Soal Keluhan Macet SBY, BTP Santai

16
176

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku tidak tersindir dengan ucapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengatakan bahwa kemacetan merupakan urusan kepala daerah masing-masing. Menurutnya, SBY sudah lama mengomentari soal kemacetan Jakarta.

“Enggaklah. Pak SBY kan sudah mulai ngomong ini dari zamannya Pak Fauzi Bowo. Enggak nyindir menurut saya,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Basuki menjelaskan, SBY telah menugaskan Gubernur Jokowi dan dirinya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah lama yang belum terselesaikan, yaitu kemacetan. Selain itu, Wakil Presiden Boediono juga selalu mendukung langkah Pemprov DKI dalam mengatasi kemacetan.

Basuki sebelumnya juga mendukung kebijakan mobil murah yang dikeluarkan oleh pemerintahan SBY. Pada saat Pemprov DKI sedang menyiapkan pengadaan sejumlah transportasi massal pada akhir 2013 dan awal 2014 untuk mengurai kemacetan Jakarta, PP Nomor 41 Tahun 2013 tentang Regulasi Mobil Murah atau low cost green car (LCGC) malah keluar.

Dengan peraturan tersebut, mobil dengan kapasitas di bawah 1.200 cc dan mobil yang mengonsumsi bahan bakar setidaknya 20 kilometer per liter dipasarkan jauh lebih murah dengan perkiraan harga mencapai Rp 100 juta saja.

Basuki melihat kebijakan pemerintah pusat lainnya tentang transportasi dan antisipasi kemacetan Ibu Kota mendukung kebijakan Pemprov DKI. “Buat ERP, pemerintah kasih PP, termasuk kereta api jalan layang, mereka bantu dan penambahan gerbong kereta api juga mereka bantu,” kata Basuki.

Sebelumnya, SBY mengatakan, seharusnya kepala daerah setempat bertanggung jawab soal kemacetan. Pernyataan SBY dilontarkan seusai mendapat keluhan dari pejabat tinggi negara lain soal kemacetan di Jakarta yang cukup parah.

“Yang harus jelaskan gubernurnya, wali kotanya. (Solusi dari kepala daerah) Begini Pak, konsep kami. Pemerintah pusat bisa membantu, memberikan kemudahan-kemudahan. Efeknya kan banyak sekali macet 3 jam, 4 jam,” ujar SBY.[Kompas.com]

16 COMMENTS

  1. sapa bilang pak Ahok gak bisa sopan, tuh buktinya ama presiden aja sopan, pak Ahok kan dirasa kasar ama yg mau mencari keuntungan pribadi aja, ama yg lain mah biasa biasa aja tuh 🙂 yg gak senang berarti yg korupsi dan merasa dirugikan selama satu tahun ini dah kelihatan jelas

  2. good job pak Ahok play save.

    emang benar sih kebijakan mobil murah bisa ditangkal dengan kebijakan ERP atau kebijakan lainnya, atau kebijakan khusus jakarta bbm harus pertamax heheheh dan banyak lagi kbijakan yang lain tinggal sharing dgn negara lain yg mengalami hal sama.

    Jadi kambing hitam sebenarnya adalah si pokemon lamban kerjanya.

  3. Dulu saya kira Demokrat yang nyalahin Jokowi hanya oknum saja.
    Ternyata setelah Pak Ketua Umum angkat bicara udah ketahuan kalo nyalahin Jokowi adalah program partai Demokrat persiapan pemilu 2014.

    • Repotnya kalau Presiden bukan negarawan. Seharusnya jika sudah jadi presiden ya untuk semua masyarakat. Kalau Pak Ketua Umumnya begitu gimana bawahan/anggota yang lainnya? Tampaknya pemilu 2014 Partai Demokrat bakal “jeblok”. Terlalu banyak keluhan dan komentarnya yang jadi bumerang.

  4. Jakarta macet??
    .
    Itu mah biasa lah.
    .
    Orang-orang kita udah terbiasa macet di jalanan, udah terlatih.
    .
    Terlatih dalam selap-selip kendaraannya, terlatih sabar, kepanasan, gesit di jalan dst.
    .
    Terlatih.
    .
    Dan bagi yang suka berkata, “Wadduhh macccett..” itu artinya belum terlatih di jalanan. Ngga terbiasa hidup di jalanan. Tapi terlatih juga lho ..
    .
    Lho? Terlatih apanya?
    Terlatih berteriak, protest soal macet hahaha..

  5. Hehehe…sedikit bercanda bro…jgn ambil hati…begini nich….orang jakarta itu kalau sehari ngak macet ngk bisa hidup bro…buktinya begini…setiap hari libur pasti daerah yg macet seperti puncak dan bandung yg jadi sasaran warga DKI…jelas sudah warga DKI butuh kemacetan….yg ribut soal macet itu kebanyakan bukan warga DKI…

  6. Tumben pak ahok gak keras nanggapin koment yg memojokkan begini, knpa gak merasa tersindir pak? Gak capek buat program penangkalan akibat kebijakan pusat yg amburadol?

    Note: lucu tp setuju komet optimist

  7. lha wong…anak buah andalanx skg br JWBTP bt ngehandle muacet…RI1 dh ngeliat progresx…so,doi ngarep bgt DKI12 stepbystep handle damn traffic.

    byk progess,mis p3an pasar minggu..dh lancar,peron stasiun dh ky dbelande..

    wajar bgt doi nyampein uneg2 macet

    GBU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here