DKI Siapkan Dana Rp 4 triliun Untuk Pembebasan Lahan

4
895

Ahok.Org – Pemerintah DKI Jakarta mengalokasikan Rp 4 triliun untuk mengatasi masalah pembebasan lahan. Wakil Gubernur Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama memastikan dana tersebut telah tersedia dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013.

“Tidak hanya untuk pembebasan lahan tapi juga hal lain-lain yang mengikutinya,” kata Ahok, di kantornya, Rabu, 8 Mei 2013. Misalnya, Ahok menambahkan, biaya perawatan dan perlengkapan fasilitas rumah susun (rusun) jika warga dipindahkan ke sana.

Artinya, Ahok melanjutkan, ganti rugi yang diberikan tak hanya berbentuk material atau uang. Tetapi, bisa juga tempat tinggal di rumah susun sewa, tergantung kondisi di lapangan.

Ganti rugi uang misalnya diberikan kepada warga yang benar-benar tinggal di tanah sertifikat resmi. Sedangkan yang tinggal di tanah milik negara akan dipindahkan ke rumah susun.

Saat ini beberapa proyek pembebasan lahan yang menjadi prioritas pemerintah Jakarta adalah di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan. “Dua hektare atau sekitar 140 bidang tanah di sana harus dibebaskan untuk pembangunan jalan tol lingkar luar Kebon Jeruk-Ulu Jami.”

Kemudian, ada tanah di sekitar Kali Ciliwung terutama di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan. Kawasan ini masuk program prioritas normalisasi Kali Ciliwung, sesuai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Serta relokasi warga waduk Pluit, Jakarta Utara. Bantaran waduk Pluit yang akan ditata ini masih dipenuh warga yang enggan direlokasi. Mereka menolak dipindahkan karena minta ganti rugi lahan.[Tempo.co]

4 COMMENTS

  1. Maju trusss Bpk JokoHok, sejarah akan mencatat inilah salah 1 keputusan Bpk yg benar sesuai amanat PancaSila kita, hak & kewajiban warga negara berada pd t4 yg benar. warga juga yakin yg protes itu tdk lbih dr sgelintir org2 yg al: pmilik bangunan liar yg menyewakan ke warga miskin, LSM -kerjaan, ormas abal2, para preman yg brprofesi sbagai makelar & sbagian kcil oknum2 di jajaran Bpk.

  2. sore ini TransTV menayangkan penolakan 1000an pemukim illegal Muara Baru, bahkan menantang hanya minta ganti rugi per mtr tanahnya dihargai 3 juta….ini bisa-bisanya wartawan, atau ada LSM calo tanah yg main disini?!

  3. buset dah tadi lihat di viva ada yang bilang tinggal di tanah allo! jadi engak mau di gusur kalo mau di gusur mesti ganti rugi

    kalo gitu saya mau dudukin bale kota ato monas ah…. kan tanah allo juga nanti kalo mau di gusur saya minta ganti rugi 80jt /meter

  4. sikat aje lsm yg mencari keuntungan serta pasti ada berberapa lurah dan camat yg bermain makanya turunkan intel pade jokowi ahok ke lapangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here