Warga Petogogan Berterima Kasih Jokowi Bangun Kampung Deret

2
57

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan penataan Kampung Deret di RW 05, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (31/10/2013) siang. Warga mengaku, penataan kampung itu merupakan perwujudan mimpi warga setempat yang tertunda.

Suroyo, sang ketua RW sempat menceritakan sejarah keberadaan kampung tersebut kepada Jokowi. Semula, kampung itu seluas 10 hektar dan warga yang ada di dalamnya bekerja di satu pabrik yang berada di wilayah tersebut. Setelah pabrik tutup, warga masih menempati daerah itu hingga khirnya jadi permukiman padat penduduk.

“Kita punya mimpi, kampung ini tertata jadi baik. Tahun 2005 kita adakan sayembara untuk menata kampung, siapa yang mau bantu nata,” ujarnya.

Sayangnya, mimpi warga tak dapat terwujud di tahun tersebut. Dari empat kelompok warga yang memberikan konsep penataan kampung, tidak ada satupun yang disambut oleh pihak investor.

“Nah, ternyata mimpi warga sini baru terwujud di tahun 2013 ini. Terima kasih Pak Jokowi,” ujarnya.

Diakui Suroyo, proses negosiasi antara warga dengan Pemerintah Provinsi DKI pun tidak semulus yang diharapkan. Ada warga yang meminta ini-itu yang tentu jadi pertimbangan Pemprov DKI menyetujuinya atau tidak. Di kawasan tersebut, akan ada 123 hunian yang akan ditata.

Mekanismenya, satu kepala keluarga akan diberikan uang sesuai dengan perencanaan semula untuk menata rumahnya. Skema pemberian uang itu pun tak diberikan sekaligus. Pemerintah, melalui pendamping dari konsultan, memberikan uang dengan tiga termin. Tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan 20 persen.

Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan, penataan kampung di Petogogan merupakan awal penataan kampung di wilayah Jakarta lainnya. Setidaknya, ada 25 titik kampung lagi yang akan ditata.

“Ini awalnya. Mudah-mudahan dua bulan rampung paling mundur-mundur tiga bulan,” ujar Jokowi.[Kompas.com]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here