Kritik dan Pujian Basuki untuk Media “Online”

2
61

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengkritik keberadaan media onlineyang memberitakan suatu hal tanpa mengonfirmasi seluruh isinya. Meski demikian, Basuki mengapresiasi media karena telah menyampaikan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI.

“Sekarang zamannya berita online. Mereka mengambil quote depannya doang, kan jadi masalah,” kata Basuki saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema “Sesaknya Opini Negatif Pemerintah di Media Sosial” di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Perkembangan teknologi itu itu menginspirasi Basuki untuk melakukan transparansi kegiatan di Balaikota Jakarta. Salah satu transparansi itu adalah dengan merekam secara utuh rapat dan kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur, lalu diunggah di Youtube. Video itu juga untuk mengantisipasi lebih berkembangnya lagi opini yang beredar di masyarakat.

Sebelum ditayangkan di internet, video kegiatan Pemprov DKI itu diseleksi. Apabila ada kegiatan ataupun rapat yang menyinggung sebuah keluarga ataupun perusahaan, maka Basuki memutuskan untuk tidak mengunggah video tersebut ke publik. Hal itu untuk melindungi privasi dan kepentingan keluarga atau perusahaan yang bersangkutan.

Di sisi lain, Basuki juga mengapresiasi peredaran media online di Indonesia. Menurut dia, media online pula yang membesarkan nama Jokowi-Basuki dan rutin menyampaikan segala kebijakan yang dilakukan Pemprov DKI.

“Saya lihat kalau di berita online itu bisa sampai 2.500 berita tiap bulannya. Itu berita tentang saya saja, belum kalau ditambah berita Pak Jokowi bisa sampai 5.000 berita, ha-ha-ha,” kata Basuki.

Melalui media online pula, pria yang biasa disapa Ahok itu dapat mengetahui respons masyarakat atas sebuah kebijakan. Komentar-komentar pembaca online tersebut membuat Basuki mulai memperbaiki sikapnya yang keras. Ia mengakui, sejak memimpin Jakarta bersama Jokowi, sikapnya telah berubah menjadi lebih lunak dari sebelumnya.

“Kami bersama Pak Jokowi menjadi model showcase untuk melawan stigma bahwa tidak ada pejabat yang jujur, melayani, dan berkorban,” ujar Basuki. [Kompas.com]

2 COMMENTS

  1. pakde JW & pakwo BTP !

    kite2 warga jakarta dah iklas&s7 kl income ente min @ Rp5miliar/bulan !

    sangat wajar sx dg keringat ‘darah’ + taruhan nyawa !

    GBU JWBTP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here