Sejumlah Sekolah di Jakut Miliki Alat Pemanen Air Hujan

4
76

Ahok.Org – Harapan sejumlah sekolah di Jakarta memiliki fasilitas pemanen air hujan (Rain Water Harvesting), akhirnya bisa terealisasi. Berkat alat buatan civitas akademika Unika Atma Jaya yang bekerjasama dengan perusahaan otomotif nasional, SMPN 122, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, kini bisa memiliki alat pemanen air hujan yang ramah lingkungan. Terlebih, selama ini sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 770 orang itu kesulitan air karena berada dekat laut.

Selain di SMPN 122 Kapuk Muara, fasilitas serupa juga dibangun di SDN 05/06 Kapuk Muara yang terletak di sebelahnya. Sebelumnya bekerja sama dengan salah satu perusahaan swasta, Unika Atma Jaya, Jakarta, pada tahun 2013 ini juga membuat fasilitas yang sama di SMPN 120 Kamal, SDN Kamal Muara 01/02 dan SDN Pejagalan 01/02, Jakarta Utara.

Fasilitas pemanen air hujan ini, merupakan teknologi sederhana yang menggunakan bak sebagai penampungan air hujan. Di dalamnya dilengkapi dengan sistem penyaringan sederhana yang terdiri dari ijuk, karbon aktif dan zeolite

“Air di sini kotor, kadang kadar airnya suka berwarna merah. Dengan adanya fasilitas ini kita bisa menikmati air bersih, bahkan airnya bisa dikonsumsi untuk minum setelah dimasak,” papar Tuju Widodo, Kepala Sekolah SMPN 122, Kapuk Muara, Sabtu (12/10).

Sejak sekolah didirikan hingga saat ini, Tuju mengaku, belum ada fasilitas air bersih yang masuk ke sekolah. “Kita sudah mendaftar untuk dialiri air dari PDAM, fasilitas instalasi di sekolah pun sudah kita siapkan. Tapi sampai sekarang sambungannya belum dipasang,” tukasnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, memberi apresiasinya terhadap pembuatan instalasi pengolahan air bersih yang dilakukan oleh pihak swasta tersebut. “Saya kira ini sangat positif ketika perusahaan melakukan CSR di bidang-bidang yang langsung menyentuh kesehatan anak-anak. Kita lihat di sini anak-anak juga dilatih menjaga kebersihan,” ujarnya.

Basuki berharap para pelaku usaha juga dapat membantu persoalan sampah di sekolah. Karena persoalan sampah tidak hanya tanggung jawab Pemprov DKI semata.

“Tindakan seperti inilah yang akan menolong kita membangun Jakarta dengan lebih cepat,” tegasnya.[Beritajakarta]

4 COMMENTS

  1. yth pak ahok, seharusnya semua gedung di jakarta harus disosialisasikan untuk meggunakana sisten panen air hujan ini supaya menjaga kualitas dan kuantitas air tanah di DKI terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here