Pasar Benhil Akan Dirombak dengan Konsep Modern

3
135

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan merombak Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat dengan konsep modern. Nantinya, di areal Pasar Benhil akan dibangun hotel dan perkantoran.

“Pasar Benhil dirombak jadi modern, tapi di bawahnya untuk PKL gratis. PKL nya bisa bayar harian saja di situ. Kita lagi hitung jumlah PKL yang akan ditampung nanti di Pasar Benhil. Tapi sepanjang Kali Krukut-nya harus dibuat bening dulu,” kata Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Selasa (10/9).

Saat ini, kata Basuki, pembongkaran Pasar Benhil telah berjalan. Diperkirakan pembangunan pasar kembali pasar tersebut akan rampung dalam kurun waktu dua tahun. “Semua digabung, nanti Benhil itu bakal dilewatin skybridge (jembatan penyeberangan). Jadi orang-orang lewat di antara celah-celah itu,” ungkapnya.

Pembangunan Pasar Benhil berkonsep modern ini, lanjut Basuki, telah mendapat persetujuan dewan dan sudah dikerjakan secara bertahap. Pembangunan pasar dilakukan oleh PD Pasar Jaya bekerjasama dengan pihak swasta yang dipilih melalui sistem tender yang telah disetujui oleh Fauzi Bowo saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Saya nggak tahu (swastanya). Yang punya apartemen di depannya itu kalau nggak salah, makanya mereka berani gabungin. Sebelum kami masuk, sudah disetujui Pak Fauzi Bowo waktu itu,” jelas mantan anggota Komisi II DPR RI ini.[Beritajakarta]

3 COMMENTS

  1. Pak Gubernur, kenapa tidak didata lebih dulu PKL-PKL barang2 apa yang lebih dibutuhkan di DKI ? kalau mikir brapa banyak bisa tampung PKL terus, kapan habisnya pak ? si bapak dapat lapak gratis di tanah abang. si anak yang kontrak tempat lain pakai KK baru, dapat lapak gratis lagi di pasar benhil. dst…dst… Mending Pemprov DKI kerjain PR-nya dulu, data tenaga kerja yang nganggur di DKI itu berapa banyak dan bidang2 apa yang mereka punya skill dengan yang non-skill. baru Pemprov pikirin bikin lapangan kerja apa yang hendak digarap. mosok pak Gubernur ingin semua warga DKI jadi PKL mulu saja sih ????… mending bapak prioritaskan ke tenaga2 kerja yang punya skill untuk disalurkan atau dibantu modal sehingga mereka bisa menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja yang ada. kesejahteraan rakyat lebih baik. pekerjaan lebih bergengsi dan bermartabat. daya saing lebih ditingkatkan dan penghasilan pajaknya juga jauh lebih besar daripada para PKL-PKL yang nga jelas tempat tinggalnya itu pak. Kapan Pak Gubernur punya waktu untuk urusin tanah2 yang sengketa dan permohonan2 pembuatan IMB bisa segera selesai ?

    Warga2 yang ilegal gentayangan di Jakarta yang bikin rusuh, kumuh dan menempati tanah2 negara / orang lain secara ilegal mendingan ditangkepin dan suruh nyebur ke laut saja pak. biar mereka bangun komunitas baru di dalam laut saja. masih luas dan boleh suka2 koq hehehee… Ditunggu gebrakannya pak Gubernur. thanks.

  2. Setiap hari kita melihat banyak orang mencari pekerjaan dan banyak juga perusahaan buka lowongan hingga pasang iklan mahal-mahal di koran.

    Saya usulkan agar di setiap kantor kelurahan dan kantor kecamatan disediakan semacam papan pengumuman khusus untuk perusahaan (yang berdomisili di kelurahan atau kecamatan yang sama) guna merekrut tenaga kerja yang juga berdomisili di sekitar kelurahan dan kecamatan tersebut. Coba bayangkan betapa banyak efisiensi waktu dan bbm yang bisa dicapai jika pekerja berasal dari lokasi sekitar.

    Demikian juga dengan PKL, mereka seharusnya berdagang di kecamatan yang menjadi domisili mereka, jangan mengambil PKL yang ber KTP di Marunda, trus lapak PKL nya di Kalideres, dsb… Kata konci untuk mengurai benang kusut Jakarta adalah RAYONISASI.

  3. Kapan sih pastinya pasar benhil akan mulai di renovasi total? Saya dengar isu nya sudah sangat lama tapi tidak ada kepastiannya. Kasihan pedagang yang berjualan disana merasa terombang ambing tanpa kepastian. Ditunggu ketegasan PEMDA DKI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here