sektor jajaran pemda DKI Jakarta Baru dibuat transparant, semua suku dinasnya dibuat aduan masyarakat lewat website sehingga mereka tidak dapat lagi main patgulipat……….minggir buat koruptor… minggir buat PNS yang cuma ongkang-ongkang kerjanya…

  8. Transparan betul. Tapi kok harganya segitu yak? Tapi it is okay lah, yang penting keperluan untuk rakyat dan tentunya selagi ada harga yg lebih murah dan kualitasnya sama, kenapa enggak. Semangat Jakarta Baru

  9. Wah,,ini sih sudah murah..mana ada pejabat mau pakai jas harga segini…liat aja tuh ada yg harga jasnya sampai puluhan n ratusan juta…Hidup pak ahok…we love you

  10. widih ! Salute sama Web ini.

    Seringkali pengeluaran” yang dikira minim (baju atau kebutuhan sehari” kantor) merupakan ladang basah koriptor.

    Dengan keterbukaan seperti ini justru memberikan ketenangan dan kepercayaan masyarakat pada pak AHOK !

    Jokowi AHOK numero uno !

  11. Sangat Transparan! Rakyak tidak salah memilik bang Basuki sbg wakil gubernur utk mendampingi pak Jokowi 🙂 Sukses buat membangun jakarta pak! Semoga tetap transparan!

    • Ga pernah bikin baju di tailor yah? 700-1.900rb itu hrg yg wajar… Untuk org nomor 1 dan nomor 2 di jkt, itu hrg yg masuk diakal… Mmg hrs berhemat anggaran, tp kalau org no 1 di jkt pakai baju dgn bahan yg lusuh yg 1-2 kli cuci pudar wrn nya, apa kata dunia?? Belum lagi kalau hrs mengeluarkan biaya tambahan utk buat baju pengganti baju yg cepat lusuh itu… Lebih baik membuat pakaian sekali dgn kualitas yg baik dan awet drpd hrs berulang2 buat yg baru..

    • coba bandingkan dengan setelan si foke itu dan pejabat2 laennya pasti lebih mahal ,sy bikin jas ditaon 92 harganya 800ribuan (kalo harga tepatnya uda lupa ) itu ditempat terkenal ,maaf gak bisa kasih tau dimana tempatnya dan siapa designernya kode etik. setelah 20thn lebih harga setelan jas ditempat sy buat jas dan kemeja pasti sdh 2 – 3 x lipat, bikin baju 300ribuan. jadi untuk pk Ahok dan Jokowi setelan tsb masih murah banget bwt seorang gubernur dan wagub.

    • Bagi seorang pejabat setingkat Gub atau Wagub ini termasuk murah sekali…baju kerja lapangan yg saya pakai di hutan saja seharga 1 juta satu stelnya…cuma mau jumpa kadal, biawak, kera…

    • harga 700ribu sampe 1.9 juta itu uda murah banget! Apalagi utk ukuran di pakai sehari” buat dinas. Itu udah pakai bahan yang nggak mahal.. Pakai bahan biasa banget.. Kalau bahan yang bagus ga dapet harga 700ribu buat bahannya aja. Saya tau krn org tua saya penjahit. Boleh cek harga kok di tukang kain. . 🙂 thank you

      • betul.. betul.. betul..
        terkadang orang mengkritik karna ketidaktahuannya..
        dan dugaan saya bisa dapat segitu karna harganya kain dsb dan ongkos buatnya itu dikorting… =)
        itu jadi mahal banget kalau dibandingin sama buat baju anak sekolah yang kainnya cepat bau dan sobek, transparan (sehingga harus pakai kaos dalam) dan kancingnya gampang copot… hehehe… =p

  12. Buat yg masih blg hrg sgitu mahal coba skali2 jalan2 ps baru tanya ongkos jait jas brp. Jgn asal bicara tp tdk tau hrg pasar.
    Buat jokowi-ahok, smoga sukses!

  13. Sebelumnya saya ucapkan selamat ya pak, atas terpilihnya bapak sebagai pemimpin DKI.
    jujur pak klo baca website bapak agak merinding disko, jarang2 ada pejabat yg mau share data seperti bapak, semoga yang bapak sajikan bukan pemanis diawal ya pak.

    • gak sekalian nanya ukuran sepatu si ibu sekalian? nanti ada yg cembokur lho, nanti dikira ada affair apa si bapak dgn jeng rose, si pembuat sepatu “anti bhatjox/hooroo-hara” dan “jambredz qatooleesdiva” itu lho 🙂

  14. biasanya sih lebih mahal dari itu, cukup bagus dan standard bawah itu sih, coba di sirvisnhu lebih mahal………….. salut untuk kedepannya tolong perhatikan pakaian karyawannya dan dapat bahan serta ongkos jahitnya sdh ada anggarannya………..biar wakil gubernur tahu dari bahan apa dan berapa ongkos jahitnya? pertanyakan itu………….sebab pimpinnan yg lalu tdk pernah permasalahkan itu. keenakan bagian perlengkapan…..dia bisa dapat beli mobil dan rumah bagus2….di jakarta, padahal dari kampung pake sendal jepit…….bawa sarung sekarang belaga pada pakai motor dinas karena takut diperiksa……………?

  15. Terima kasih pak Basuki, tanpa dimintapun Anda sudah transparan. Bagi saya sebagai warga, anda pakai uang 20 juta untuk pakaianpun (asal memang itu perlu ya) saya rela asal dapat dipertanggung jawabkan seperti yang sudah Bapak sampaikan ini. Semoga virus transparan ini menular ke pejabat lainnya.

  16. Agak Mahal , sy bisa kasih lebih murah dengan bahan wool branded
    berikut jumlah pakaian yang dipesan dan harganya:
    2 stel PDH @700.000 = 1.400.000
    Saya bisa kasih 1 stel pdh @400.000
    1 stel baju hansip @700.000 = 700.000
    Saya bisa kasih 1 stel pdh @400.000
    1 stel PDUB (untuk upacara) @1.900.000 = 1.900.000
    saya bisa kasih rp.1.200.000
    Total semua : Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) untuk 4 stel pakaian per orang
    sy bisa kasih 2.800.0000,
    lagi pula kenapa harus FENG SIN , banyak penjahit diluar yng kualitas sama dengan feng sin yang lebih murah , bahkan lebih murah dari saya ,coba check ! , ayo jokowi-ahok anda lebih bisa mengagumkan dari ini , kami tunggu seragam tahun depan lebih merakyat

  17. Gile urusan stelan baju aja rame bener ampe 50 komen lebih..
    ni tukang jahit semua lagi saingan harga ya? pada ngomong soal detil harga bahan jahitan, kemahalan lah, bole u cek harga sebelah, dst… ampe ane kire lagi di tenabang Blok A.. wkwkwk 😀
    jadi ketauan mana yg gaweannya tukang jait nih… yg berhasil diidentifikasi: Imelda, Nia, Haresh, dst.. (klo permak jin lepise [lebay pisan euy] kasi brapa sama daku, neng?)
    Nah, kita tinggal nunggu topik “Jokowi mau ganti karpet sama gorden di rumah dinas”, nanti kita liat sape nyang gaweannye tukang karpet/gordijn.. 😀

  18. biasanya begitu, awal2nya transparan.. apalagi biaya belanja yang terbilang kecil2 /beli pakaian dll. Rakyat diharapkan tetap kritis jangan mau di tipu dengan gaya tampilan sederhana.Lambat atau Cepat Kelemahan manusia akan terlihat bila dihadapkan dengan “Kesenagan Duniawi” Kekuasaan/Korupsi Duit-Rakyat, Senang2 (main cewek, Narkoba/minum2 beralkohol,Judi). Dalam sejarah Peradaban manusia hampir tidak ada yg lolos dari kelemahan2 diatas tsb.

    • biasanya????, wow anda berprasangka banget!!, biasanya jg gub DKI dari kalangan atas.., tp ini memaang luar biasa (tidak seperti pada umumnya).. Pernah anda melihat pemimpin yg transparan seperti ini atau pernah melihat pemimpin yg membuat keputusan secata bottom up (pertimbangan/masukan dari bawah?)?? coba anda lihat track recordnya.. semoga anda terserahkan. Dan
      semoga bisa bertahan.. dan itu butuh dukungan pren. jadi jangan kotori yg bersih itu..so positif sedikit lah..

  19. Tak penting ribut soal murah mahal. Itu relatif. Mau bilang mahal atau murah terserah sdt pandang sendiri. Nilai yg penting adl tranparansi itu. Sungguh sbh terobodan praktik gg. Lanjutkan

  20. dalam ajaran setiap agama yg baik, diajarkan tentang kebaikan dan kejujuran.. semoga diberi kelancaran, selalu diberi kesehatan dan selalu amanah ya pak.. sukses selalu untuk Jokowi-Ahok. 🙂 salam murah – Republikmurah.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here