Jokowi Yakin DPRD DKI Sahkan RAPBD Tepat Waktu

3
87

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo optimistis DPRD DKI Jakarta mengesahkan RAPBD atau Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2014 tepat waktu. Keyakinannya itu berdasarkan jawaban dirinya terhadap pandangan fraksi yang disampaikan ketika paripurna beberapa waktu lalu.

“Rampunglah, masa gitu saja tidak rampung. Optimistis rampung,” ujarnya ditemui seusai rapat paripurna jawaban Gubernur terhadap pandangan fraksi di Gedung DPRD DKI, Jumat (6/12/2013).

Diketahui, Jokowi menyampaikan RAPBD dalam paripurna di DPRD DKI pada 3 Desember 2013. Tanggapan fraksi-fraksi atas RAPBD itu disampaikan 4 Desember 2013. Gubernur DKI pun menjawab pertanyaan fraksi dalam paripurna Jumat sore ini. Jokowi mengaku telah menjawab dengan baik pertanyaan DPRD.

“Kita harap setelah pembahasan di fraksi sudah selesai langsung dilanjut ke rapat di komisi. Kita harap sih cepat selesai,” ujarnya.

Harapan senada juga diungkapkan Ketua DPRD Jakarta Ferrial Sofyan. Meski waktu pengesahan terbilang mepet, ia berharap para wakil rakyat Jakarta, baik di fraksi maupun komisi-komisi, bisa segera mungkin membahas RAPBD dan melakukan koreksi.

“Masih butuh waktu pembahasan di komisi dan badan anggaran. Waktunya mepet, tapi kita usahakan tahun ini selesai,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menetapkan RAPBD 2014, yakni mencapai Rp 69,50 triliun. RAPBD itu mengalami peningkatan Rp 19,39 triliun atau 38,7 persen dari APBD Perubahan 2013 ini yang hanya mencapai Rp 50,1 triliun.[Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. masukan buat pak Jokowi, untuk rancangan APBD 2015 sebaiknya diserahkan ke DPRD bulan September/Oktober, jadi segala tanggung jawab hanya di DPRD, kan semua mata anggaran menggunakan e-katalog, jangan semua malah dimulai dari penjabat-penjabat pemprov DKI sendiri membuat semua jadi wacana dan semua proyek molor… 😀

  2. pendapatan apbd naik… korupsi berkurang. cepat di acc dprd…. belanja pake e catalog… wuiihhh kecepatan tinggi nih.. nitip aja…. itu jalan tembus dari bakin belakang volvo sampe lewat statiun pasar minggu biar jalan lancar.. biaya dikit efek tinggi….

  3. Pak, bapak dapat menggunakan berbagai macam dana tersebut, untuk:
    A. PENELITIAN TENTANG KENDARAAN LISTRIK
    B. ANGKUTAN UMUM TRANSPORTASI MASSAL
    C. MASALAH BANJIR
    D. KARYA SENI BUDAYA JAKARTA
    E. BAGUNAN2 / KESENIAN SEJARAH BETAWI
    F. KEAMANAN
    G. MASALAH MACET
    H. MASALAH WARGA DAN ANAK KECIL YANG TAK TERURUS / TERLANTAR
    I. RUANG TERKBUKA HIJAU
    J. UTANG BANGSA INDONESIA
    K. PLTU (saya lebih menyarankan PLT dari Uap / panas bumi, karena Indonesia memiliki 60 % panas bumi dari seluruh dunia)
    L. PERBAIKAN PRASARANA/ SARANA UMUM
    M. PENATAAN RUANG JAKARTA
    N. TEMPAT SAMPAH(Jgn terusan numpang di Bantar Gerbang, Bekasi, diolah menjadi barang berguna/ Mendirikan Lembaga Pengolahan Limbah)
    O. TEKNOLOGI
    P. INTERNET
    Q. IMPOR DAN EKSPOR
    S. BUNGA BANK(Diturunkan, sanggat membebankan masyarakat hingga bunga bisa naik menyentuh angka 9 %)
    T. AIR BERSIH
    U. SEKOLAH DAN UNIVERSITAS MENJADI TERBAIK
    V. PENCEMARAN UDARA, AIR, DAN TANAH
    W. PEMILIHAN / TPS
    X. HARGA SEMBAKO / MAKANAN
    Y. HUBUNGAN LUAR NEGERI
    Z. UPAH MINIMUN PERKEJA DI JAKARTA DIturunkan jadi 1,5Jt – 2Jt(Kasihan para pengusaha, dan Investor asing jadi tidak berminat)
    Itulah daftar A-Z Yang harus bapak pertimbangkan, dan masalah yang masih ada di Jakarta. Bapak harus pintar2 membuat RAPBD
    Pengamat Perubahan Ibu Kota Negara, William. T.K.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here