Jokowi: Saya Catat Lho, Hati-hati Ya

3
67

Ahok.Org – Gaya Gubernur DKI Jokowi yang selalu ‘mengetes’ anak buahnya kembali terlihat saat apel siaga bencana di lapangan Monas. Jokowi meminta anak buahnya benar-benar melaksanakan apa yang diucapkan saat ditanya olehnya.

Hal ini terlihat saat Jokowi bertanya kepada petugas PDAM Jaya apa yang akan dilakukan jika terjadi banjir di Kampung Melayu. Petugas itu menjawab pihaknya akan segera mengirimkan air bersih ke lokasi banjir dan akan sampai di lokasi dalam waktu 30 menit.

“Bener ya, setengah jam. Saya catet ini loh, hati-hati ya. Saya cek betul setengah jam harus sampai di lokasi,” ujar Jokowi, Selasa (6/11/2012).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta empat personel tim reaksi cepat Satpol PP untuk melakukan evakuasi korban banjir. Mantan walikota Solo ini meminta tim reaksi cepat Satpol PP juga berlari cepat saat seperti simulasi jika terjadi banjir.

“Ada banjir di Bukit Duri, ada korban pingsan di pinggir kali. Apa yang akan kalian lakukan,” tanya Jokowi kepada empat petugas Satpol PP tersebut.

Keempat petugas satpol PP itu pun langsung melakukan pertolongan pertama kepada salah satu petugas kebersihan Monas yang berpura-pura menjadi korban banjir. Setelah itu, korban diangkat oleh keempat petugas itu ke trotoar.

Tak sampai disitu, Jokowi juga mengetes seorang petugas PLN apa yang akan dilakukan jika terjadi banjir di Kampung Melayu. Petugas PLN itu menjawab akan langsung melihat ke lapangan dan jika diperlukan akan langsung mematikan aliran listrik.

“Genset juga segera dikirimkan untuk kepentingan evakuasi korban. Gardu bergerak juga segera dikirimkan untuk pasokan listrik di kawasan banjir,” jawab petugas PLN tersebut.[Tribunnews]

3 COMMENTS

  1. Luar biasa pak Jokowi sama pak Ahok ini.
    Turun ke bawah benar-benar, nggak ada capeknya. Sangat menginspirasi. Contoh baik bagi generasi muda, harapan bagi Indonesia.
    Selalu jaga kesehatan ya bapak berdua.

  2. Sebagai akses darurat untuk mendistribusikan bantuan, mungkin bisa memanfaatkan jaringan kereta milik PT.KAI.
    karena diwilayah tertentu, jaringan tsb tidak kena banjir, dan karenanya juga, jadi titik pengungsian warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here