Basuki: Palyja Setuju DKI Beli Sahamnya

9
134

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama a.k.a Ahok mengatakan operator penyedia air bersih PTĀ  Pam Lyonnaise Jaya (Palyja) menyetujui pembelian sahamnya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. PT Palyja sempat menolak lantaran ingin menjualnya ke perusahaan Filipina, Manila Water.

Rencananya, 51 persen saham yang dimiliki Suez International akan dibeli oleh PT Pembangunan Jaya. Sedangkan saham sebesar 49 persen milik Astratel akan dibeli oleh PT Jakarta Propertindo. Suez Environnement, dalam pernyataan tertulisnya, sebelumnya menolak menyebutkan nilai akuisisi saham ke Manila Water.

“Tadinya mereka tidak setuju karena takut kita tidak membayar,” ujar Ahok di Balai Kota, Kamis, 18 Juli 2013. Awalnya PT Palyja mengirim surat yang isinya menolak pembelian saham. “Namun setelah itu mereka menyetujui penjualan saham itu saat bernegosiasi dengan PAM Jaya,” kata Basuki.

Awalnya, PT Pembangunan Jaya Tbk yang akan lebih dulu membeli 51 saham milik Suez. Namun pemerintah DKI tak merestui penjualan saham ini. “Perusahaan kita (pemerintah DKI) kan sudah terbuka, kami mau tunjukkan bahwa kami profesional,” ujar Basuki. Baru setelah itu sisa saham milik Astratel akan dibeli Jakarta Propertindo.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo juga mengakui bahwa negosiasi pembelian saham itu kini sudah gol. Rencananya Pemprov akan membeli keseluruhan saham PT Palyja. “Tetapi masih negosiasi harga,” ujarnya di Balai Kota, Kamis.

Manila Water, yang mayoritas sahamnya dimiliki Ayala Corporation (berdiri sejak 1834), tengah agresif mengakuisisi saham operator air. Pada Juli 2012, perseroan ini mengakuisisi 47,35 persen saham Kenh Dong Water Supply Joint Stock Co di Vietnam. Sebelumnya, Desember 2011, mereka membeli 49 persen saham Thu Duc Water BOO di Vietnam.[Tempo.co]

9 COMMENTS

  1. Bagus palyja jgn sampai ke Filipina……

    Oh ya, pak Ahok tolong tekan semua mall supaya sediakan parkir sepeda. Ini yg ada cuma untuk mobil dan motor saja.

  2. Bukan hanya air yang harus dikuasai oleh negera utk kepentingan orang banyak, tapi bidang2 lainpun harus dikuasai oleh negara, seperti pertambangan, listrik, minyak. Contoh Freeport, New Module itu harus dikuasai oleh negara. Mana ada negara lain didunia yang mau harta kekayaan alamnya dikuasi pihak asing. Negara demikian yang membiarkan kekayaan alamnya dikuasi asing adalah bodoh. Banyak orang Indonesia yang cerdas2 dan cakap dalam explorasi maupun mengolah harta kekayaan alam kita. Jangan takut bila pihak asing menarik diri atau hengkang dari Indonesia.

  3. Saya setuju dengan Anda Pak Yanto, tetapi sekarang ini sudah terlanjur, nasi sudah menjadi bubur, Kapitalis Asing sudah menguasai sumber daya alam kita, contohnya freeport, diam-diam izin operasinya diperpanjang beberapa puluh tahun (tanpa sepengetahuan rakyat). Kok bisa ? Saya kira masalahnya bukan bodoh atau tidak bodoh melainkan kemungkinan kuncinya adalah duit. syukur kalau duitnya untuk kesejahteraan rakyat, tetapi yang ngeri kalau masuk kantong sendiri.

  4. Suatu pagi, kami jemputClient, orang tsb sudah tua. Bapak ini seorang pengusaha asal Singapura, logatbicaranya gaya melayu & english, beliau menceritakan pengalaman hidupnya pd kami : “your country is so rich!” (Negaramu sangat kaya)

    Dalam hatiku : “Ah biasa banget denger kalimat itu”
    Tapi tunggu, dia berkata: “Indonesia doesn’t need the world, but the world needs Indonesia,”. “Everything
    can be found here in Indonesia, you
    don’t need the world.” (Dunia yg butuh indonesia, bukan sebaliknya)

    Indonesia paru-paru dunia. Tebang saja hutan diKalimantan,dunia pasti kacau. Singapura is nothing,we can’t be rich.without Indonesia. 500rb org Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan. Bisa terbayang uang yg masuk ke kami,apartemen2 terbaru kami yg beli orang2 Indonesia, tdk peduli hargaselangit,laku keras. Lihatlah RSkami,isinya Indonesia semua. Trus,kalian tau bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap kebakaran hutan Indonesia masuk?

    Sangat terasa,we are nothing! Kalian tau kan kalo kemarin dunia krisis beras. Termasuk di Singapura &Malaysia? Kalian di Indonesia dengan mudah dpt beras. Liatlah negara kalian,air bersih di mana2, liatlah negara kami,air bersih pun kami impor dari Malaysia. Saya ke
    Kalimantan pun dlm rangka bisnis,
    krn pasirnya mengandung permata. Terliat glitter kalo ada matahari bersinar. Penambang jual cuma Rp 3rb/kg ke pabrik China, si pabrik jual kembali seharga Rp 30rb/kg.

    Kalian sadar tdk kalau
    negara2 lain selalu takut mengembargo Indonesia!
    Ya, karena negara kalian memiliki
    segalanya. Mereka takut kalau kalian manjadi mandiri, makanya tdk diembargo. Harusnya KALIANLAH YG MENG-
    EMBARGO DIRI KALIAN
    SENDIRI. Belilah pangan dr petani2
    kita sendiri, belilah tekstil garmen
    dari pabrik2 sendiri. Tak perlu impor kalau bisa produk sendiri. Jika kalian bisa mandiri,bisa MENGEMBARGO DIRI
    SENDIRI, INDONESIA WILL RULE THE WORLD!!
    (Indonesia akan mengatur dunia)

    • @zie: betul tuh ilustrasi yang elo kasih, dan itu bisa terwujud jika saja Indonesia mempunyai pemimpin yang mempunyai visi dan misi negara maju, tapi sayangnya kualitas pemimpin yang ada saat ini masih hanya memikirkan kepentingan pribadi/golongan. semoga saja negara kita segera dikaruniai pemimpin yang hebat dan visioner.

  5. dulu RRC punya nama negeri tirai bambu, krn mrk menutup diri dr negara lain, sdh kelihatan hasilnya, mampu menyeruduk dominasi Jepang, mata uangnya kuat, punya prinsip memakmurkan rakyat sdr, pariwisatanya kuat, Indonesia juga pariwisatanya gila indahnya…
    perlengkapan perangnya kuat, Amerika skrg takut pada RRC, coba apa Indonesia bisa pakai cara yg setipe begitu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here