Transjakarta Resmi Jadi BUMD DKI (Video)

4
80

Ahok.Org – Layanan transjakarta resmi berganti status per hari ini, Kamis (27/3/2014), dari unit pengelola (UP) menjadi perseroan terbatas (PT), yang berstatus badan usaha milik daerah (BUMD).

Nama resmi perusahaan tersebut adalah PT Transportasi Jakarta. Peresmian perusahaan sendiri ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan antara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Budi Karya Samadi di Balaikota Jakarta.

Pemprov DKI akan memiliki saham sebesar 99 persen, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Jakarta Propertindo. Untuk modal awal, PT Transportasi Jakarta akan diberi suntikan dana sebesar Rp 1,5 triliun. Dalam kata sambutannya seusai acara peresmian, Jokowi berharap agar PT Transportasi Jakarta memperbaiki layanan bus transjakarta menjadi lebih baik.

“Yang pasti, harus bisa mengurangi subsidi. Subsidinya diharapkan terus berkurang, lama-lama hilang. Jadi, jangan disubsidi terus,” kata Jokowi.

Berikut susunan nama-nama pejabat di PT Transportasi Jakarta.
Komisaris Utama: Chaidier Patonnory
Komisaris: Lindung Paido Tua Simanjuntak
Direktur Utama: Antonius Kosasih
Direktur Keuangan: Andi Patriota Wibisono
Direktur SDM dan Umum: Sri Kuncoro
Direktur Operasional: Heru Herawan
Direktur Teknis dan Fasilitas: Wijanarko

Layanan transjakarta pertama kali diluncurkan pada 2004, tepatnya pada era Gubernur Sutiyoso. Layanan ini merupakan layanan bus rapid transit (BRT) pertama di Indonesia.

Keberadaan transjakarta kemudian menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk menerapkan hal yang sama. Beberapa daerah yang telah menerapkan layanan angkutan umum serupa transjakarta di antaranya ialah Yogyakarta, Semarang, Pekanbaru, Bandung, dan Bogor.

Transjakarta sendiri sejauh ini telah melayani 12 koridor dan direncanakan akan ditambah tiga koridor lagi dalam waktu dekat. [Kompas.com]

Direksi Baru Diminta Total Benahi Transjakarta


4 COMMENTS

  1. Sy ingin memberikan bbrp hal utk Jokowi Ahok yaitu sbb:
    – akhirnya ada pimpinan di bumi Indonesia yg berani komitmen anti korupsi, namun perlu disadari hal tsb blm cukup berarti utk membawa perubahan tanpa dukungan penuh dr seluruh perangkat pelaksana pemerintahan dlm hal ini PN sipil, utk itu saran sy terutama utk Pak Ahok bs menjaga sikap yg lbh bijak agar didukung anak buahnya, jgn lupa mrk itu berkarir dr bwh sbg PN yg tentu sulit menjadi bersih di dlm lingkungan korupsi yg tlh tersistem sgt lama, jd point pentingnya Jokowi Ahok perlu punya kemampuan manage atas sistem tsb utk merubah budaya, jd bukan orangnya yg dipecat dan selalu disalahkan, contoh sederhana yg bs kt ambil : Pom bensin Shell, KFC, McD yg di Indonesia dimana pekerjanya adalah org Indonesia terbukti bs menjaga kualitas dan pelayanan dgn konsisten.
    Terkait bus China yg ramai akhir2 ini, memang problem tsb ada kecurangan namun persoalan transjakarta yg buruk jg lagi2 masalah manajemen pemeliharaan yg tdk konsisten dijalankan, contoh lagi: hampir seluruh perush taxi menggunakan mobil yg sama kualitasnya dr jepang, tp hanya grup blue bird yg terbukti berkualitas, blm lama sy mengunjungi kota Shencen China seluruh bus nya buatan sendiri tapi semuanya terawat baik dan bersih.
    Akhir kata, mhn para pemimpin utk bisa bertindak lbh bijak dan mau dikritik, salam Indonesia baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here