Tur Keliling ke Belitung Timur

9
130
BTP Bersama Wartawan di Belitung

Ahok.Org – Akhir pekan (14-15 Sept), Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengajak wartawan ke Belitung Timur, tempat kelahirannya. Dia mengajak wartawan untuk tur ke rumah orangtuanya.

Rumah keluarga Basuki terletak di Desa Gantong, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Rumah yang didominasi warna merah muda itu terlihat sangat menonjol jika dibandingkan dengan rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

Rumah dua tingkat itu memiliki banyak ruangan multifungsi, mulai dari penginapan hingga sanggar PKK.

Rumah yang kini ditempati oleh sang ibu, Buniarti Ningsih, dan adik Basuki, Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama, memiliki beberapa sudut dan ruangan.

Di lantai dua, terdapat ruang pertemuan yang kerap digunakan untuk berbagai acara dan kegiatan mulai dari rapat hingga halalbihalal. Saat Basuki dulu masih menjadi menjadi Ketua Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB), ruangan itu sering digunakan untuk pertemuan para anggota partai. Kini ruangan itu lebih sering digunakan oleh Basuri.

Di belakang rumah, terdapat kebun yang luas. Dulunya, area kebun itu ini dibuat kolam renang. Namun, karena pengerjaan yang tak kunjung usai, lahan tersebut dibiarkan begitu saja.

Selain kebun di belakang rumah, di sampingnya terdapat pendapa yang luas. Saking luasnya, pendapa tersebut kerap menjadi tempat warga Gantong menonton bola bersama. Seringnya listrik padam di Kecamatan Manggar tidak menjadi masalah sebab keluarga Basuki memiliki genset.

Namun, kini, aktivitas nonton bareng pertandingan sepak bola itu sudah tidak lagi dilakukan. Ruang luas tersebut dialihfungsikan sebagai galeri batik Simpor. Galeri tersebut dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK untuk membuat kerajinan khas Belitung Timur. Berbagai kerajinan sudah dihasilkan seperti suvenir, batik, baju, dan lain-lain.[Kompas.com]

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here