Jokowi Targetkan Penataan 100 Kawasan Kumuh

2
65

Ahok.Org – Upaya menata kawasan kumuh agar menjadi kawasan yang layak huni atau dikenal dengan sebutan kampung deret terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Bahkan, pada tahun 2014 mendatang, ditargetkan sebanyak 100 kawasan kumuh akan dilakukan penataan dan dijadikan kampung deret. Salah satu kawasan yang akan dijadikan kampung deret yakni Kampung Kalimati, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, proses pendataan wilayah untuk dijadikan kampung deret terus dilakukan. “Kita ini kan mulai melihat untuk 2014. Nanti kampung mana saja yang akan ditata,” ujar Jokowi saat mengunjungi Kampung Kalimati, Karet Tengsin, Jumat (12/7).

Diakui Jokowi, dirinya kerap mendapatkan keluhan warga sekitar terkait kondisi wilayahnya yang kumuh. Tak hanya itu, warga juga kerap mengeluh karena lingkungannya terlalu rendah sehingga dengan mudah air menggenangi lingkungan warga. Untuk memastikan keluhan warga, dirinya mendatangi langsung lokasi tersebut dan memasukkannya dalam daftar kampung deret untuk tahun depan.

Ia pun meminta kepada lurah setempat untuk menginventarisir jumlah warga yang bermukim di lokasi tersebut. Sehingga pihaknya bisa memperkirakan jumlah anggaran yang akan dikeluarkan untuk perbaikan kampung. “Saya sudah bicara ke Pak Lurah untuk menginventarisasi Kartu Keluarga (KK) dan lahannya. Sehingga, nanti pas dilaksanakan di tahun 2014, lebih mudah dilaksanakan,” kata Jokowi.

Pihaknya, sambung Jokowi, dipastikan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Karenanya, ditargetkan sebanyak 100 kawasan kumuh dapat dilakukan penataan hingga menjadi kampung deret pada tahun 2014. Adapun salah satu syarat membangun kamung deret yakni, lahan yang ditinggali warga harus dipastikan terbebas dari sengketa. “Tahun ini, 38 kampung yang masuk data dan akan kita tata. Karena kemarin ada banyak lahan yang sengketa. Tapi, kalau di sini enggak ada yang bermasalah,” kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga membagi-bagikan buku tulis kepada warga sekitar, khususnya anak-anak. Sontak, pemberian Jokowi pun disambut antusias warga. Usai mengunjungi Kampung Kalimati, Jokowi juga berkesempatan mengunjungi Pasar Ramadhan Benhil yang lokasinya tak jauh dari Kampung Kalimati. Di Pasar Ramadhan Benhil, Jokowi memborong takjil yang dijual para pedagang di kawasan tersebut.[BeritaJakarta]

Berita terkait: Jokowi Bangun Kampung Deret Kalimati pada 2014

2 COMMENTS

  1. Ada pepatah wasiat dari orang tua2,(Zaman baheula) dulu: ” Ada Kemauan mesti Ada Jalan ” Berkah dari YMK Di berikan pd orang2 Yg tdk mengenal lelah, Rajin me Reka karya utk me NgeDepanKan, Tata- Kerja yg Ulet me Muliakan Ciptaan Nya se Bagai Tanda Sumbangsih’ kita Memilih, Mengerjakan, Yg Tr Baik dgn Segala Daya Upaya utk ke sejahteraan yg kita Cipta Br Sama2 Seluruh/masyarakat Niscaya Br tambah baik dari hari ke hari… Pak Jokowi, Maju Jaya Indonesia Kita”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here