Jokowi Minta Groundbreaking MRT Sebelum Oktober (Video)

2
61

Ahok.OrgĀ  – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meminta groundbreaking atau peletakkan batu pertama pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dapat dilakukan sebelum Oktober 2013. Dengan begitu, target penyelesaian mega proyek tersebut dapat sesuai rencana semula yakni pada tahun 2016.

“Untuk memulai pekerjaan, diharapkan tidak harus menunggu kedatangan alat-alat berat. Karena mobilisasi alat berat memang membutuhkan waktu, sebab harus didatangkan dari luar negeri,” ujar Jokowi, usai menyaksikan penandatanganan kontrak kerja PT MRT di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga memastikan tidak akan ada revisi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) MRT. Amda MRT sendiri telah dikeluarkan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta sejak 2010 lalu.

Sementara itu, Direktur PT Wijaya Karya, Budi Harto mengatakan, selaku konsorsium, pihaknya telah memulai pengerjaan penyelidikan tanah di sepanjang Jl Jenderal Sudirman. Pihaknya menargetkan pengerjaan tersebut akan rampung dalam tiga bulan ke depan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kandungan tanah karena akan dilakukan pengeboran sedalam 40 meter dari permukaan tanah. “Alat berat sudah tiba Oktober 2013. Yang utama Tunnel Boaring Machine untuk membuat terowongan,” katanya.

Seperti diketahui, dua konsorsium telah memenangkan tender untuk pembangunan tiga paket bawah tanah MRT. Konsorsium itu yakni, Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Konstruksi joint venture untuk kontrak pekerjaan CP 104 dan CP 105 dan Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya joint operation untuk kontrak pekerjaan CP 106. [Beritajakarta.com]

Video:

2 COMMENTS

  1. Pak Jokowi & Ahok. Saya mau kasi feedback yg mungkin terdengar simple, tp sangat vital (berdasarkan pengalaman negara2 maju yg udah menerapkannya). Semua transportasi massal (kopaja-metromini baru, transjakarta, mrt, monorel) WAJIB DILENGKAPI DENGAN CCTV. For one simple reason: untuk keamanan yg lebih terkontrol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here