Ketika BTP Jadi “Supir” New Metromini

22
222

Ahok.Org – Bak seorang sopir metromini andal, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjajal bus prototipe “New Metromini” yang diparkir di depan Balaikota Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Saat masuk ke dalam bus, pria yang akrab disapa Ahok itu langsung duduk menuju kursi pengemudi dan langsung memegang kendali setir. “Ayo mau ke mana kita? Aku enggak punya SIM A, SIM aku B1 (truk) lho,” kata Basuki saat mencoba bus “New Metromini”, di Balaikota Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Tangannya pun langsung memutar setir dan mencoba menarik tuas transmisi. Ternyata, ia langsung memutar kunci dan menyalakan mesin bus “New Metromini” itu. Melihat kondisi awak media yang berlomba mengambil momen saat Basuki menjadi sopir, putra daerah Belitung itu langsung mengimbau media untuk berhati-hati dan jangan sampai menyenggol tuas transmisi. Sebab, apabila tersenggol sedikit saja, busnya akan bergerak maju.

Lebih kurang lima menit Basuki “alih profesi” menjadi sopir metromini. Sesekali ia mengeluarkan guyonan ala sopir metromini. “Kalau sopir biasanya begini kan, ngerokok duduknya nyamping begini, ha-ha-ha,” kata Basuki seraya menyampingkan duduknya dan menyimpulkan kedua tangannya bak seorang sopir yang sedang merokok.

Salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang transportasi, PT Citibus Intermoda, menawarkan konsep pengelolaan baru terhadap manajemen angkutan umum metromini kepada Pemprov DKI Jakarta.

Presiden Direktur PT Citibus Intermoda Marulam Hutabarat menawarkan sistem setoran harian dengan manajemen yang berdasarkan best market practice good corporate governance.

Dalam sistem baru itu, lanjut dia, Citibus menggaji para pengemudi dan kernet dengan gaji bulanan di atas upah minimum provinsi (UMP). Selain itu, pengemudi dan kernet akan mendapatkan jaminan asuransi kesehatan, Jamsostek, dan bonus prestasi.

Dengan demikian, Marulam mengklaim apabila DKI dan metromini menerima tawarannya, maka sebagai operator akan mengutamakan kesejahteraan para pramudi. “Dengan sistem tata kelola yang baru ini, kami ingin memastikan para penumpang merasa aman, nyaman, tepat waktu, tidak ada lagi sopir tembak, ugal-ugalan, dan ngetem sembarangan,” kata Marulam.

Di samping itu, PT Citibus Intermoda juga akan membiayai 100 persen peremajaan metromini tanpa mengambil alih kepemilikan. Sehingga, para pemilik metromini dapat memiliki unit-unit kendaraan yang sudah diremajakan.

Nantinya, pengelolaan operasional sepenuhnya diberikan kepada Citibus dan berikutnya diterapkan sistem bagi hasil dengan para pemilik metromini. Program peremajaan bus tersebut berjalan secara bertahap dalam kurun waktu selama lima tahun dengan total target 3.000 unit dan diimpor dari China.

Adapun kapasitas penumpang mencapai 40 orang dengan tempat duduk untuk 22 orang. Bus-bus baru tersebut akan dilengkapi dengan pendingin udara, televisi, Wi-Fi, dan sistem global positioning system (GPS).

PT Citibus Intermoda juga telah memiliki pul di kawasan Tangerang Selatan seluas 5 hektar. Rencananya, ia juga akan mencari pul baru di Jakarta agar lebih terhubung dengan trayek masing-masing.[Kompas.com]

Aksi Ahok `Sopiri` New Metromini

22 COMMENTS

  1. Satu hal penting yg perlu diperhatikan ama pemprov DKI gimana membuat suasana dlm bus tetap bersih, nyaman dan indah setiap harinya. Kekurangan yg ada dikita biasanya kebersihan dan perawatan itu tdk mendapat perhatian serius. Demikian juga dgn halte halte bus atau halte transjakarta.

  2. sudah waktunya transport umum sekelas metromini dan taxi, harus dikelola management yg baik dan bukan perorangan!!!

    Hapus metromini/kopaja abal-abal, dengan perbandingan yg jelas, masuk metromini/kopaja yg baru 10 unit, segera hapus pula metromini/kopaja yg lama/abal-abal.

  3. Kalau melihat posisi pintu keluar/masuk bis ini, sepertinya ada yang salah. Seharusnya pintu untuk masuk halte bas way berada di sisi kanan, bukan kiri. Dan pintu sebelah kiri harusnya bisa digunakan untuk keluar di halte biasa, kecuali bis ini diperuntukan khusus untuk feeder bus way. Idealnya dibiasakan penumpang masuk dari depan dan turun dari belakang.

  4. Pak Ahok,jika busnya sudah datang mohon buat MoU atau semacam perjanjian dengan metromini atau yang menaungi agar kedepannya jika perawatan bus tidak baik pemprov dapat memberikan sanksi.

    dan untuk kenyamanan di dalam busnya mohon diberlakukan seperti bus transjakarta di mana di dalamnya ada dua atau tiga petugas yang berjaga..

    serta jika bus-bus sudah tambah banyak buat iklan pak tentang bus/transportasi umum seperti iklan pemprov tentang sampah di youtube.

  5. Memang anda cerdas punya integritas dan kredibel. Namun seperti gading yang tak retak bang ahok harus jaga perasaan gerindra yang mau tak mau atau suka tak suka anda harus menyadari, terutama prabowolah yang membuat anda seperi sekarang ini. Jangan sampai dianggap tidak berbudi. Juga soal wacana pencapresan jokowi sebaiknya jangan memberi kesan mendorong. Diam lebih bijaksana. Sebab jika kesannya anda senang jokowi mencalonkan (nyapres) sedangkan bos anda juga berambisi dan jika jokowi maju kekalahan prabowo lebih pasti kemudian anda senang karena menjadi dki 1 bukankah itu mendegradasi diri sekaligus mendeklarasikan anda sebagai brutus from belitung

  6. gede bener ya bis nya? apa ini buat gantiin metromini yg seenaknya ngambil jalur lawan, lalu masuk lagi ke kemacetan?

    Entah apa yg ada di kepala sopir dan kernet nya……..mutlak di didik ulang dan didisiplin kan mereka.

  7. tarik mang ahok… kocak bener gaya ente jd makin terhibur aja nhe rakyak dng tingkah pola anda hahaha… kalau bisa buang aja kelaut metromini and kopaja yg udh kyk zombie dijalan…atau lsng dikiloin aja sm tkng loak… klo supir yg suka ugal2 dan ngetem smbarangan mesti ditatar dlu diguntur atau dipekerjakan jd apa gto yg penting jng pd nganggur kasian anak dan istri mereka, gue yakin pemprov DKI skrg berbaik hati msh memikirkan rakyat kecil. i love ahok

  8. Bisa gak ya, setiap bis yg masuk pool 1 putaran, itu langsung di cuci. bikin semprotan spt portal samping dan atas bus, diguyur air sabun.

    Lalu anak jalanan/pengangguran dipekerjakan, cuci luar dalam nya bersihkan.

    Sudah saatnya rakyat bisa memelihara asset nya sendiri.

    Tapi harus ada penanggungjawab nya.
    Biar jelas!

  9. Untuk New Metromini saya usul kalau kendaraan ini masuk jalur busway pintu untuk turun penumpang cocok tapi kalau kendaraan ini bisa masuk ke jalan2 sempit untuk pintu turunnya tidak sesuai maka harus dibuat in tangga otomatis yang bisa turun dan menutup sendiri.

  10. Di negara2 maju seperti Hongkong, macau, Korea, Jepang, warganya tidak bangga dg mobil pribadi, malahan mereka lebih senang naik bus karena pemerintah dan swastanya mampu membuat transportasi yg aman, nyaman dan tepat waktu…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here