Basuki Selidiki Pungutan Liar PKL Monas

18
164

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sedang menyelidiki adanya pungutan liar oleh personel Satpol PP kepada pedagang kaki lima (PKL) Monas.

Sebab, menurut Basuki, para PKL itu menolak direlokasi karena telah membayar sejumlah uang kepada pihak aparat. “Kita lagi selidiki, karena pedagang-pedagang itu enggak mengerti kalau mereka salah kan,” kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Lantaran merasa sudah membayar sejumlah uang, para PKL itu merasa keberadaan mereka di Monas diizinkan pemerintah. Padahal, keberadaan mereka di lokasi tersebut telah melanggar peraturan daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

“Kalau kamu sudah terima upeti dari saya, masak masih mau mengusir saya, gitu kan? Kalau dia sudah bayar kan, dia ngerasa enggak salah juga,” kata Basuki.

Sebelumnya, Satpol PP terlibat bentrok saat melakukan penertiban PKL yang berjualan di kawasan Monas. Bentrokan itu terjadi lantaran PKL menolak ditertibkan petugas. Penertiban itu dilakukan setelah apel untuk pengamanan kawasan Monas.

Rencananya, di kawasan tersebut akan dihelat pergelaran Festival Keraton Sedunia. Namun, ternyata penertiban berubah menjadi ricuh. Akibat kericuhan tersebut, tiga orang personel Satpol PP mengalami luka di bagian kepala dan dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, PKL juga mengaku menolak penertiban karena telah memberikan uang tidak resmi kepada koordinator satpol PP bernama Iwan. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso membantah adanya pungli oleh aparatnya kepada PKL Monas. Pungli itu merupakan alasan klasik saat Satpol PP melakukan penertiban. “Buktikan dan tunjukkan saja mana pelakunya,” kata Kukuh.[Kompas.com]

18 COMMENTS

    • mengatur PKL itu bukan hal yg mudah mereka dpt berpindah-pindah tempat. memang perlu ada aturan yg tegas tapi manusiawi. misalnya ditempat2 yg dipasangi rambu dilarang berjualan berarti disitu tidak boleh ada yg jualan dan untuk pkl yg sudah ada mereka diberi tempat yg sudah ditata peruntukannya. kebanyakan kalo PKL yg jual makanan mungkin disetiap gedung perkantoran bisa dititipkan beberap PKL yg jualan didalam area gedung perkantoran dan begitu juga di mal-mal.

  1. Kalau urusan dengan orang2 yang merasa dirinya sebagai orang kecil sudah bukan pake kepala lagi untuk mikir solusi, tapi udah adu otot. alasannya itu soal urusan perut. Makanya, sama orang2 seperti PKL jangan pernah diperbolehkan dagang di kawasan monas. sekali dikasih kesempatan, begitu terus slalu akhirnya.

    Di negara2 maju dan teratur, tidak ada pkl. yang ada orang jualan dengan kios2. tertata rapih. kalau PKL kan come and go mulu. Pak Gubernur apa kurang cukup dapat pelajaran dari para PKL ini to pak ?

    • Setujuuuu. Hapus aja sekalian PKL di Monas kecuali kalau ada event tertentu.

      Begitu dikasih ijin sekali, Monas bakal jadi Tanah abang ke 2 yg diduduki PKL.

      Harganya juga kagak masuk akal.
      Ketoprak 20 ribu…. Padahal tampilan amit2.

  2. udah pak ahok, untuk kali ini yg terkahir kali lah..mereka jualan..tapi besok pada hari dan tanggal 5 Desember 2013..itu terkahir buat mereka..ga ada lagi yg jualan di monas titik..ini aturan..dan selidiki oknum satpol yg main terima pungli….kalo ketemu pecat aja..penjarakan..karena itu sudah pidana..yg kedua..PKL kasi kios atau kantong PKL yg g strategis..tapi jgn di monas..monas harus steril dr PKL..kalo PKL yg masih bengal..penjarakan saja lah..

  3. Pak bagaimana jika PKL di jakarta, diberikan KTP (kartu tanda PKL), bagi yg tdk memiliki KTP dianggap illegal. Jadi di KTP tersebut ada keterangan tempat dia berjualan, jika berkeliling, daerah mana.
    saat penerimaan KTP, mereka diberikan penjelasan apa saja kewajiban mereka, jika membayar retribusi harus di kantor/bank, jangan di oknum

  4. kan sudah jelas pak, itu ga boleh berjualan disana, solusi yang paling tepat adalah menyediakan tempat khusus bagi mereka di sekitaran monas , paling tidak mereka ga berjualan lagi dan buat larangan untuk tidak berjualan lagi.

  5. ini bukan PKL tetap, jadi susah diberi identitas, ini PKLspanyol (sepro nyolong) bisa hari ini jualan besok udah ga ada lagi… yg tegas aja larang buka lapak di kawasan Monas !!, lihat aja didepan pintu PKL kuliner ….

  6. Mantap ahok bersihkan aparat umumnya, khususnya Satpol PP dari pungli PKL agar PKL tdk ngenyel ketika ditertibkan,pungli itu bisa benar cuma pembuktiannya yg agak sulit,sebab itu pak ahok bisa sekali2atau suru orang blusukan cari bukti “bukan dimonas saja tetapi seluruh wilayah DKI umumnya Indonesia,biasanya sore hari/malam oknum2 itu keliling dgn mobil dinas atau motor PKL sdh pada ngerti utk harian,lain lagi utk sewa lapak/tahun dan iyuran bulanan khususnya dari kecamatan/kelurahan”.bravo ahok

  7. Harga makanan PKL Monas gak masuk akal.
    Ketoprak 20 ribu booo. Teh botol 7 ribu.
    Udah gitu bikin taman jorok dan kotor.

    Mending dihilangin aja daripada kualitas gak higienis tapi harganya beda dikit dengan mall plus bikin males liatnya.

    • Udah liat foto nya? cara mrk bikin es teh manis yg dijajakan keliling pake gelas plastik? hehehehe jamin sakit perut….
      Gelas bekas, es air mentah tdk higienis pula penanganannya, air teh nya gak jelas juga….

  8. Benar tuh kata pak ahok banyak PKL yg bayar sama sapol pp tp bukan satpol aja orang kelurahan juga sama RT RW juga sama membiarkan PKL, semuanya dapet jatah sih tolong diperhatikan juga daerah jembatan lima, asmka, petak baru jakarta barat tambora banyak PKL padahal ada tempat penampungan nya semua bikin macet

  9. waktu saya jalan jalan di kebun lihat seorang bapak ambil buah jeruk dan di buang terus saya tanya kenapa di buang pak.terus bapak menjawab satu pohon jeruk bisa mendapat ratusan buah jeruk tentu tidak semua yang bagus.makanya sejak dini kita singkirkan buah yang ada penyakitnya.supaya tidak ketular buah yang baik.nanti kita panen tentu hasilnya bagus.kira kira gitulah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here