Jokowi Datang, Posko Korban Banjir Siap

2
63

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan posko korban banjir di Kantor Suku Dinas Kesehatan di Jalan Matraman Raya 218, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (6/11/2012) pagi. Saat didatangi gubernur, posko tersebut telah dalam kondisi siap untuk dioperasionalkan.

Berdasarkan pantauan, Jokowi tiba ke posko banjir sekitar pukul 09.45 WIB bersama rombongan. Menggunakan kemeja warna putih dengan celana hitam dan topi, Jokowi masuk ke dalam posko dan melihat beberapa fasilitas yang ada, antara lain pos kesehatan, dapur umum, dan alat penjernih air.

Dien Emmawati, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, mengatakan, posko korban banjir tersebut dapat menampung sebanyak 300 pengungsi. Dia mengklaim, posko yang terdiri dari banyak fasilitas itu siap digunakan menampung korban banjir Ibu Kota.

“Insya Allah kami sudah siap semua. Di sini ada tempat pengungsian, pos kesehatan ada, ada 11 unit alat penjernihan air berkapasitas 2.000 liter, lumayan lengkap,” ujarnya  di sela-sela kunjungan Jokowi.

Menurut Dien, pada posko korban banjir itu, pihaknya lebih mengutamakan kebutuhan air dan pangan. Oleh sebab itu, pihaknya benar-benar mengoptimalkan unit instalasi penjernihan air yang berfungsi di posko tersebut agar korban banjir mendapatkan kebutuhan intinya.

Untuk korban banjir yang mengalami sakit, Dien menerangkan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan beberapa rumah sakit yang dapat menjadi rujukan. “Kami, kan, ada ambulans. Tidak bisa diselesaikan di lokasi, kami rujuk ke rumah sakit. Semua sudah dipersiapkan untuk menangani banjir,” kata Dien.

Jokowi melakukan peninjauan di posko korban banjir tersebut hanya sekitar 20 menit. Setelah melakukan komunikasi dengan penanggung jawab posko dan melihat kesiapan fasilitas, mantan Wali Kota Solo tersebut kembali melanjutkan blusukannya ke daerah-daerah di Jakarta.[Kompas]

Berita Terkait:

2 COMMENTS

  1. Titip lansia, penyandang cacat, anak2 dan ibu hamil. Pada saat bencana, kadang mereka terlupakan karena memang mereka mempunyai kebutuhan khusus. Khusus utk dapur umum, mohon disiapkan makanan yang lebih sehat. Jgn mie instant, tapi sayuran, tahu, tempe dll yang sll harus mahal, tapi sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here