Jokowi Lantik Walikota Jaksel di Setu Babakan

0
75

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo memastikan pelantikan Walikota Jakarta Selatan dan Walikota Jakarta Barat dilakukan pada pekan ini.

Untuk pelantikan Walikota Jakarta Selatan akan dilaksanakan di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Rabu (15/5). Sedangkan pelantikan Walikota Jakarta Barat akan digelar di Kampung Apung, Cengkareng pada Kamis (16/5).

Dikatakan Jokowi, alasan pemilihan Setu Babakan sebagai lokasi pelantikan Walikota Jakarta Selatan, untuk mengingatkan perlunya keberadaan perkampungan budaya Betawi seperti di Setu Babakan yang harus dilestarikan baik oleh pemerintah maupun warganya. “Ini untuk mengingatkan perlunya sebuah kampung Betawi. Karena sebuah kota harus memiliki karakter dan identitas yang jelas. Setu Babakan itu identitas yang masih tertinggal dan harus kita rawat, pelihara dan perbaiki,” ujar Jokowi di Balaikota, Senin (13/5).

Rencananya, Wakil Walikota Jakarta Selatan yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jakarta Selatan, Syamsudin Noor akan dilantik menjadi Walikota Jakarta Selatan menggantikan Anas Effendi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI Jakarta.

Sedangkan untuk Walikota Jakarta Barat, rencananya akan dijabat oleh Fatahillah yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Walikota Jakarta Pusat. Walikota Jakarta Barat sebelumnya Burhanuddin telah mengundurkan diri karena akan mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPRD DKI Jakarta 2014-2019 dari Partai Gerindra.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga menambahkan, setiap pemimpin memiliki cara tersendiri untuk melantik jajarannya. “Sebenarnya tidak harus ke tempat yang kumuh atau bagaimana. Yang penting esensinya dan lokasinya itu mungkin bisa menjadi simbol wilayah tersebut,” kata Made.

Sementara itu, Plt Walikota Jakarta Selatan, Syamsudin Noor membenarkan rencana pelantikan dirinya menjadi Walikota Jakarta Selatan. “Insya Allah pelantikannya hari Rabu (15/5) jam 08.00 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan,” katanya.

Dikatakan Syamsudin, tidak akan ada acara khusus dalam pelantikan tersebut. “Tidak acara khusus, seperti biasa pelantikan biasa saja. Malahan nanti yang dipinggir danau tidak ada tenda,” ucapnya.

Seperti diketahui Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan merupakan kawasan unggulan wisata budaya di Jakarta yang terletak di Srengsengsawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kawasan ini berfungsi sebagai pusat pelestarian budaya Betawi.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah melantik Walikota dan Wakil Walikota Jakarta Timur, HR Krisdianto serta Husein Murad di lapangan bola RW 05, Pulojahe, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Kamis (20/12/2012) lalu. Saat itu, dikatakan Jokowi, tujuan pelantikan yang digelar di kampung itu dilakukan agar para pemimpin bisa melihat langsung persoalan yang ada di wilayahnya.[Beritajakarta.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here