Rusun Pluit Disiapkan untuk Penghuni Waduk Pluit

7
125

Ahok.Org – Selain rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Marunda, Rusunawa Pluit pun sedang dalam proses renovasi untuk menjadi hunian bagi warga Waduk Pluit. Menurut warga, lokasi rusun yang dekat dengan pemukiman warga Pluit itu lebih ideal untuk menjadi hunian mereka.

“Sekarang masih dalam proses renovasi terutama untuk Blok 1,” kata Masruri, staf pengelola di Rusun Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/2/2013).

Ia menjelaskan, saat ini dua dari tiga blok di rusun tersebut sudah ditempati. Keduanya sudah dilengkapi instalasi listrik dan air. Selain itu, berbagai kerusakan fisik lain juga tengah dalam perbaikan.

Masruri mengatakan, saat banjir pada Januari lalu, rusun tersebut menjadi salah satu tempat pengungsian bagi warga RW 17 Penjaringan. Pasca-pengungsian, bangunan tersebut mengalami beberapa kerusakan. “Karena itu jendela, pintu, dan lain-lainnya juga perlu diperbaiki lagi,” jelas Masruri.

Dua blok yang sudah ditempati, menurut Masruri, belum seluruhnya terisi. Masing-masing blok dengan lima lantai itu bisa menampung 100 kepala keluarga. Dengan demikian, total warga yang bisa ditampung di rusun dekat Gedung Pompa Pluit itu sekitar 300 KK. Lelang fisik pembangunan rusun Pluit sudah dimulai pada tahun 2010.

Menurut rencana awal, di lokasi tersebut akan dibangun 10 blok rusun. Namun, tidak diketahui mengapa proyek tersebut sempat terbengkalai cukup lama. “Itu bisa ditanyakan langsung ke pimpinan di Jati Baru (Kantor UPT Rusun),” ujar Masruri.

Rusun Pluit sebenarnya menjadi prioritas Pemprov DKI dalam program relokasi warga yang mengokupasi lahan Waduk Pluit. Namun, karena unit yang disediakan belum mencukupi jumlah KK yang hendak direlokasi, maka disediakan pula Rusun Marunda dengan total 26 blok untuk program tersebut.[Kompas]

7 COMMENTS

  1. ^^^ kalau mafia nya dari RT/RW, pasti ini kelompok yg menjegal warga pindah kerumah susun, Lurah dan Camat harus proaktip dan prioritaskan serta terjun kelapangan, jangan sampe disuruh-suruh dong…..RT/RW bukan penjabat, diganti aja kalau dia jadi benalu buat rakyat….

  2. berhubung lokasinya yg sangat strategis, saya usul proses verifikasi identitas dan undian untuk rusun pluit ini diawasi secara ketat, kalo perlu pak ahok hadir pas undiannya dan dapet copy hasilnya. kalau di marunda aja banyak permainan, gak kebayang deh di pluit nanti.

  3. mau usul jg pak supaya:

    1. di pintu masuk rusun dipasang bollard2, supaya cuman orang bisa masuk. kalo butuh truk masuk bisa dibuka bollardnya oleh pengurus. jd penghuni gak bisa mengambil aset2 rusun.

    2. system komputer pelayanan rusun attached foto2 anggota keluarga penghuni di file aptnya, jd setiap ada touchbase dgn penghuni (ie. bayar sewa, masalah perbaikan, etc) sekalian bisa langsung dicek masih sama gak orangnya.

    Terima kasih.

  4. usul untuk pemprov DKI
    salah satu syarat untuk pemilikan Rusun
    adalah belum punya rumah, bila ternyata telah memiliki rumah, rumah yang ada akan disita,jadi orang takut untuk berbohong
    sukses selalu duet jokowi ahok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here