Basuki: Masalah Hari Ini Kita Pikirkan Hari Ini

6
101

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin memastikan bahwa ketersediaan bantuan logistik akan mencukupi saat sejumlah wilayah di Jakarta dilanda banjir. Hal ini perlu dilakukan untuk menghadapi datangnya banjir yang diperkirakan lebih tinggi dari tahun lalu.

“Masalah hari ini kita pikirkan hari ini. Air yang datang kan enggak bisa dicegah, yang penting kita siapkan dulu bantuan kalau banjir terjadi hari ini,” kata Basuki, Selasa (15/1/2013), di Balaikota Jakarta.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Arfan Arkilie mengatakan, hujan yang mengguyur wilayah Bogor dan Jakarta sejak Selasa (15/1/2013) dini hari berpotensi meningkatkan debit air Sungai Ciliwung. Debit air tersebut berasal dari Bendung Katulampa dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan musim hujan pada 2012. Berdasarkan catatannya, pada pukul 06.25 WIB, ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 250 sentimeter atau masuk dalam Siaga I. Namun, sampai saat ini, ketinggian air di bendung tersebut telah turun menjadi 150 sentimeter.

Ia menjelaskan, aliran air dari Bendung Katulampa akan sampai ke Jakarta melalui Sungai Ciliwung sekitar 6-9 jam. Untuk itu, dia memprediksi pada sore nanti ada sejumlah lokasi di sepanjang Sungai Ciliwung yang ketinggian airnya mencapai lebih dari 3 meter.

Beberapa kelurahan yang akan dilewati air dari Bendung Katulampa adalah sebelah timur Sungai Ciliwung, yakni Cawang, Cililitan, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. Daerah lain adalah kelurahan di sebelah barat Ciliwung, yakni Rawajati, Kalibata, Pangadegan, Kebon Baru, dan Bukit Duri. “Tapi, enggak semuanya lebih dari 3 meter, hanya titik tertentu, misalnya Kampung Pulo,” ujar Arfan.[Kompas]

6 COMMENTS

  1. Alam bertambah ekstrim, akibat global warming.. badai, angin kencang, curah hujan tinggi… ulah umat manusia juga yang tidak akrab dengan alam….
    Billboard yang di design tekanan angin sesuai std 40 kg/m2.. udah pada tumbang…
    go green, save the world, kita hidup di dunia yang satu, matahari yang kita lihat sama persis seperti matahari yang dilihat nabi Musa.. sayangi bumi kita yang satu ini…
    Salam Jakarta Baru

  2. yang tinggal di bantaran kali Ciliwung dan kali lainnya, masih belum mau ditata juga???

    mumpung kesempatan itu ada, Gubernur dan Wagub nya perhatian untuk mewujudkan pemukiman yang lebih baik….kapan lagi kesempatan itu datang lagi!!!

  3. idee gila……. mudah2xan bener.
    buat bendungan yang menampung air kiriman dari luar jakarta di luar jakarta. sehingga kali di jakarta tidak mendapat air kiriman lagi dari luar jakarta. dan pada musim kemarau air tersebut dapat di gunakan untuk pengairan/cadangan air.
    segi positiefnya : tanah murah dan tidak menggangu pemandangan dan jika di kelolah baik akan menjadi pusat rekreasi air yg dapat menambah penghasilan DKI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here