Basuki: Minta Rp 1 Miliar, Mana Mau Pindah ke Rusun

6
83

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan alasan warga Taman Burung menolak untuk dibongkar bangunannya. Menurut Basuki, sebagian dari warga Taman Burung merupakan pihak yang memiliki banyak unit kontrakan di kawasan itu.

“Mereka itu minta sampai Rp 1 miliar, mana mau kalau disuruh pindah ke rusun,” kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Tak hanya memiliki 1-2 unit kontrakan di atas lahan negara atau ruang terbuka hijau (RTH), warga memiliki hingga 30 unit kontrakan di Taman Burung. Apabila lahan Taman Burung tidak dibongkar sekarang, maka upaya Pemprov DKI menormalisasi Waduk Pluit semakin terhambat.

Atas permasalahan itu, Basuki mengatakan, warga penyewa lahan itu memang tidak menginginkan relokasi ke rusun. Warga tersebut dapat dipidana atas tindakan mereka.

“Lama-lama besok saya bangun rumah di Balaikota atau sewain tiap petak lahan, lumayan bisa tinggal di Merdeka Selatan. Kalau mau dibongkar tinggal minta ganti rugi Rp 1 miliar,” kata Basuki lagi.

Taman Burung, kata Basuki, merupakan sebuah ruang terbuka hijau (RTH) yang letaknya bersebelahan dengan Waduk Pluit. Daerah itu dijadikan sebagai daerah resapan. Kemudian, warga menjadikan Taman Burung sebagai tempat perlombaan atau adu burung. Seiring berjalannya waktu, ternyata para pemelihara burung itu membangun rumah di daerah tersebut.

Pada Kamis (12/12/2013) kemarin sekitar seribuan petugas satuan polisi Pamong Praja beserta tentara dan polisi membongkar 150 bangunan di taman dekat Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Tiga unit backhoe digunakan untuk meratakan permukiman yang masih ditinggali oleh 40 kepala keluarga di sana. Warga yang masih bertahan di lahan tersebut tidak menyangka bila pembongkaran tersebut dilaksanakan saat itu.

Mereka tidak sempat menyelamatkan semua barang-barang di dalam rumah. Mereka juga tak mendapat tempat hunian baru karena masih menunggu pemerintah memberikan kunci rusun.[Kompas.com]

6 COMMENTS

    • bgs donk turunin biar cepat bisa nyapres, kalo bisa ahok juga turunin sekalian biar bisa ikut wapres biar revolusi sekalian negara ini menuju keadilan sosial yang sesungguhnya ^_^

  1. sebagian orang yg ngaku warga DKI Jakarta kuasain lahan secara illegal, malah mau memeras pemprov DKI Jakarta … ini sudah tidak bisa ditolerir bahkan cara himbauanpun tidak mempan, apalagi dibacking wakil partai….harus dipidanakan! 🙁

  2. pemilik kontrakan di tanah negara laporkan ke polisi saja pak agar dipenjarakan sebagai pencuri/koruptor tanah negara,beitu juga juragan penguasa tanah pinggir kali ciliung data dan laporkan segera.bravo jb

  3. begini aja,biar adil yang kasih ijin membangun harus ganti rugi. Mungkin pejabat yang dulu yang kasih ijin, jadi pejabat yang kasih ijin harus mempertanggungjawabkan.

  4. ya ampun bodoh amat ya orang2 itu ga tahu diuntung pdhl pemprov DKI sdh berbaik hati, mereka itu mayoritas bkn warga DKI, saya aja yang warga DKI pengen bgt punya rusun pinus elok dan sudah daftar dr 2012 tp smp skrg blum dpt jg. masa mereka yg jelas2 pasti dpt koq ga mau…klo ga ada yg mau mendingan rusunnya disewa sm saya aja. i love ahok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here