BTP Targetkan Bulan Depan Rusunawa Jadi BLUD

3
69

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan semua rusunawa bulan depan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) supaya ada subsidi silang. Sehingga, DKI Jakarta benar-benar membangun rusunawa untuk orang dengan penghasilan menengah ke bawah.

Menurut Ahok -panggilan akrab Basuki Tjahaja Purnama-, kelebihan rusunawa menjadi BLUD adalah bisa menarik pegawai dari luar. Dia menilai pegawai negeri sipil yang tidak bisa melakukan kerja dengan baik, pekerjaannya akan ditawarkan ke asisten atau manajer hotel.

Jika masih dalam bentuk Unit Pengelola Teknis (UPT), hal tersebut tidak bisa dilakukan karena disandera oleh pegawai negeri sipil (PNS). Selain itu, dengan status BLUD, menurut Ahok, penghuni rusunawa dengan penghasilan rendah bisa diperkerjakan di rusunawa tersebut.

Ahok menyontohkan misalnya seorang pemungut sampah dengan penghasilan Rp 10 ribu per hari akan habis hanya untuk bayar sewa. Sedangkan, jika dipekerjakan maka gajinya bisa didebet secara otomatis untuk uang sewa. Sehingga, untuk petugas kebersihan dan keamanan tidak perlu menggunakan outsourcing.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Selamat Nurdin menyambut baik gagasan perubahan UPT menjadi BLUD bagus. Namun, dia berharap tidak setengah-setengah karena mengaca dari pengalaman Transjakarta yang juga berstatus BLUD.

Menurut Selamat, semangat BLUD adalah untuk memperpendek birokrasi. Namun, dia mengingatkan biasanya dinas tidak rela. Sebab, jika menjadi BLUD otomatis sedangkan saat UPT masih mempunyai kewenangan dan tunjangan juga berbeda.[Republika]

3 COMMENTS

  1. Tolong dipikirkan juga Pak Wagub mengenai Gedung Olahraga yang dibangun oleh Pemda DKI ( Gedung Judo ), untuk mengadakan event/ pertandingan ada keharusan membayar kepada UPT, padahal olahraga Judo termasuk olahraga yg sulit mendapatkan sponsor, kecuali oleh para pencinta Judo sendiri….
    Salam,

  2. Setuju jadi BLUD agar tdk mempekerjakan Outsourcing,betul Pak tenaga alih daya Outs itu hampir sama dengan kerja rodi oleh penjajah Belanda,sebaiknya dihapuskan aja pak,jangan ada penjajahan lagi oleh warganya sendiri.salam sukses.

  3. MOTIVATORIUM SOSIAL-POLITIK

    PEMBERITAHUAN buat semua pembaca Ahok.Org dan semua warga negara Indonesia yang tinggal di Jakarta : INISIATIF WARGA NEGARA INDONESIA UNTUK PENANGGULANGAN BAHAYA SALAH URUS NEGARA sudah melayangkan surat permohonan untuk audiensi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, surat masuk tgl 30/01/2013, dan sudah diterima oleh staf administrasi Wakil Gubernur DKI Jakarta (mbak Diah). Lampiran berkas surat permohonan audiensi itu berisi dokumen “Pemetaan Potensi dan Masalah Kota Jakarta 2013″ sebagai hasil investigasi di lapangan dan agar dapat dipelajari terlebih dahulu oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta sebelum acara audiensi dilaksanakan. Skrng kami masih menunggu konfirmasi dari staf administrasi (mbak Diah) tentang kapan jadwal acara audiensi itu dapat dilaksanakan. Bagi yang berminat untuk hadir dan berpartisipasi secara nyata dalam acara audiensi itu akan kami beritahukan tentang jadwalnya setelah kami mendapat kepastian dari staf administrasi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Atau dapat meminta konfirmasi tentang hal itu langsung ke Staf Administrasi Wakil Gubernur DKI Jakarta, mbak Diah, di nomor telpon : (021) 3822204 — Demikianlah pemberitahuan ini kami sampaikan. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here