BTP Ingin Sewa Tempat untuk Pedagang di Pasar Gratis

7
101

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) mengadakan pertemuan dengan Kepala PD Pasar Jaya Djangga Lubis di Balai Kota. Mereka membahas pembebasan sewa tempat untuk pedagang.

“Maunya Pak Gubernur pedagang itu harus target hampir tidak bayar untuk dapat tempat usaha, hanya dari distribusi harian,” kata Ahok usai pertemuan itu di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2013).

Ahok mengatakan, dengan menggratiskan para pedagang maka PKL yang awalnya berjualan di pinggir jalan akan masuk ke dalam pasar. “Atau yang lama diskon 50 persen. Nah PKL di pinggir jalan kalau bikin harus masuk ke dalam gratis. Kalau tidak kamu menambah PKL di mana-mana,” katanya.

Saat ditanya bagaimana caranya menggratiskan para pedagang, Ahok mengatakan harus pintar memanfaatkan aset yang saat ini dimiliki PD Pasar Jaya.

“Anda punya 153 aset, Anda pinter-pinter dong manfaatin aset ini, kerjasama dengan orang. Tapi hasilnya selain uang tapi juga membuat PKL kita beres. Itu perlu kita jabarkan. Termasuk rusun kita memanfaatkan semua lokasi yang ada untuk bangun rusun kan,” katanya.

Mengenai masalah perubahan status PD Pasar Jaya menjadi PT, Ahok tak mempermasalahkannya. “Ya kalau mau jadi PT silakan, tapi kita ingin kamu sudah jadi tapi PKL-nya gratis boleh nggak?” katanya.

Saat ditanya mengenai adanya oknum yang memungut sewa kepada para PKL, Ahok mengatakan pedagang jangan mau memberikan uang. “Kita bisa cari, harus tuntut dia. Saya sudah bilang sama mereka, jangan bodohlah ada oknum mengatasnamakan kita. Orang bisa ketemu kita gitu kenapa Anda harus bodoh, tinggal SMS, tinggal nanya,” katanya.

Kepala PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan pertemuan dengan Ahok membicarakan masalah program kerja lembaga yang dipimpinnya. Menurutnya ada rencana untuk membanggun pasar rakyat, pedagang tak harus membayar biaya sewa hanya harus membayar biaya listrik dan air.

“Ada rencana pasar rakyat, ini akan kita harapkan untuk pasar lingkungan dan pasar kecil. Kita bangun pasar ini, kemudian pedagang ini kita gratiskan tempat, kecuali listrik dan air,” katanya.

Djangga akan mengoptimalkan pasar-pasar di lingkungan strategis. Hal ini untuk memberikan pemasukan bagi PD Pasar Jaya. “Ini gratis, ini dioptimalkan jadi kita tetap eksis,” katanya.

Setiap pasar memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini dilihat dari luas lahan dan jumlah pedagangnya.

“Di lokasi tertentu bisa kita optimalkan seperti di Benhil, kalau tidak dioptimalkan PBB-nya saja mahal,” katanya.[Detikcom]

7 COMMENTS

  1. salah satu solusi agar PKL dapat masuk pasar gratis tdk beli kios /PKL,juga yg perlu di awasi jangan sampai 1 orang bisa punya kios/lapak bapak,ibu,anak,mantu dll.JB ahok minta kepala pasar/terminal pertanggung jawaban apabila kotor,sembraut,pungli,PKL berantahan.

  2. kerjasama dgn kepolisian, kalo ada oknum ngaku2 dan menarik duit setoran, dibekuk pedagang, Polri harus back up penuh.

    pemda harusnya bangun penjara, krn yg ada sekrg sdh kepenuhan.

  3. Salut Sama BPK JOKOWI & BPK AHOK.
    Pro Rakyat UKM & lebih kecil lagi.
    Jangan ada lagi oknum PNS & PREMAN PASAR (Preman yang memasang/ menancap bendera Ormas tertentu di pasar-pasar) yang meminta setoran rakyat kecil & apa lagi sampai memukuli. Sekalian dibersihkan & diamankan.
    SALAM JAKARTA BARU

  4. Bagus sekali itu pak Wagub. saat2 awal gini, pemprov harus berani keluar uang banyak sekali demi mengatur smuanya pd tempat n proporsinya masing2. Sgt tdk mudah, tapi tdk mustahil utk dilakukan. hehehe… cuman kerja keras saja. smakin cepat system ini dibangun, smakin teratur warga n pemasukan income kpd kas negara akan smakin banyak. wow…

  5. maaf kami wong cilik bertanya….untuk PKL di depan jl raya taman mini sampai tamini square dapat surat yg ditandatangi gub. sebelum bapak yg inti isinya bahwa PKL didaerah tsb sudah tidak bisa berjualan lagi baik pagi maipun malam mulai per 1 maret 2013 tanpa adanya solusi apapun. kami PKL memohon kpd pinpinan kami saat ini. apa solusi terbaik yang dapat diberikan kpd kami. tetimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here