Basuki Geram Harga Sewa Stand di PRJ mahal

7
103

Ahok.Org – Harga sewa yang terlalu mahal yang diterapkan pengelola Jakarta Fair, untuk pedagang kerak Telor disinyalir alasan kuat para pedagang tersebut akhirnya mengurungkan niatnya, untuk menjajakan makanan khas Betawi tersebut di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, atau yang lebih populer disapa Ahok mengaku, harga sewa yang mencapai Rp15 juta sampai Rp20 juta, dirasa akan menyulitkan para pengusaha kecil. Seperti pedagang Kerak Telor, untuk menjajakan jualannya disitu.

“Nah, coba jika JIExpo, kamu punya produk. Kerak telor saja, jika tidak nyetor Rp15 sampe Rp20 juta, mungkin tidak dapat tempat dagang di sana. Artinya kan jadi masalah,” kata Ahok, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Kata mantan Bupati Belitung Timur ini, ide pembuatan pesta rakyat Jakarta yang digagas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan rencananya bertempat di pelataran Monumen Nasional (Monas) tersebut, memiliki alasan untuk memberi tempat bagi pengusaha kecil yang tak sanggup bersaing dengan pengusaha besar seperti yang terjadi di Jakarta Fair.

“Maksud saya itu harus diubah. Anda bisa punya kesempatan kan?. Nah, Pak Gub ingin ada tempat, siapkan pasar, kita modalin,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Pemerintah DKI Jakarta mewacanakan untuk menggelar acara serupa PRJ di pelataran Monumen Nasional (Monas) sebagai bagian dalam rangkaian ulang tahun Kota Jakarta.

Sebelumnya Gubernur Joko Widodo menilai, PRJ yang digelar di Kemayoran selama beberapa tahun ini telah kehilangan karakter budaya. Hal itu antara lain ditandai oleh keberadaan stan-stan industri raksasa di PRJ, yang menggeser produk kebudayaan Betawi. [Sindonews]

 

7 COMMENTS

  1. Setuju banget dengan pernyataan pak Ahok. PRJ di JIExpo lbh cocok diganti jadi Pekan Raya Indonesia atau Pekan Raya Importir…krn minim sekali rasa Betawinya. Kesan Jakarta hanya diwakili oleh kerak telor..itupun harganya selangit..

  2. ntu die…. ane jd gak ngarti, sebenernye PRJ tuh punya siape? buat ape? & siape nyang nikmatin…?

    emang kudu dibahas lagi tuh keberadaan PRJ skrg…. kagak usah pake bawe2 nama jakarta atawe betawi deh kl gak bisa ngantarain UKM lokal seperti pedagang kerak telor…

    ngehina bener tuh bacotnye si pengelola…

    aye setuju ame bang jo & bang ahok… cuma emang kudu dibahas serius tuh untuk bikin PRJ di Monas misal
    – kerjasame ame pengelola gedung di sekitar monas untuk lahan parkir/tutup jalur silang monas untuk parkir
    – buat aturan untuk pengunjung biar buang sampah kgk sembarangan/kalo perlu kasih denda tp siapin dah tempat sampah yg banyak & letaknye strategis. jika terpaksa buat aturan cctv hidup… (pelapor diberi reward)
    – untuk stand nyang buka kgk usah ditarik sewa tempat, pinta aje prosentase keuntungan.
    – adakan kegiatan2 kebudayaan yg menghibur, kl perlu buat karnaval dari pemda ke monas/keliling monas serta lomba2 kesenian lainnya.
    – sediain fasilitas2 pendukung seperti kendaraan u touring keliling lokasi (sebagai income untuk pemda) serta hal2 lain yg bisa buat income….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here