Jokowi Berikan Kemudahan Monorel BUMN (video)

1
65

Ahok.Org – Selain monorel green line dan blue line di bawah kendali PT Jakarta Monorel (JM) dapat berjalan dengan cepat, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun berharap monorel milik BUMN dapat segera direalisasikan tahun ini.

Namun begitu, keputusan itu masih menunggu keluarnya Peraturan Presiden (Perpres).

“Saya dorong untuk cepat. Saya sudah bilang ke Pak Kiswo, tahun ini juga. Tapi ini juga ada perpres antar provinsi. Mungkin lebih rumit, tapi kalau dikerjakan bersama bisa. Tahun ini saya mau karena tanpa pembebasan tanah,” kata Jokowi di lokasi pameran monorel, di Monumen Nasional (Monas), Rabu (26/6/2013).

Dia pun memastikan dirinya akan memberikan kemudahan mengenai ijin dan semua hal yang berhubungan dengan Pemprov DKI Jakarta, agar pembangunan monorel milik BUMN tersebut dapat segera terealisasi.

Sementara Direktur Utama Adhi Karya Kiswo Darmawan mengatakan, saat ini posisi Perpres masih berada di Kementerian Keuangan. “Pembangunan monorel ini butuh Perpres, karena melibatkan dua wilayah dan harus tender, sifatnya juga publik private partnership,” ujar Darmawan.

Selain itu, dirinya mengharapkan, agar Perpres tersebut bisa segera diterbitkan. Dengan begitu, Darmawan memastikan pembangunan fisik akan segera dilakukan, setelah Pepres itu keluar.

“Kalau memang mengutamakan kepentingan rakyat, Jokowi harusnya mendukung pepres itu nantinya, karena harus ada restu dari Pemprov DKI Jakarta, termasuk tidak membebankan retribusi pengunaan lahan,” kata Darmawan.

Rencananya, pembangunan awal akan dilakuan pada jalur Jagorawi Cawang. Dalam pembangunan itu, dirinya berharap Pemprov DKI Jakarta tidak membebankan retribusi atau pungutan pada trase yang digunakan di lahan milik mereka.

“Kan kita bangun stasiun cawang dan ada jalur kita di kuningan, biasanya ada retribusi. Kita berharap itu tidak dibebankan Pemprov ke kami, karena berpengaruh pada tarif,” ujarnya

Darmawan menegaskan, monorel BUMN yang akan dibangun pihaknya tersebut, telah terintegrasi dengan moda transportasi milik DKI Jakarta seperti stasiun monorel PT JM dan bus TransJakarta.

Jalur monorel BUMN sendiri, akan meliputi, Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, Cawang Kuningan, Palmerah-Kuningan-Dukuh Atas, Dukuh Atas-Harmoni, Daan Mogot-Bandara Soeta, Pulo Gadung-Kelapa Gading-Harmoni-Kalideres, Bekasi Timur-Cikarang dan Cibubur-Sentul.[Okezone]

Video:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here