Basuki Ingin Puskesmas Segera Bisa Jadi Rumah Sakit Tipe D

1
67
Jokowi Sidak Puskesma - Foto Tempo.co

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana mengubah puskesmas kecamatan menjadi setara rumah sakit tipe D.Sehingga kualitas pelayanan kesehatannya lebih baik.

“Sebab di tahun 2025 diprediksi terjadi bonus demografi,” kata Ahok, sapaan akrab Basuki, di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 31 Maret 2014.

Menurut Ahok, pada kurun waktu tersebut hingga 2035 akan terjadi ledakan usia produktif di Indonesia. Untuk mempersiapkan hal tersebut bisa dimulai dari sektor kesehatan dan pendidikan. Langkah ini dilakukan sekaligus mendukung program sistem jaminan sosial nasional.Sebab, salah satu prioritas dari sistem ini adalah meratanya pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. “Nah kami sudah memulai dengan Kartu Jakarta Sehat yang setelah dilihat banyak penggunanya,” kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Konsekwensinya,  dia melanjutkan, butuh ruang lebih banyak untuk  kelas 3. Tujuannya, agar masyarakat miskin juga terlayani.Sebab asuransi nasional ini hanya menanggung perawatan kelas 3. “Makanya kalau rumah sakit kesulitan menambah ruang kelas 3, puskesmas disulap jadi tipe D,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Dien Emmawati mengatakan uji coba akan dilakukan tiga bulan lagi sekitar Juni. “Ada 18 puskesmas kecamatan untuk uji coba,” ujarnya. Jumlah puskesmas di DKI Jakarta ada 348 unit, dengan rincian 340 puskesmas kelurahan dan 44 puskesmas kecamatan. [Tempo.co]

1 COMMENT

  1. Usul pak Ahok, kalau di KA skarang klas ekonomi jadi klas bisnis lalu ditingkatkan menjadi klas bisnis ber AC, kayanya identik dengan klas 3 Rumah Sakit bisa ditingkatkan menjadi full AC untuk semua klas (kan anggarannya banyak toh!)juga Puskesmas skalian di beri AC hehehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here