Basuki: Juli, Uji Coba Pesta Rakyat di Monas

12
132

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar pesta rakyat pada bulan depan. Pesta rakyat itu akan mengakomodasi para pelaku usaha kecil dan menengah.

“Juli nanti akan kami selenggarakan uji cobanya di Monumen Nasional (Monas),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Basuki mengatakan, acara ini hanya pesta rakyat berskala kecil yang dapat menampung usaha mikro, rumah tangga, dan menengah. Basuki merencanakan penyelenggaraan pesta rakyat itu dilakukan setahun sekali.

Saat ini, Pemprov DKI tengah menggarap detail engineering design (DED) ruang bawah tanah di Monas. Ruang bawah tanah itu akan digunakan sebagai lahan parkir dan ruang pameran besar yang dapat langsung terhubung dengan Stasiun Gambir. Basuki berharap ruang bawah tanah itu mulai dikerjakan tahun depan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menampik anggapan penyelenggaraan pesta rakyat di Monas akan menimbulkan kemacetan di jantung Ibu Kota. Ia tak memungkiri bahwa tempat paling ideal dalam menyelenggarakan pesta rakyat adalah di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat, yang memiliki luas 44 hektar.

“Sekarang memangnya di Kemayoran tidak macet? Tapi, masalahnya kami itu ingin punya tempat untuk menampung orang yang tidak sanggup masuk ke tempat yang PT JIExpo bikin,” kata Basuki.

Basuki telah memerintahkan Asisten Pemerintahan Sylviana Murni untuk mengevaluasi peraturan daerah tentang penyelenggaraan PRJ. Di samping itu, Pemprov DKI juga akan mempelajari sisi hukum penyelenggaraan agenda tahunan itu, apakah harus memakai PT JIExpo sebagai penyelenggara tunggal atau memang boleh dialihkan ke penyelenggara lain.[Kompas.com]

12 COMMENTS

  1. Harga tiket prj emang betul kemahalan??! Harusnya 15-20rb itu wajar?? Parkir liar juga bisa mpe 50rb!! Itu yang harus ditertibkan?!! Bikin macet!!!

    Klo prj masuk gratis..trus yang bayar artis.. keamanan..listrik..air..kembang api..hiburan laen siapa??????? Untuk kedua x nya ane gak setuju ama kebijakan JB ..yang komeng pro aktif disini ane yakin gampang banget gampang dikomporin ma provokator??! Tanpa pikir panjang asal ngikut aja klo ada demo..

    Bayar aja banyak copet n gak nyaman 100%.. Apalagi yang gratis dimonas?!!! Pikirin klo prj gratis..sapa yang masuk?? Bukannya pengemis dan orang gila dsb bisa bebas masuk??!

    Pihak jiexpo jg mpe bilang GINI neh yang buat ane mikir mikir betul jg tanggapan mereka,.. Pihak prj kasih sewa uda murah dibanding waktu lainnya..n liat aja kenyataan pkl resmi di prj juga pada hepi n laris manis semua??! Yang didepan itu yang gak ada modal ato gak kebagian tempat..tentu space harus dibayasi jg buat lalu lintas pengunjung..

    Klo mau gratis dimonas yah silahkan aja.. bagusan menurut ane juga dipecah 2 aja.. bukan dipindah..karena dimonas gak memadai tempatnya n bisa merusak lingkungan dalam.. rumput2 dsb! Trus parkiran gimana?? Diluar? Otomatis banyak preman dong..n pastinya JALANAN BAKAL MACET TOTAL mengingat arah ke monas merupakan jalan utama.. sejakarta bisa macet klo diadakan disana jaman sekarang..hmmm jalan kaki??? Mau jalan darimana.??? Bagaimanapun pasti macet total n merugikan banyak pihak klo dipindah..

    Murdaya jg menambahkan..klo mau PRJ gratis.. Kenapa gak diancol aja?? Kan besar tuh saham pemrov dki disana??! Hahahah..yg ini BETUL BANGET?! Ayo sapa yang dukung diadain diancol n masuk gratis??? Ane dukung bgt neh.. mau gak kira2 pihak pemrov dki???;)

    Trus murdaya jg bilang..klo soal biar rakyat hepi ama gratisan..terutama warga dki..KENAPA PERTANDINGAN SEPAKBOLA BELANDA VS INDO kmrn di GBK gak digratisin aja biar rakyat kecil bisa hepi semua kan??! Kok malah dijual tiket ratusan ribu mpe jutaan?!! 😉 n gak ada komentar soal ini kok??!

    PRJ bisa dibilang acara internasional..yang dateng bukan cuman masyarakat jakarta aja..banyak sekali warga luar kota bahkan luar negeri dateng..karena ini holiday season?!! nah klo soal bola krn (belanda vs indonesia) kan otomatis 90% warga dki termasuk pendatang yang tinggal di dki yang nonton??

    Contoh dikit: sori klo nyimpang..

    Kemaren2 aja org dr irian mpe tweet jg soal bbm..yang mengingatkan bahwa rakyat di jawa jgn asal demo aja..baru naik 1500..masyarakat irian biasa bensin 40rb klo lagi paceklik bisa 70rb aja gak heboh kayak disini..n dia jg menambahkan..ingat! INDONESIA BUKAN CUMAN pulau JAWA aja..!!

    Nah agan2 skalian..harap bijak n pikir dulu klo mau posting.. Jangan asal aja..agan2 mo buang :tai juga harus tau tempat kan gak sembarangan?!!

    • Sepertinya anda terlalu berlebihan bila menyatakan tiket masuk PRJ harus gratis?Masyarakat pun tau koq bahwa kencing aja harus bayar,apalagi masuk PRJ.Yang dimaksud oleh pak Gubernur adalah bahw acara ini sejak dilahirkan adalah sebuah pesta rakyat jakarta untuk merayakanHARI JADI KOTA JAKARTA bukan ajang menjual barang dagangan!Yang diinginkan adalah supaya masyarakat DKI dapat terlibat dan merasakan HUT Jakarta.Apa salah bila tiket masuk PRJ terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan pengelolapun sudah dapat mengambil keuntungan besar dari menyewakan stand2 jadi mengapa tiket masukajaharus semahal itu,apakah itu bukan dari sifat ketamakan “kalau bisa dimahalin kenapa harus dimurahkan”?

      • Gak kemahalan kok..tuh buktinya 30rb aja bejubel didalem?! Anggap aja nonton konser..org biasa aja ngerokok sehari 3 bungkus biasa aja..nonton bola mahal cuex aja..itu harga yang PANTAS..bahkan murah jika dilihat dari benefit yang didapet pas masuk kedalem?!! Klo org susah sehari makan sekali..n sepiring bertiga mah..gak usah mikir hiburan..perut aja dipikirin..kesana bukan cuman tiket masuk doank?! Pikir transport..parkiran..makan minum didalem..belanja..dll..uda jelas bisa 500rb minimal satu keluarga..

  2. saya setuju PRJ di pindahin ke monas buat pesta rakyat.trus tiketnya yg bisa terjangkau buat kalangan bawah. kasihan orang miskin gak ada hiburannya selama ini.selama PRJ di kemayoran cuma buat org kaya aja.parkir mahal,tiket masuk mahal, yg ikut pameran produk produk mahal . kembalikan pesta rakyat seperti dulu, yg semua kalangan bisa nikmatin. maju terus jokowi ahok, rakyat akan dukung terus

  3. prj begitu luas juga banyak ganggurnya sayang tu.mending di ambil buat negara aja.nanti jadi markas pusat tentara juga kopasus’nanti negara lain kanget lihat markas tentara kita luar wkwkwkwkw

  4. Pekan Raya Jakarta tetap terpisah dari JI Expo, JIExpo mengadakan seperti biasanya, sedangkan Pekan Raya Jakarta, gratis untuk seluruh lapisan masyarakat baik warga maupun bukan, kalau nanti adanya Pengemis malah menjadi kesempatan (ada kerjaan) Dinas Sosial dapat mengumpulkan para gepeng dan dibina, yg tua masuk rumah jompo dsbnya. Masalah ada tdknya Live Show, pasti banyak yg akan menyumbang. Karen ini Pesta rakyat, tentunya biaya listrik dll pasti ditanggung APBD, jadi Uang dari rakyat kembali ke rakyat, inilah salahsatu contohnya. Itulah yang disebut JOKOHOk KEMBALIKAN KE ROH NYA. Jadi jelas filosofinya berbeda.

  5. Jiexpo rasanya bereaksi terlalu naif, anda mau naikkan harga tiket 100rebu juga ga ada yg ngelarang, emang disana kan pameran kelas dunia (emang tujuannya), yg dimaksud pemprov Pekan Raya Jakarta kelas rakyat (lokalan), harga tiket 10-15rebu wajar, syukur-syukur gratis, ini kan sekedar harapan rakyat….usaha boleh, tapi jangan kelewat serakah!!!

  6. Pertanyaan sederhana saja, kalaulah Pesta Rakyat diharapkan dapat mengakomodasi dan menampung usaha mikro, rumah tangga, dan menengah serta tidak membebankan rakyat dengan biaya tiket, kenapa tidak dipikirkan untuk diadakan dan diselenggarakan di setiap kantor kecamatan, bupati dan kantor walikota saja ? Kan rakyat jadi tidak harus berduyun-duyun, kesatu tempat saja…Salam..GO..JB

  7. Emang banyak yang gak mikir klo ngomong..gak tau darimana symber pemikirannya?! Yg jelas bukan dari otak..terutama di dani yg bgomentarin abibg diatas?!! SIAPA YANG BERLEBIHAN BILANG DIAL TIKET PRJ GRATIS??! kan si abing ngomentarin yg keluarin suara pertama..?!! Trus klo prj buat usaha mikro..apa gak keGEDEan tuh kemayoran cuman diisi ma kerak telor ama kue apem..SIAPA YANG MAU DATENG?!! Bayar aja sendiri biaya penyelenggaraannya termasuk promosi ..sewa tempet trus diisi ma tkg kerak telor yang cuman gw beli 1x seumur hidup gw..isi telor bebek yang satu telor ayam….hahaha! “KLO GAK ADA UANG MAH GAK USAH MIKIR HIBURAN” pikirin perut aja!!! Maksimal nonton tv dirumah!! Sinetron tuh…masuk gratis terus didalem NGECES pengen ini itu apa gak. Bikin sakit ati??? Lebih parah kan akibatnya..walaupun bukan di kemayoran..misalnya dimonas tar..pikir semua sebelum posting?!! Orang miskin harus tau diri..perut dulu dipikirin baru hiburan!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here