Normalisasi Kali Pakin, Contoh Bagus Proyek Normalisasi Sungai

9
103

Ahok.Org – Program normalisasi kali Pakin di Jakarta Utara kini bisa berjalan dengan cepat. Bangunan di bantaran kali yang sebelumnya mengganggu, kini sudah tak ada. Gubernur DKI Joko Widodo pun bangga.

Saat didatangi Jokowi pada Kamis (14/3) lalu, terlihat upaya penggusuran bangunan di bantaran kali yang berhasil tanpa insiden. Kini, sejauh mata memandang, tak ada lagi bangunan tersisa.

“Saya ke sini supaya masyarakat juga tahu, tidak hanya yang kecil kita robohin, yang besar-besar juga. Ada showroom ada ruko ada warung-warung, kita robohin,” kata Jokowi di lokasi.

Sebelumnya, di lokasi tersebut banyak bangunan yang menjorok ke sungai. Upaya Pemprov DKI untuk melakukan normalisasi dan pengerukan pun terganggu.

Namun, kini semuanya sudah berubah. Di sepanjang aliran sungai, tak ada lagi bangunan. Pekerjaan pun jadi lebih mudah.

“Ini kita perintah tolong untuk dicontoh. Normalisasi pengerukan yang benar itu seperti begini,” ujar Jokowi.

Kali Pakin tersebut akan dikeruk hingga kedalamannya menjadi 5 meter. Ini bertujuan agar air yang melewati sungai tersebut bisa mengalir lancar hingga ke waduk Pluit. Ini. Bertujuan agar peristiwa banjir di sekitar Waduk Pluit Januari lalu tidak terulang kembali.[Detikcom]

9 COMMENTS

  1. yang benar ? yang besar juga diberlakukan sama ?
    buktinya bangunan ruko dan showroom motor honda dan spbu di jalan gedong panjang yang menempel di bantalan kali jelakang sampai sekarang kenyataannya masih belum di robohkan. juga kali opak masih banyak bangunan tempel dibantalan kali belum di bongkar.

    • loh yang di beritain disini kan normalisasi dibantaran kali pakin, jadi kalo yang di bantaran kali jelakang dan kali opak masih ada bangunan2 seperti itu yah dimaklumin dulu lah…

      satu-satu kali ga bisa melakukan semua sekaligus…

      abaikan komen diatas kalau kali pakin = kali jelakang = kali opak ya karena saya bukan orang jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here