Pekan Depan DKI Luncurkan e-catalogue

11
146

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meluncurkan sistem e-catalogue secara resmi pada pekan depan. Sistem baru ini diharapkan bisa meminimalisir proses lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemprov DKI.

“Kita akan launching e-catalogue akan dilaksanakan pada 27 Februari di Balai Agung. Dengan begitu, kita bisa meminimalisir proses lelang dalam pengadaan barang dan jasa,” kata Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Kamis kemarin.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menegaskan, sudah banyak barang yang dimasukkan dalam sistem e-catalogue mulai dari peralatan berat dan bahan pabrikasi seperti aspal dan beton hingga kendaraan angkutan sampah.

“LKPP juga memaksimalkan produk barang dan jasa yang dimasukkan dalam e-catalogue. Sehingga, Pemprov DKI  mendapatkan harga komoditas yang lebih baik dibandingkan dengan harga di pasaran,” tegasnya.

Ia menjelaskan, sistem e-catalog juga lebih transparan karena daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang dari penyedia ditampilkan secara elektronik.

“Dia kejar terus. Oke kok dia (LKPP) minta cepat. Yang sudah siap itu alat kesehatan, alat berat, mobil-mobil, lampu-lampu dan busway. Sama alat tulis mau disusul,” jelasnya.

Menurut Basuki, potensi penghematan anggaran daerah dengan diterapkannya sistem e-catalogue mencapai 24 persen. Alhasil, penghematan anggaran tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti pembangunan infrastruktur dan pendidikan.

“Kita akan terus dorong seluruh dinas dinas terkait untuk memakai e-catalogue,” tutur mantan Bupati Belitung Timur.

Untuk itu, Basuki menambahkan, pihaknya  akan menyusun peraturan mengenai kewajiban seluruh institusi yang ada di ibu kota dengan menggunakan sistem e-catalogue.

“Peraturan sudah dimulai berlaku 1 Januari 2014. Institusi yang menolak akan kena sanksi berupa pemecatan,” tandasnya.[Beritajakarta]

11 COMMENTS

  1. usulkan buat pergub baru setiap pabrik dan setiap produsen di DKI Jakarta wajib mendaftarkan harga dan Produknya ke LKPP pak ahok, jadi semua kebutuhan pemerintah daerah mudah membeli sesuatu tanpa seperti membeli kucing dalam karung lagi dan prosesnya juga cepat dan tepat guna serta tepat sasaran

    • betul bung lovemata LKPP sendiri kan juga udh nyebar undangan ke setiap produsen utk segera membuat penawaran produk mereka ke e-catalog dan jenis-jenis barang yang dipertimbangkan untuk dimasukan dalam e-catalog adalah barang-barang manufaktur yang tersedia di pasar dan yang “cukup sering dibeli oleh Pemerintah” nah kayaknya disini masih ada rawan permasalahan karena aturan evaluasi penawaran lelang klo nggk salah kan msh ada walau udh ada e-katalog spt contohnya peluang penawaran dgn harga terendah mungkin dari pemda ke produsen katakanlah DKI pengen beli truk sampah merek branded spt toyota atau hino dgn harga sekian dan lkpp minta toyota atau hino masukin produknya ke e katalog ternyata ada merek lain merek cina misalnya yg jauh lebih murah tp fitur sama dan dimasukan e-catalog dan gw cek di situs LKPP salah satu kewajiban produsen :
      1)Menjamin data harga yang disampaikan dibawah harga jual non pemerintah (umum) untuk tipe, spesifikasi dan kondisi yang sama;

      nah ini..kalau merek cina mungkin msh mau tapi produsen gede apa mau ikut mendaftar ke LKPP yg aturannya harga produk mereka harus lebih rendah dari harga jual non pemerintah (umum) yg ada produsen besar berkualitas bakalan byk yg males daftar e-katalog dptnya bakal abal-abal lagi mirip kasus busway kemarin mungkin disini tantangannya..

  2. Asal jangan main akal-akalan kayak launching groundbreaking Monorel, tentunya anda masih ingat….ingat rakyat memantau anda, bagaimana Itwilprov cuma melongo doang…

    • Bung hatori sptnya bukan akal2an sih,pak jokowi kan sistem kerjanya katanya kepengen yg real dan cepat yang penting keliatan dulu yg real kyk penataan waduk pluit walau baru 10% yg penting keliatan dulu secara fisik dan tinggal lanjutkan terus actionnya mungkin ini sama ground breaking dulu nanti tinggal melanjutkan hanya mungkin berbeda masalahnya tapi ya nggk pp walau tertunda yg penting pak jokowi ttp beritikad bangun monorel walaupun resiko dikritik udh ground breaking tp nggk lanjut2 malu2in tp sy msh percaya komitmen jokowi utk melanjutkan monorel toh semua buat rakyat juga kita tinggal pake lain halnya kalau sampai monorel dibatalkan atau tahun depan masih mangkrak misalnya barulah bisa dipertanyakan

  3. Pak Ahok tlg hati-hati karena tahun ini tahun politik,dan selaku pejabat publik sudah sewajarnya melakukan pengecekan akhir sebelum diumumkan ke publik agar terhindar dari Hal-hal yang tidak diinginkan,
    Dukung Pejabat Bersih.

    • Bung Yudi, bisa tolong beritahu kemana mau lihat bentuk e-catalog pemprov DKI yang dibuat LKPP ? saya ada temukan data dalam bentuk pdf. tapi tidak yakin apa itu yang dimaksud dengan e-catalog milik pemprov DKI. kalau betul iya, saya ngeri sekali melihatnya. trima kasih banyak sebelumnya.

  4. Semoga ini jadi langkah baik pak Ahok, sy tahu cara ini sudah diterapkan di surabaya dlm e budgeting, tp ga ada salahnya di ujicoba dulu, dan resiko” apa yg akan terjadi di kemudian hari..misalnya spec barang yg “kelihatanya” sama tetapi dimainkan oleh oknum, ato lainnya..san jgn lupa sanksi tegas bagi yg mencoba merusak sistem atau melanggar sistem, krn ini sifatnya tanpa ampun, sekali keliatan salah masukin data dll yg mengakibatkan penurunan kualutas brg yg dibeli, yg bersangkutan bs berujung pemecatan.terima kasih sekedar usulan.

  5. Pencalonan Capres Cawapres JOKOWI & CHAIRUL TANJUNG sebaiknya diumumkan Bu Mega 2 (dua) minggu sebelum PILEG 9 April 2014…supaya PDIP bisa dapat cukup suara di PARLEMEN buat dukung pemerintahan JOKOWI & CHAIRUL TANJUNG….JOKOWI jangan dipasangkan dg Jusuf Kalla, krn nanti kasihan Jokowi terlalu ewuh pakewuh dg seniorititas JK. Broavo JOKOWI + CT…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here