Soal Pelayanan Lurah dan Camat, Ini Kata BTP

3
122

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, hasil penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap lurah dan camat per Maret 2014 belum sesuai seperti yang diharapkan. Namun, kata dia, jika dilihat dari sisi pelayanan publik di kantor kelurahan dan kecamatan, mereka dinilai lebih baik dari pejabat sebelumnya.

Basuki mengatakan, konsep yang diinginkan Gubernur Joko Widodo telah terwujud. “Memang belum sesuai dengan harapan, tetapi sudah jauh lebih baik dari sistem yang lama. Sekarang sudah terasa berbeda. Jadi konsep Pak Gubernur menjadikan kantor pelayanan di DKI seperti perbankan sudah terwujud,” kata pria yang akrab disapa Ahok ini di Balaikota Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Lebih lanjut, kata Ahok, lurah dan camat yang mendapatkan nilai memuaskan akan mendapatkan prioritas untuk mendapatkan promosi ke jabatan yang lebih tinggi, seperti menjadi asisten deputi gubernur, wakil kepala dinas, hingga wali kota.

“Kalau yang memiliki nilai jelek atau kurang baik, akan diprioritaskan untuk memperoleh pembinaan untuk perbaikan. Artinya, mereka masih diberikan kesempatan kedua untuk memperbaiki kinerjanya,” jelas Basuki.

“Kalau tidak bagus juga, ya kita pindahkan ke tugas lain yang lebih sesuai dengan kemampuannya,” katanya lagi.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, rata-rata warga Jakarta menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan lurah dan camat di wilayah mereka. Menurut Karmayoga, secara rata-rata masyarakat Jakarta menilai kinerja camat dan lurah saat ini lebih baik dibandingkan dengan pejabat sebelumnya.

“Bahkan lebih dari 80 persen masyarakat sudah setuju dengan kebijakan lelang jabatan camat dan lurah. Sisanya yang 20 persen menyatakan tidak tahu dan tidak setuju,” kata dia. [Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. Yth bapk Ahok
    Sampai sejauh ini Pemprov sudah banyak menyampaikan kepada masyarakat progres perubahan/perbaikan/pengadaan fasilitas publik.
    Tapi sampai sejauh ini sepertinya saya masih belum melihat mengenai penigkatan sarana untuk kebutuhan air bersih di Jakarta.
    Apa program Pemprov DKI untuk air bersih di Jakarta ?
    Salam . . .

  2. Lurah TANAH SEREAL jakarta barat, haloooo apa kabar? gara gara gw tanya soal penanganan bengkel bajaj dan taxi yg seenaknya berjejer parkir di jalan sempit pinggir kali Tanah Sereal raya, sampe ditutup website nya….

    Malah makin banyak bajaj rusak, parkir seenaknya disana….

  3. Di jalan pasar gang hober nuju alaydrus, PKL jualan lemari bekas, brankas bekas, sdh mulai jualan lg……
    Ini masuk wilayah Jakarta Barat sptnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here