Gubernur Canangkan Jakarta Ramah Autisme

3
71
Foto Beritajakarta.com

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mencanangkan gerakan Jakarta Ramah Autisme. Hal ini menjadi langkah maju dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memberikan persamaan kepada anak dengan kebutuhan khusus, terutama bagi penyandang autisme.

“Saya belum tahu banyak mengenai autisme, jadi ingin tahu sebanyak-banyaknya,” ujar Jokowi, saat memberikan sambutan dalam peluncuran video penanganan dini autisme untuk terapi okupasi dan terapi wicara, di kawasan SCBD, Sabtu (6/4).

Dikatakan Jokowi, Pemprov DKI ingin memberikan fasilitas pendidikan sekolah yang layak untuk anak autis. Tidak hanya itu, sarana dan prasarana yang dibutuhkan bagi anak-anak berkebutuhan khusus juga akan disiapkan. “Ya nanti petunjuk tekniknya akan dibuat bagaimana mal, taman, lingkungan, dan sekolah memperlakukan anak autis,” katanya.

Gerakan Jakarta Ramah Autisme sendiri merupakan hasil kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan Lembaga Masyarakat Peduli Autisme Indonesia (MPATI). “Kita sudah membantu dengan kampanye, membuat modul, dan video agar masyarakat tahu tentang autisme. Dan ini kampanye yang baik sekali, rencananya kita juga akan dirikan panti autisme tapi konsepnya masih dibicarakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua MPATI, Gayatri Pamoedji menambahkan, pihaknya sudah sering meminta kepada Pemprov DKI untuk membantu penyandang autis. Namun, realisasi bantuan itu baru terwujud di era kepemimpinan Gubernur Joko Widodo. “Pak Jokowi ini Gubernur DKI Jakarta keempat yang kita gandeng. Tapi baru beliau yang ada tindakan konkretnya,” katanya.

Untuk itu, Gayatri meminta kepada segenap lapisan masyarakat agar membantu mensukseskan gerakan Jakarta Ramah Autisme. “Bantu kami untuk gerakan Jakarta Ramah Autisme. Anak-anak penderita perlu mendapat perhatian dari kita,” harapnya.

Dalam acara tersebut, bukan hanya pemutaran video edukasi yang dilaksanakan. Penampilan band  yang digawangi anak-anak autis, serta hasil karya lukis dan kerajinan tangan dari mereka juga turut ditampilkan.

3 COMMENTS

  1. Seperti itulah seharusnya pemimpin dalam memimpin, semua menjadi perhatian bukan hanya individu-individu yang terlahir sempurna yang diurus…. Gooo JB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here