Wawancara Detik Dengan Jokowi

1
60

Ahok.Org – Jokowi, mungkin menjadi gubernur paling populer se-Indonesia. Setiap geraknya selalu disorot media. Ya, Jokowi memang menjadi fenomena. Gayanya yang sederhana dan apa adanya, menjadi salah satu kelebihannya. Bayangkan, di Singapura saja ratusan orang berebut berfoto dengannya.

“Saya sih biasa saja, tapi tanya ke masyarakat kenapa sih kamu mengelukan Jokowi yang kurus jelek itu. Tanyain kenapa?” kata Jokowi dalam wawancara di mobil Innova miliknya, usai mengunjungi Waduk Riario, Jaktim, Rabu (21/11/2012).

Berikut wawancara santai sejumlah wartawan dengan Jokowi sambil diiringi lagu-lagu Bon Jovi yang mengalun dari tape mobil:

Tadi kan Bapak blusukan ke waduk, dielu-elukan selalu kayak gitu. Perasaan Bapak ketika dielu-elukan di setiap blusukan?

Saya sih biasa saja, tapi tanya ke masyarakat kenapa sih kamu mengelukan Jokowi yang kurus jelek itu. Tanyain kenapa? Kalau kita ganteng ya nggak apa. Ya saya tiap hari jalannya ke tempat seperti itu, blusukan terus, apa adanya

Bapak kan blusukan terus, kapan istirahatnya?

Saya tidur terus kok

Liburan kemarin, long weekend ke Singapura ya Pak?

Tahu saja. Delapan bulan nggak ketemu sama anak, ya kangen. Kan lama nggak ketemu. Kemarin saya Jumatan di Orchad jam setengah 1, setengah 2 rampung. Masih ada ratusan orang yang minta foto-foto saya

WNI yang minta foto ya Pak?

Iya, WNI.

Kemarin saya bilang libur nggak percaya, saya bilang tidur nggak percaya. Masih pada nungguin di depan rumah

Pak, kalau waktu luang ngapain saja?

Waktu luang ya..makan, ya makan. Kalau keluar ya saya (wawancara terpotong, karena Jokowi meminta asisten pribadinya David mengeraskan tape. Saat itu lagu I’ll be there for you Bon Jovi mengalur-red)

Ini ya sepanjang jalan kayak gini. Kamu kan nggak ngerti, Metalica, Scorpion, Anthrax. Ini masih agak lumayan kalau yang di Land Cruiser itu lebih cadas lagi.

Bapak punya peliharaan hewan?

Kucing saya banyak 40 kucing. Ini mau dibawa ke sini (Kepala Jokowi sedikit bergoyang, lagu Bon Jovi Always mengalun-red)

Kalau olahraga hobinya apa Pak?

Olahraga, sering. Futsal, saya sering futsal

Boleh kapan-kapan adu futsal Pak?

Boleh, ayo kapan? Jangan jauh-jauh dari rumah. Nanti kamu kalah, kalau kita keluar kita ini suka futsal

Pak dulu waktu kuliah suka ikut tawuran?

(Jokowi tertawa-red) Masa wajah saya ini begini, kan wajah saya ini bukan wajah yang suka berantem.

Pak, lebih tertantang mengatasi banjir atau kemacetan?

Jadi ini kan proses waktu aja, ada tahapannya. Jadi semua ini tantangan lah, kalau saya ini optimis tidak pernah pesimis. Ini akan diselesaikan

Yang paling berkesan dalam hidup?

Yang berkesan, semuanya berkesan. Semuanya kita ingat. Ke mana-ke mana kita ingat

Kenapa, kayak tadi di waduk masuk gang, masuk rumah, jemuran, kok mau kayak gitu? Kan jarang pejabat seperti itu?

Ya supaya tahu akar rumput aja. Tahu keadaan yang sebenarnya. Kalau ada keluhan mereka, ya jadi kita bisa dengar langsung. Kalau ada persoalan, langsung kita denger dengan cepat. Kalau ada kebijakan dan lapangan bisa nyambung

Rasanya setelah 36 hari jadi Gubernur DKI?

Rasanya biasa saja

Bapak bisa main gitar?

Bisa dikit-dikit. Saya dulu belajar di YMI.[Detik]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here