Ini Program Prioritas Jokowi-Basuki Dalam APBD 2013

7
90

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memprioritaskan penyelesaian kemacetan Ibu Kota dalam program kerja 2013. Hal itu tercermin dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013.

Pemprov  DKI Jakarta memprioritaskan anggaran untuk pembelian bus Transjakarta dan metromini sebanyak 1.000 unit.

“Pokoknya kita mau konsentrasi ke Busway, Metromini, dan lain-lain. Karena ini yang menyangkut masyarakat, publik, dan rakyat,” kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Setelah mengurus kemacetan, prioritas berikutnya adalah menyelesaikan persoalan banjir. Jokowi menargetkan pengurangan 8-12 titik banjir tiap tahun. “Program untuk banjir banyak sekali. Ada untuk pembebasan tanah, fisik, pengerukan, ada yang untuk membeli alat. Pokoknya semuanya,” kata dia.

Dengan dana yang dianggarkan dalam APBD 2013, Pemprov DKI Jakarta akan mengeruk kali-kali besar di Jakarta. Sampah-sampah yang mengotori kali akan dibersihkan dengan teknologi penyedotan yang telah diterapkan di sejumlah negara maju.  “Mengeruk kalinya pakai ekskavator. Bukan ekskavator darat, saya sudah minta ekskavatornya amphibi. Bisa darat bisa air. Harus pas alat itu,” kata Jokowi.

Seperti diketahui, APBD DKI Jakarta senilai Rp 49,9 triliun untuk tahun anggaran 2013 disahkan dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Senin (28/1/2013). Rapat dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan dan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta unsur lain dari Badan Usaha Milik Daerah, BUMD, Kepala Dinas, perwakilan ormas-parpol, serta 72 anggota DPRD. Waktu pengesahan anggaran berulang kali diundur karena harus melewati proses pembahasan antara eksekutif bersama legislatif yang panjang.[Kompas.com]

7 COMMENTS

  1. APBD kan baru disahkan yang tidak setuju katanya ada 20 orang anggota DPRD… tolong dong, umumkan mereka dari partai mana aja… transparan dong DPRD Jakarta!!!, supaya kita bisa lihat mana partai yang TIDAK PRO RAKYAT. Pemilu 2014, kita black list… By the way… PKS ke mana yah waktu Banjir… apa mereka ikut hanyut banjir ke laut… atau karena kalah jadi tidak perduli rakyat kecil, KALIAN CUMA OMDO… HEHEHE atau udah kehabisan uang untuk money politic pilgub kemarin… rasain lho… orang jakarte pinter2: uang diterima… tapi waktu pilgub, tidak milih kalian…hahaha…tidak seperti di JABAR, masyarakatnya dapat dibohongi…

    • Denger2 sih tuh partai mau bantu wkt banjir kmrn, tp mau nya bantu scr langsung & bikin posko sendiri..pdhl JB udah bilang, bantuan hrs terpusat agar memudahkan koordinasi & pemerataan pembagian, DAN tidak perlu bikin posko tersendiri…
      TAPIIII…tuh bos nya malah ngomel2, alasannya orang mau shodaqoh kok dipersulit dsb..dsb..& dsb

      Mau shodaqoh apa mau kampanye bos?

  2. Siiiip….kebuuut Pak jalankan programnya. Tolong “pengawasan” spesifikasi, standar-standar yang harus dipenuhi oleh rekanan yang ikut tender atau lelang benar2 sesuai dengan yang di tenderkan….jangan sampai dilapangan nanti terjadi penurunan spesifikasi atau lainnya, gara2 pemenang tender dipalakin sama orang dalam pemprov..Biasanya sih begitu…kalau elo ngak sisain gue persulit elu katanye…bayar termain yang molor…alasan ini itulah…biar pemenang jadi susah berurusan sama pemprov DKI….

  3. HARAP DICATAT DAN DIINGAT : … APBD DKI Jakarta senilai Rp 49,9 triliun untuk tahun anggaran 2013 disahkan dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Senin (28/1/2013). Rapat dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan dan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta unsur lain dari Badan Usaha Milik Daerah, BUMD, Kepala Dinas, perwakilan ormas-parpol, serta 72 anggota DPRD — ARTINYA : tidak melibatkan partisipasi masyarakat. Adapun perwakilan ormas yang sudah hadir itu BELUM TENTU MEWAKILI KEPENTINGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN MASYARAKAT KOTA JAKARTA — jangan-jangan itu cuma ormas-ormas yang selama ini dikenal sering bikin rusuh/kekacauan cuma lantaran rebutan kavling/jatah preman/pengaruh kekuasaan antar ormas lainnya…?

  4. MOTIVATORIUM SOSIAL-POLITIK DARI INISIATIF WARGA NEGARA INDONESIA UNTUK PENANGGULANGAN BAHAYA SALAH URUS NEGARA :

    Soal Lelang Jabatan Lurah dan Camat, dari sumber : http://www.facebook.com/Koran.Fesbuk

    ————————————–

    Bikin REVOLUSI KEBIJAKAN KOTA JAKARTA : Bubarkan Kecamatan !!! Dan setiap Kepala Pemerintahan Kelurahan, Lurahnya harus berasal (berdomisili) di Kelurahan yang bersangkutan dan dipilih oleh seluruh warga kelurahan yang bersangkutan pula (bukan ditunjuk/dipilih/ditentukan oleh Walikota atau Gubernur). Setiap calon lurah harus merumuskan visi-misi dan orientasi programnya secara tertulis dan dibagikan kepada seluruh rakyat di lingkungan kelurahannya — dengan demikian, setelah terpilih jadi Lurah dan jika dia menyimpang maka DIA BUKAN SAJA HARUS BERHADAPAN DENGAN HUKUM POSITIF TAPI JUGA HARUS BERHADAPAN DENGAN HUKUM SOSIAL-POLITIK DARI SELURUH WARGA MASYARAKAT YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN KELURAHAN YANG BERSANGKUTAN. SEDANGKAN DI TINGKAT RW (DI SELURUH RW DI JAKARTA) HARUS DIBENTUK DEWAN WARGA YANG BERFUNGSI SEBAGAI LEMBAGA PERBERDAYAAN SOSIAL-POLITIK-EKONOMI WARGA DI LINGKUNGAN RW BERSANGKUTAN dan DIBENTUK JUGA BADAN USAHA MILIK WARGA (BUMW).

    Begitulah salah satu cara untuk memberantas sistem yang bobrok dan brengsek, yang lebih banyak melahirkan kepemimpinan bermental bobrok dan brengsek !

    Sekali lagi : REVOLUSI KEBIJAKAN KOTA JAKARTA !!! TUNGGU APALAGI……?!!!

    ————————————–

    (Diding Ireng Chairudin, 31/01/2013)

  5. Pak Jokowi & Pak Basuki,

    Program Prioritas:
    1. Mengatasi kemacetan —>Program: Beli 1000 metromini/transjkt –>
    Target output 2013 apa? progressnya smp mana?
    2. Mengatasi banjir –> Program: Pengerukan kali dg waduk excavator.. waduk pluit?waduk ria-rio?.
    Target output 2013:mengurangi 8-12 titik banjir..Progress?
    3. Program Kartu Jakarta Sehat.
    Sub Program: ……
    Target Output 2013: ???Jml angka kesakitan menurun xxxx%??
    Progress: ??
    4. Program Kartu Jakarta Pintar
    Sub Program: …..
    Target output 2013: ???
    Progress:
    5. Program Kampung Deret
    Sub Program:
    Target output 2013???
    Progress???
    6. Program Pembenahan Pasar (ini mendukung program yg mana, krn infonya hanya 5 program)
    Sub program, target output2013, output targetnya apa?

    Pertanyaan sy berikutnya, dari 5-6 program yg dijalankan sbnrnya bobot terbesar pada porsi 2013 itu program yg mana?

    Krn kalau lihat urutannya dari 1 persepsi saya yg paling prioritas. Apakah Bpk yakin bisa mengatasi kemacetan dg membeli 1000 unit m/t??
    Apakah bpk sdh melakukan studi,sbnrnya penyebab %ase terbesar dari kemacetan Jakarta karena angkutan umum, pertumbuhan kendaraan pribadi, dan atau tdk ada penambahan ruas jalan? Mohon data %asenya

    Tolong dijawab Pak, krn saya merasakan tetangga/masyarakat di sekeliling saya makin susah mencari penghidupan..krn mata pencaharian mjd berkurang akibat program2 yg Bpk jalankan,sementara inflashi mkn melonjak.. Inflashi justru akan makin melonjak, begitu daya beli perkapiya dikurangi bkn begitu Pak?

    Sy sgt mendukung pemerintah yg terpilih, krn mnrt sy otoritas Tuhan melalui seluruh rakyat yg bs menentukan Bpk.duduk di pemerintahan..Namun, sy tidak tega membiarkan masyarakat di sekeliling saya kehilangan matahar pencaharian = harapannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here