Program Normalisasi Sungai dan Waduk Terkendala Ketersediaan Rusun

4
75

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, normalisasi sungai dan waduk harus menunggu pembangunan rumah susun (rusun) selesai terlebih dahulu. Meskipun sudah disiapkan rusun lengkap dengan fasilitasnya, kata dia, tak sedikit yang menolak dan menuding Pemprov DKI melanggar hak asasi manusia. “Apalagi kalau belum ada rumah susun, saya bisa dihukum mati dan dilaporkan ke PBB kali,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta akan mulai membebaskan lahan untuk pembangunan jalan inspeksi di sekitar sungai. Adapun untuk normalisasi akan dilakukan secara bertahap tergantung pada ketersediaan rusun.

Basuki mengatakan memiliki banyak foto yang memperlihatkan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh warga di bantaran sungai. Foto itu antara lain menggambarkan kondisi saluran air yang penuh sampah hingga menghambat aliran air dan menyebabkan banjir.

Untuk mengantisipasi banjir, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum DKI akan membuka semua pintu air saat berstatus Siaga III, termasuk Pintu Air Manggarai. Pemprov DKI tidak akan mengambil risiko dengan terus menutup pintu air dan limpahan aliran air ke Banjir Kanal Barat (BKB). Basuki menyebutkan, jebolnya tanggul BKB pada Januari 2013 disebabkan tidak dibukanya Pintu Air Manggarai.

“Tapi, risikonya, Pluit yang tenggelam. Makanya, kita perlu normalisasi, jadi nanti kita sikat semuanya tahun ini,” kata Basuki.

Selain itu, Pemprov DKI akan mengoptimalkan Cengkareng Drain dan Kali Angke melalui program Jakarta Emergency Drain Inisiative (JEDI). Pemprov DKI Jakarta bertugas membebaskan lahan dalam proses normalisasi tersebut.

Basuki mengatakan bahwa sebagian warga menolak pembongkaran tempat tinggal mereka meski mereka tidak memiliki sertifikat tanah. Peristiwa itu juga dialami warga Kampung Pulo di bantaran Kali Ciliwung. “Ya, memang ajaib. Makanya, warga Kampung Pulo pasti banjir tiap tahun, disuruh pindah enggak mau,” kata Basuki. [Kompas.com]

4 COMMENTS

  1. kebut pak ahok buat rusunnya jng hanya sekedar wacana, sudah bnyk org yang ngantri untuk dpt menyewa rumah layak huni, kami sudah bosan dng janji-janji bawahan pak ahok, semoga ini dapat segera terealisasikan. amin
    i love ahok

  2. Sisi utara dan timur waduk Pluit, tahun ini mesti selesai diberesin dan tahun depan udah ga ada urusan banjir, biar pemerintah pusat qq Kemen PU yg kerjain pake limit waktu pengerjaannya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here