Pembangunan (konstruksi skala besar) MRT Dimulai

6
104

Ahok.Org – PT MRT Jakarta hari ini mengumumkan dimulainya tahapan penggalian stasiun bawah tanah moda transportasi mass rapid transit (MRT). Tahapan konstruksi skala besar proyek MRT ini akan dimulai di Bundaran HI atau tepatnya di depan Plaza Indonesia, Kantor Kedutaan Besar Jepang, dan Plaza EX.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar menegaskan tidak akan ada penutupan jalan selama pengerjaan proyek berjalan. Namun, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan mencari alternatif jalan lain.

“Selama skala besar tidak ada penutupan jalan. Hanya saja pengurangan lajur untuk sisi barat. Sedangkan sisi timur jumlah lajurnya tetap. Memang masyarakat akan mencari jalur alternatif. Tentu itu akan ada tamahan beban. Kami akan cek trafik di simpang-simpang jalan,” ujarnya saat konferensi pers MRT di Wisma Nusantara lantai 3, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2014).

Sementara itu, keterangan berbeda disampaikan Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami. Dono menjelaskan, pekerjaan awal berupa persiapan marka jalan dan penutupan jalur median jalan. Tak ayal, penutupan median jalan bisa menyebabkan lalu lintas di kawasan proyek terkendala.

“Akan ada penutupan jalur median Bundaran HI-Sarinah dalam waktu sekitar empat tahun,” kata Dono.

Pembangunan dikerjakan bertahap, seperti pada 7 April nanti dimulai penggeseran pagar, pembuatan soil pond. Kemudian dilanjutkan pembuatan guide wall pada 22 April dan pembangunan D-Wall pada 19 Juli. [Metrotvnews]

6 COMMENTS

  1. Oya pak Ahok, harusnya ada perjanjian untuk mengasuransikan pembangunan stasiun bawah tanah MRT…

    Kalo sampai roboh/ runtuh maka pihak pengembang wajib membangun kembali dg uang sendiri tanpa dana sepeserpun dari DKI

    Sebab mental orang Indonesia…. bangun ini bangun itu sebentar aja udah roboh… akibatnya ini cuma akal2an agar dapat proyek abadi setiap tahunnya….

  2. smoga terwujud dan berharap Jakarta menjadi Baru dan Indonesia semakin Hebat..

    Memimpikan negeri yang bisa dibanggakan, walaupun sudah bangga akan nasionalisme, namun infrastruktur jg penting.
    Miris melihat infrastruktur di perbatasan yang jauh tertinggal dr negara tetangga. Walaupun nasionalisme nya tidak diragukan namun seiring berjalannya waktu nasionalismenya akan memudar karena merasa tidak diperhatikan dan himpitan ekonomi dan masalah sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here