4 Gaya Jokowi-Basuki Perangi Korupsi

37
352

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wagub Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bertekat melawan korupsi untuk menciptakan pemerintahannya yang bersih. Karena itu dia memulainya dengan ‘bersih-bersih’ di internal kantornya.

Jokowi bahkan sampai menggandeng KPK untuk menciptakan pemerintahan di Pemda DKI yang bersih. KPK bagai gayung menyambut baik tindakan Jokowi-Ahok ini. Para pimpinan KPK pun berharap pemda lainnya di Indonesia mengikuti jejak Jokowi-Ahok.

Berikut 4 aksi Jokowi-Ahok untuk perang melawan korupsi dimulai dari lingkungan Pemda DKI, Rabu (28/11/2012):

1. Berantas Pungli KTP, KK & Akta Kelahiran

Cara Jokowi memberantas korupsi di lingkungannya dengan membangun sistem. Cara sederhananya yakni dengan memberangus pungutan liar pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, akta kelahiran dan perizinan-perizinan.

“Contohnya ya yang kecil-kecil kayak ngurus KTP terus ada pungutan. Kalau bisa dipercepat ya kenapa tidak. Ngurus izin berbulan-bulan ya kalau bisa dipercepat ya akan mengurangi,” kata Jokowi, Selasa 27 November.

2. Pajak Restoran, Reklame & Parkir Secara Online

Jokowi akan menerapkan sistem online untuk meningkatkan pendapatan Pemprov DKI. Namun cara pembayarannya dengan sistem online.

“Semuanya akan kita online seperti hotel, pajak restoran, reklame, parkir, dan kami yakin dengan adanya ini akan naik berkali lipat nanti,” ujar Jokowi.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mendukung aksi Jokowi-Ahok ini. Menurutnya, dengan menerapkan sistem online, maka terjadi penghematan 10 persen dari anggaran yang ada.

“Pola online ini yang kami dukung di semua pemda. Transparansi penganggaran, transparansi pengadaan barang dan jasa, agar hemat 10 persen dari anggaran yang ada,” tutur Pandu, Selasa (27/11/2012).

3. Ahok Tertibkan Birokrasi DKI

Langkah awal Ahok dalam perang melawan korupsi yakni dengan menertibkan birokrasi di Pemprov DKI. Dalam aksinya sehari setelah dilantik menjadi wagub, Ahok melakukan sidak di lingkungan Pemda DKI.

Ahok juga meminta pegawai Pemprov DKI untuk datang sesuai ketetapan yakni pukul 07.30 WIB. Ahok pun mencontohkan pada pegawainya dengan datang sekitar pukul 07.00 WIB dan 07.15 WIB.

“Kita bisa katakan akar dari semua kejahatan, orang yang cinta uang. Akar dari permasalahan kita adalah korupsi. Kalau berbicara korupsi, kalau kepalanya lurus bawahannya tidak berani tidak lurus,” kata Ahok, Rabu (28/11/2012) saat berpidato dalam acara seminar bertajuk “Pencegahan korupsi melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan pengelolaan APBD di Provinsi DKI Jakarta”.

4. Ahok Potong Anggaran Dinas PU

Aksi Ahok dalam perang melawan korupsi lainnya yakni memotong anggaran beberapa dinas di Pemda DKI. Salah satunya yakni Dinas PU yang dipotong anggaran tahun 2013 sebesar 25 persen.

Hal itu terlihat dari video yang diupload oleh Pemprov DKI Jakarta dengan judul “08 Nov 2012 Wagub Bpk. Basuki T. Purnama Menerima Paparan Dinas Pekerjaan Umum”. Video itu berdurasi 46 menit.

“Pak, sebelum dimulai apakah pagu anggaran sudah dipotong 25 persen untuk biaya-biaya pembangunan ini. Karena harganya terlalu tinggi. Dan diduga dipotong 40 persen pun bisa, dan kita potong 25. Saya kira fair, kami gubernur dan wagub meminta 25 persen untuk kami dikembalikan dalam bentuk APBD, dipotong,” kata Ahok saat membahas APBD 2013.

Tak hanya itu, Ahok mengatakan pihaknya akan mencopot seluruh pejabat Dinas PU hingga eselon 3 jika anggaran pembangunan tidak bisa disesuaikan. “Bukan ngancam. Atau yang kedua, pembangunan kita tunda tapi akan kita copot sampai eselon 3. Kita perang terbuka. PU tidak punya pilihan, yang jelas PU harus potong harganya,” tuturnya.

Ahok juga menyoroti anggaran pembuatan pospol Pluit sebesar Rp 1 miliar dan pembuatan kantor pemadam kebakaran Rp 34 miliar yang dinilainya terlalu mahal.[*]

Sumber: Detik.com

 

37 COMMENTS

  1. “MENGAPA HARUS TAKUT JIKA HIDUP HANYA SEKALI…” (sekalian dibikin kapital semua font-nya) — MANTAAAAAAAAAAP…!!! (Iiiiiiih… ini gue banget, deeeeeh…) Sekalian mempertegas lagi perkara soal CINTA itu, Pak Wagub… : saran-saran dan keinginan Pak Wagub agar para birokrat segera bertobat dan segera memusnahkan perilaku korupnya adalah WUJUD CINTA PAK WAGUB KEPADA BAWAHAN sekaligus WUJUD CINTA KEPADA SEMUA WARGA KOTA JAKARTA agar tidak terus terjerumus dan tenggelam dalam comberan korupsi yang menjijikkan, memalukan, dan menghambat program pembangunan nasional dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia.

  2. Pak Wakil Gubernur. 2 minggu yang lalu saya nyerir ke airport soekarno hatta, saya perlu ke terminal 2 dan saya tidak sengaja menginjak garis putih yang tidak putus2. Lalu seorang polisi yang memang sepertinya selalu menunggu disitu menyuruh saya menepi. Saya pun menepi dan di katakan kalau saya menginjak marka jalan. Saya mengakui memang saya salah dan pak polisi tersebut meminta sim dan stnk mobil saya. Dan dia menjelaskan bahwa sangsi saya harus membayar sebesar Rp. 500,000 ( dan pak polisi tersebut memperlihatkan saya buku yang memang menuliskan uang denda tersebut , lengkap dengan pasal pasalnya. Namun saya bertanya kepada pak polisi tersebut, selain membayar ke pengadilan sebesar 500 ribu tersebut , apa ada cara lain? Karena memang saya jujur ingin tau prosuder nya ( berhubung saya malu dengan polisi polisi yang selalu mengharapkan uang damai), dia bilang saya bisa membayarkan uang 500 ribu tersebut kepada nya dan dia akan menyetorkan nya ke pengadilan. Saya pun menolak karena tidak masuk akal.

  3. Saya pun menyuruh pak polisi tersebut untuk menilang saya karena saya memang salah. Minggu depannya saya ke pengadilan di cikokol tanggerAng dan dikenakan sangsi sebesar Rp 120,000. Saya merasa senang membayar uang tersebut ke pengadilan karena memang saya bersalah dan mengatakan kepda diri saya untul lebih hati hati di masa depAn. Pertanyaan saya, bagaimana mungkin polisi tersebut dengan penuh wibawa mengatakan bahwa sangsi yang harus saya bayar adalah sebesar Rp 500 ribu dengan buku yang kelihatannya cukup meyakinkan. Saya ingin jakarta menjadi kota yang maju dan bisa bersaing dengan negara lain. Maka itu saya menuliskan pengalaman saya supaya pak wakil gubernur juga menyadari akan hal itu( walaupun saya tahu bpk pasti sangat tahu akan kejadian kejadian istilah ” uang damai” . Dan pertanyaan saya yg kedua, apa fungsi sebenarnya dari polisi lalu lintas tersebut? Apa menunggu di sudut2 jalan untuk mencari mobil yang menginjak marka jalan atau di pojok jalanan menunggu motor dengan pengendara nya yang tanpa helm? Mengapa bukan mengatur kemecetan atau lebih memperhatikan speed limit di jalan tol yang terkadang sangat membahayakan sekali.

    • pak, kalo itu bapak harus amati nama dan pangkatnya, lalu foto mukanya sehingga jika ada apa apa atau bapak tidak setuju dengan tindakannya, tidak seluruh instansi disalahkan, hanya oknum tertentu yang dikenai sangsi

    • Jadi ngerasa di Indonesia baca comment diatas.( be sure half of Indonesia population been through what you been through ) yang ngak abis pikir Bapak Polisi ka harusnya bantu kita ya..kok jadi kebalik kita yang bantu mereka. saya tinggal di nz , disini ketemu Polisi kita santai lho karena kita tau kita ngak bikin salah kalo pun sampe ketahuan kita salah. mereka datangi kita pake gaya pak Jokowi- ahok , wibawa, tegas dan bersahaja..ditanya kamu tau ngak salah apa, melanggar apa, bukan gaya perlente gitu ya ( bangga banget maperin perut gedenya).
      well…but optimis ya..semoga kita lebih maju ke depan ..at last, kita sudah punya dua dayung yang kuat. majulah Indonesiaku tersinta..

  4. Y bener P. pungli pembuatan KTP msih marak apalgi Permainan di RUMAH SAKIT KOJA jga mkin menjadi dengan ribuan alasan demi kemudahan ktanya. P. AHOK, Tlong segera bertindak.

  5. Budaya korupsi, mark up proyek pemerintah, kongkalikong, mafia kasus, uang damai, suap, dll sudah mendarah daging di bangsa ini. Di Masyarakat sudah menjadi kebiasaan, karena tidak ada malu bagi pelaku yg nyuap dan yg disuap, dan kalaupun terbukti di pengadillan dan dihukum, hukumannya tidak lebih berat dari maling ayam/sandal. Tanya kenapa? sudah saatnya bagi rakyat yg mengharapkan Indonesia Baru , pilihlah calon pemimpin dalam pilkada dan pemilu 2014 seorang pemimpin yang mempunyai track record bersih, jujur dan tranparan, jgn yg cuman ngomongnya jago tapi kerja ga becus dan memble dengan tekanan parpol.
    Apakah perlu ormas baru : Extremis anti KKN

    2014 Menuju Indonesia Baru

  6. Support JOKOWI-AHOK perangi korupsi!!
    Saya tidak suka dengan pejabat yang korupsi, di tempat saya, utk membangun rumah, membutuhkan IMB dan IMB diminta ke wali kota, wali kota minta “amplop” untuk memperlancar IMB tersebut, kalau tidak dikasih “amplop” maka ijin tidak keluar atau di persusah dengan dilempar2 ke divisi2 yang tidak jelas.
    Dan untuk mengisi amplop tersebut, disesuaikan dengan rumah yang akan dibangun, kalau rumah yang akan dibangun 500jt, maka wali kota tsb minta “amplop” sebesar 30jt, apa2an itu!

  7. kenapa dikalimantan timur… birokrasinya tidak transparan???
    1. mengenai masalah pengadaan ( Tander E-prov Dll).. selalu ada yang dirugikan…
    2. sering terjadinya sabotasea antara pemerintah..
    3. sering kali menyalahi aturan..yang ada di walikota BONTANG.

  8. setuju bgt P Ahok, berantas korupsi smpe ke akar2 nya,masalah pengurusan IMB di walikota,Sertifikat rumah tanh di BPN,masih sgt ribet, ujung2nya duit.Hayuk P Wagub,kami rakyat mendukung,jaga kesehatan/makan yg teratur utk P Gub dan P Wagub

  9. Pemotongan anggaran sebesar 25% sudah tepat, biasanya sub kontraktor pun sanggup mengerjakan dengan dan 50% dari pagu, hal ini semestinya dapat di lakukan di setiap kementrian RI, sudah menjadi rahasia umum cara paling aman mark up anggaran untuk mengakomodasi berbagai TITIPAN, akibat TERLALU CINTA UANG …semoga suatu saat anda bisa menjadi merubah wajah negeri ini.Amien.

  10. Berbicara “Perangi Korupsi”, selain cctv nanti akan di diterapkan di kantor dinas2 permerintahan di jakarta, seperti kantor walikota,kecamatan & kelurahan dengan fungsi memonitor kehadiran PNS yang lalai bekerja,telat atau tidak masuk. Usulan saya sebagai warga kelurahan Grogol Utara JakSel untuk perangi korupsi dan bersifat transparan yakni:

    1. Berikan ruangan meeting khusus yang di pasangkan CCTV yang bisa merekam suara, ditempat tersebut di fungsikan untuk perencanaan/pembicaraan pengeluaran APBD daerah masing2 agar kami tahu daerah/kelurahan kami bersih dari korupsi atau tidak, dan kami juga tahu anggaran APBD setempat apakah benar dikeluarkan dengan hasil meeting tersebut, ruangan tersebut adalah wajib digunakan dengan hal-hal mengenai pengeluaran anggaran.

    2.Arahkan kepada Dinas Multimedia PemprovDKI yang independen kalo perlu petugas multimedia KPK untuk mengambil hasil rekaman tersebut secara berkala dan di upload di youtube, setelah itu buatkan id seperti contoh: KecamatanKbyLama, KelurahanGrogolUtara, KecamatanCilandak, KelurahanCipeteUtara dll, agar mengetahui id tersebut daerahnya masing2.

    3.Alternatif ke-3, jika perlu setiap adanya metting/hal-hal bersifat pengeluaran anggaran yang besar hadirkan/undang wartawan/media yang akan menyorot hasil rekaman pembicaraan tersebut dan ini akan menjadi tambahan/keuntungan bagi wartawan untuk mengambil berita, itu sudah bagus id PemprovDKI sudah mempublikasikan berita2 hal2 yg mengandung anggaran pemerintah pusat, tapi yang kecil2 juga perlu loh pak ahok seperti contoh dapat berapakah anggaran dikelurahan kami apakah benar mendapatkan anggaran perkelurahan segitu yg nanti diperlihatkan diposter dan apakah memang benar dari walikota lalu di kecamatan lalu di berikan anggaran perkelurahan daerah masing2 dengan nominal tersebut.

    Terimakasih pak ahok semoga usulan kami dapat direalisasikan di tahun 2013 nanti.

  11. 4.Sebagai tambahan saya lupa ruangan tersebut bukan hanya membicarakan pengeluaran anggaran tapi juga pemasukan/pendapatan operational kantor dinas walikota,kecamatan,kelurahan setempat agar kami tahu pemasukkan anggaran dari masyarakat. Seperti contoh buat ktp, kk dll. Saya sebagai contoh dikala saya ingin membuat surat tanah, masa cuma cari dokumen2 tanah, saya di kenakan 1jt untuk kelurahan dan 1jt untuk kecamatan gila aja tuh pak dan sampai saat ini blum ada kabarnya.

    5. Tempatkan CCTV yang bisa rekam suara diruangan pelayanan masyarakat seperti tempat pelayanan KTP,KK,Surat Tanah dll. Itu wajib ditempatkan disitu.

    6. Pemegang/Admin CCTV, hardware tersebut harus dikunci jangan sampai dinas setempat membongkarnya.

  12. Sekalian di benahin jg utk BUMN yg terlalu bnyk korupsinya pa Ahok, terutama utk PLN yg pelayanannya tdk sebanding dgn tarifnya… 🙂

  13. usul satu lagi bos…. saya kira penduduk jakarta kalo bisa gak sakit ya gak usah sakit, oleh karena itu perlu upaya untuk bikin orang jakarta gak sakit. Pencegahan penyakit perlu dilakukan via kesehatan lingkungan.
    Jamkesmas n semacamnya bukannya gak baik, tapi kenapa musti sakit. Cegah dong warga jakarta jangan sampai sakit.

    • sabar, pemilu masih 2014, apapun bisa terjadi, kita lihat kinerja pak Jokowi dan pak Basuki selama 2013 ini.
      jika memang jakarta bisa dibuat lebih baik, kenapa harus menunggu 2019.
      we’ll see in God speed

      • Tapi ada sekelompok orang yg tidak setuju keadilan dan kebenaran ditegakkan walaupun dia warga negara Indonesia. Apalagi orangnya Cina. Inilah pendidikan yg tidak fair yg masih terjadi. Orang seperti itu hanya sirik dan merasa dirinya yg paling benar, dia adalah kelompok Rhoma Irama. Bila perlu panggil Lee Kwan Yu jadi pemimpin kita, kalau memang hasilnya baik.

  14. Salam, Saya setuju dengan bpk Gubernur dan WaGub utk m berantas korupsi di jkt, sungguh pekerjaan yang mulia dan di sukai oleh Allah SWT (semoga berhasil), sekedar info Utk sekolah yg korup bukan guru tetapi kepsek coba teliti apa sdh benar dana BOP & BOS sdh sesuai dgn peruntukannya, kepada pa Ahok dalam menghimbau kepada guru ada kalimat yang kurag pas yaitu : 1)gaji PNS DKI sdh besar, padahal gaji PNS sama di seluruh Indonesia bukannya sama. 2) Kalimat yg seolah-olah menantang ( satu lawan satu}. Kalau kalimat ini salah maafkan saya pa Ahok tapi kalau ini benar saya ingin mcoba tantangannya satu lawan satu, saya guru d jaktim yg tidak lama lagi pensiun terima kasih.

  15. P Basuki..
    Di Tanjung Duren Utara Grogol Jakarta Barat, banyak bangunan kos-kosan yg didirikan sampai 4 lantai padaha IMBnya hanya 2 lantai….. tolong tertibkan…
    Sikat koruptor di jajaran bapak….kami dukung abis…

  16. Hati hati juga pak jokowi dan ahok karena anggaran pemprov dki sangat besar, sekarang kan banyak pejabat kena kasus suap dari pihak ke tiga, jadi jangan mau terima apapun dari pihak ke tiga. Salam buat jakarta bangkit.

  17. salam sejahtera pak bas. Saya ingin melaporkan adanya pungli PEMBUATAN AKTE di CAPIL JAKARTA TIMUR yg besarnya antara 30.000 s/d 50.000. Disertai bukti2 rekaman video. Perlu diketahui pengurusan akte tiap harinya kurang lebih ada 250. Kami belum tahu kemana harus melapor. MOHON PERHATIANNYA PAK BAS. Terima kasih

  18. sipppp saya setuju banget dan mendukung terus… atas nama rakyat indonesia yang jujur dan bersih.. dari korupsi… hehe emang gk ada yg bisa di korupsi…rakyat kecil juga namanya… cuma korupsi nafas duank…

  19. Anak saya terlambat membuat KTP, harusnya dikenai denda Rp25000 tetapi oleh petugas kelurahan Cililitan Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur dimintai Rp35000, dan tanpa tanda terima. Kata petugasnya kalau terlambat harusnya buat KTPnya di Dinas, tapi uangnya titip aja sama mereka. Ternyata teman anak saya juga mengalami hal yang sama. Dan itupun kata petugasnya buat KTP biasa dulu, baru buat lagi KTP elektronik. Tolong diproses Pak, oknum-oknum spt itu.

  20. Pak ahok yang saya hormati, ide untuk integrasi semua hal administrasi dan birokrasi secara online sangatlah bagus. Namun yang saya khawatirkan dan pikirkan bagaimana menjaga sistem online itu tetap aman dan bersih dari rekayasa. Salah satunya masalah hacker, alangkah baiknya bapak menyiapkan orang-orang yang expert terhadap hal Teknologi Informasi, sehingga sistem yang dibangun nanti benar-benar berkualitas.

    Terima Kasih.

  21. berdukalah masyarakat babel yg melepas ahok untuk berkarya di tempat yg bukan tanah kelahirannya… bakti nyata nyata mu tetap kami tunggu untuk tanah kelahiran mu bung ahok… permintaan mudur dari segelintir orang bukanlah kehendak seluruh masyarakat babel.. bung, telah membuktikan bahwa bung lah yg terbaik yg terlahir dari negeri sang pemimpi ini, .. bukan mereka..you are the real leader..

  22. Salam sejahtera pak Ahok. Saya adalah anak tunggal dari seorang janda di daerah jembatan lima. Selama 7 thn saya sudah menetap di Jakarta dengan menggunakan ktp daerah, sampai pada tahun ini akhirnya saya dan ibu saya memutuskan untuk mengganti ktp daerah menjadi ktp Jakarta (kelurahan duri utara, kecamatan tambora).
    Saya telah menerima surat keterangan pindah dari RT terdahulu dan langsung di berikan ke RT sekarang. Ketika diawal ibu saya bertanya berapa biaya pindah, pak RT menjawab 700rb sudah termasuk biaya pindah kk dan ktp untuk 2 orang. Namun setelah surat pindah diajukan, saya dan ibu saya dikenakan biaya 600rb per orang (karena saya berdua dengan ibu saya maka saya dikenakan 1.2 jt). Saat ini menurut info dari pak RT, dokumen sudah dimasukan ke sudin dan saya mengalami kesulitan untuk membayar sisanya. Mohon bantuannya pak Ahok, karena kami hanya keluarga kecil biasa. Biaya pindah sebesar 1.2jt benar-benar berat untuk kami. Kami tidak tahu harus mengemukakan kepada siapa lagi permasalahan ini agar ditanggapi secara serius, karena sampai saat ini saya dan ibu saya tidak memiliki ktp. Mohon dibantu pak Ahok.

    • berdasarkan pengalaman saya yang melaporkan kinerja briokrasi DKI ke nomor pak ahok, beliau merujuk ke staf ahlinya yaitu Bpk. Kamil (Ph: 087887511799) dan saya mendapat respon dan penyelesaian yg baik dari beliau…salut banget buat kinerja Gubernur dan Wagub DKI sekarang.

      selamat mencoba, semoga bermanfaat

  23. saya bukan warga jakarta, tapi rindu sekali dengan gaya kepemimpinan bapak, alhamdulillah saya masih punya Sri Sultan, yang “ngayomi” melindungi dan memikirkan rakyat kecil, seandainya 3 saja Sri Sultan dibantu kerjanya dengan orang seperti bapak, nggak kebayang deh betapa lebih nikmatnya tinggal di jogja. Saya salut dan saya bangga sama “njenengan”. inilah yang diinginkan Alm. Bpk Sukarno, pemuda yang berani dan tegas dalam bersikap. semoga dilimpahi rejeki, panjang umur dan kesehatan untuk bisa membawa tidak hanya jakarta tapi Indonesia meski tidak harus dengan jadi presiden/wakil, sikap bapak memimpin Jakarta dengan pak jokowi semoga menjadi aspirasi anak bangsa.

  24. saya sudah mencoba melaporkan pengaduan birokrasi DKI ke no.pak ahok..saya tidak menyangka ternyata di respon dan diberikan solusi serta penyelesaian yg baik oleh tim pak ahok…salut bgt ternyata sms pengaduan ini bukan hanya pencitraan semata, tetapi benar-benar efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here