Basuki: Lelang Jabatan Bukan untuk Rendahkan Lulusan IPDN

8
219

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berujar, pelaksanaan seleksi terbuka (lelang) jabatan lurah dan camat bukan bermaksud untuk merendahkan para alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Program itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di Jakarta. Terlebih lagi, ujar Basuki, Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) No 32 Tahun 2014 tidak mengharuskan jabatan lurah dan camat ditempati oleh para lulusan IPDN.

Yang terpenting, kata dia, seseorang aparatur sipil tersebut harus dapat mengatur jalannya pelayanan publik dengan baik, tak peduli latar belakang jurusan pendidikannya.

“Jadi, tidak ada penghinaan terhadap pamong lulusan IPDN. Yang penghinaan justru kalau ada pamong yang tidak mengerti undang-undang yang baru ini,” kata Basuki saat memberi kata sambutan dalam acara Sosialisasi Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik, di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Selasa (22/4/2014).

“Ada birokrat yang tidak mengerti, mereka komplain, ‘masa perawat dan dokter jadi lurah dan camat. Tidak boleh ini, menghina IPDN. Kita harus PTUN-kan’. Nah, itu artinya tidak mengerti konsep,” ujar Basuki menirukan perkataan birokrat yang pernah keberatan dengan rencana lelang jabatan tersebut.

Basuki menjelaskan, dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi DKI berencana akan memperbanyak kantor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di seluruh kantor kelurahan. Paling lambat, rencana tersebut akan direalisasikan pada Juni 2014.

Pelayanan nantinya juga akan dibuka sampai malam hari. Dengan demikian, kata Basuki, kelak jam kerja para pegawai negeri sipil yang ditugaskan di PTSP tidak harus dari pagi hingga malam, tetapi bisa dengan menggunakan menggunakan sistem shift yang bergantian dengan rekan sejawatnya.

“Jadi, kerja PNS-nya tidak harus berurutan delapan jam. Dia harus milih mau di jam yang mana. Ini juga bisa mengurangi kemacetan, dan orang di DKI ini bisa merasakan kalau mau urus apa pun, kamu tidak usah pusing,” ujar pria yang akrab disapa Ahok itu. [Kompas.com]

8 COMMENTS

  1. Mohon ditempelkan disetiap kelurahan/kecamatan jadwal kegiatan Lurah/camat supaya masyarakat tahu.Sering tidak jelas keberadaan Lurah/camat saat jam kerja.Sering tidak berada ditempatnya alasannya banyak rapat,rapat di walikotalah,rapat di kecamatanlah,rapat dibalikota lah,rapat di sudinlah.Untung dia gak bilang rapat di rumah bini mudanya…hadehhh

  2. Pak Ahok lebih baik lelang jabatan PNS disiarkan di TV secara live dg cara beauty contest seperti miss world jadi rakyat juga bisa lihat siapa aja yg terpilih.

    • hahaa..idenya keren bang..boleh juga tuh pak ahok..skalian perkenalkan sistem birokrasi jakarta yang lebih modern , flexibel , tapi tetap sesuai norma dan undang2 dan transparan, untuk masyarakat jakarta

  3. Bencong saja kerja siang malam, masa pelayanan masyarakat cuma sampe sore?

    Harusnya jam operasional layanan masyarakat dari jam 8 pagi hingga jam 11 malam. Jadi masyarakat yang pulang kerja jam 6 sore keatas masih bisa urus ktp, kk dan segala keperluan administratif yang dibutuhkan.
    Ahok benar2 berjuang untuk kepentingan orang banyak. Good job

  4. Jika ada masyarakat meragukan mutu lulusan IPDN, yah wajar. Mayoritas (90-95 %) taruna STPDN/IPDN kan masuk STPDN/IPDN dengan cara nepotisme dan/atau kolusi. Kalau bibitnya saja abal-abal, terus selama kuliah badannya jadi sand-sack buat dipukul dan ditendang senior, maka setelah lulus kualitas otak dan daya pikirnya jauh di bawah kualitas sarjana alumni PTN-PTN terkemuka seperti Sarwo Handayani dari ITB.

  5. Rental-rental komputer milik mahasiswa Unpad di Jatinangor pada ‘panen raya’ kalau taruna STPDN/IPDN udah masuk musim penulisan tugas akhir. Umumnya taruna STPDN/IPDN pada ngga lancar mengoperasikan komputer jadi mereka menggunakan jasa pengetikan rental-rental komputer karena di tingkat akhir mereka udah pada dapat gaji. Kabarnya, mutu isi tulisan tugas akhirnya taruna-taruna STPDN/IPDN jauh di bawah mutu skripsi mahasiswa FISIP Unpad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here