Jokowi: Setelah 24 Tahun, Akhirnya Proyek MRT Dimulai (Video)

8
103

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan pembangunan fisik stasiun Mass Rapid Transit (MRT) di Dukuh Atas, Jakarta Pusat.Setelah lebih dari dua dekade direncanakan, proyek moda transportasi massal ini akhirnya dibangun.

“Sudah 24 tahun warga Jakarta mimpi ingin punya MRT. Mungkin sudah banyak yang mimpinya hilang, karena tidak dimulai-mulai. Alhamdulillah hari ini akan dimulai groundbreaking fisik pembangunan MRT. Selesainya nanti 2018,” ujar Jokowi saat groundbreaking MRT di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013). Lokasi groundbreaking terletak di taman yang ada di seberang restoran Sizzler.

Dirut PT MRT Jakarta, Dono Boestami, mengatakan, dengan groundbreaking hari ini, maka proyek pengerjaan fisik MRT resmi dimulai. Untuk di Dukuh Atas akan dibangun stasiun bawah tanah. Saat ini akan dilakukan pekerjaan memperkuat dinding tanah sehingga pada saat penggalian nanti jalan di atasnya tidak longsor atau bergeser.

“Ini langsung dikerjakan retaining wall atau memperkuat dinding. Pengerjaan penguatan dinding tanah tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Diperkirakan pada 2015 tunnel boring machine (TBM) baru masuk tanah,” kata Dono.

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan berharap MRT dapat mengurangi kemacetan di Jakarta karena masyarakat mempunyai pilihan angkutan massal yang nyaman dan aman.

Dijelaskannya, megaproyek ini dibiayai oleh APBN dan APBD melalui pinjaman lunak dari Japan International Coorporation Agency (JICA). Anggaran yang dibutuhkan sebesar 140 miliar yen. Pinjaman dari JICA sebesar 125 yen, sementara sisanya atau sebesar 15 miliar yen menggunakan APBD DKI.

“Pinjaman yang diberikan sebesar 125 miliar yen. Yang akan kita kembalikan dengan bunga lunak selama 40 tahun. Namun Pemprov DKI, bukan tidak punya andil dalam pembangunan. Karena biaya pembangunan mencapai 140 miliar yen. Sementara 15 miliar yen ditanggung oleh DKI. Digunakan untuk pembebasan tanah, dan bayar pajak. Kita harapkan berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua,” jelasnya. [Detikcom]

“Akhirnya… Jadi Juga Jakarta Punya MRT”

Pembangunan Fisik MRT Resmi Dimulai

Video:

8 COMMENTS

  1. SELESAI 2018
    .
    Berarti macet parah sampai 2018.
    Periode 2013 – 2018 akan menjadi puncak pertambahan jumlah orang Jakarta yang menjadi stress karena macet….

  2. Sebelum makin macet lagi nantinya. sebaiknya jalur alternatifnya segera di benahi dulu. agar lebih lancar. 1 Kalau ada lubang segera di tambal. kalau ada penyempitan jalan segera di lebarkan. 3 kalau ada tikungan yang terlalu tajam di lebarkan, dll sehingga tidak terlalu parah sekali macetnya

  3. ini transportasi cuma 1 jalur dari lebak bulus ke bunderan HI tapi harganya 15.000 sudah pasti sasaranya orang yang menengah atau punya mobil tapi mobilnya hanya tipe Xenia, Avanza dan kawan”nya. orang yang punya motor pasti beralih ke TransJakarta lebih baik uang 15 Triliun itu buat beli Bus Transjakarta kalo 1 Bus gandeng harganya 3,3 miliar berarti 15 triliun bisa buat beli 4500an Bus gandeng bayangin udah pasti kalo nungu di halte 1 menit sekali ada busnya

  4. pak ahok, saya punya usul, kalau stasiun mrt di jalan fatmawati, terintegrasi dengan pasar

    jadi stasiunnya ada di pasar mede, itc fatmawati, pasar cipete & pasar blok a. sehingga pasar2 bisa jadi lebih hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here