BTP Soal Busway Patah

9
146

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama menduga patahnya bus Transjakarta koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang) di Jatinegara, Jakarta Timur akibat banyaknya jalur Transjakarta yang bergelombang.

“Makanya saya bilang ke Dinas Pekerjaan Umum, bus itu jalannya tidak boleh bergelombang. Karena bus panjang itu kan ada sambungannya. Kalau dia ngayun, mau jenis apapun pasti patah,” kata Basuki di Balaikota, Kamis (7/8).

Dikatakan Basuki, jika kondisi jalan bergelombang, bus sebagus apapun bisa mengalami kerusakan. Kendati demikian, pihaknya masih akan melakukan kajian terlebih dahulu penyebab patahnya bus Transjakarta. Karena bisa juga disebabkan karena kondisi bus yang tidak baik.

“Yang bagus saja bisa patah, apa lagi yang tidak bagus. Sementara karena jalan, tapi bisa juga karena kondisi busnya. Makanya saya bilang merek yang tidak terkenal di dunia kita tidak tahu kelemahannya dimana,” kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Dia mencontohkan pengadaan bus tingkat wisata yang telah dibeli oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI  yang bermerek Wei Chai dengan harga Rp 3,3 miliar. Sementara salah satu perusahaan swasta berniat menyumbang bus serupa dengan merek Mercedes Benz seharga Rp 2,8 miliar, ditambah kontrak service senilai Rp 1,4 miliar.

Menurut Basuki, meski terdapat perbedaan harga, namun pihak Mercedes Benz memberikan garansi selama tujuh tahun. Sementara jika bus dari merek Wei Chai tidak mendapatkan garansi.  “Ini tambah Rp 1,4 miliar dapat garansi 7 tahun. Artinya kamu lebih baik mahal sedikit tapi dapat garansi. Dari pada 1-2 tahun sudah patah,” tegasnya. [Beritajakarta]

9 COMMENTS

  1. bus gandeng kurang cocok untuk kondisi struktur tanah atau pun jalan bergelombang di jakarta, dan bus nya panjang, membahayakan pengendara kendaraan yang lain, single bus aja dan unitnya diperbanyak atau pakai bus tingkat single daripada bus gandeng, salam GO JB

  2. Pak Basuki

    Nanti Pak jokowi jadi Presiden
    Minta Dikeluarkan Peraturan tentang LKPP

    1.
    semua Asset pusat diberikan ke Pemprov
    -GBK
    -Kemayoran
    -Jalan2
    -Sungai2
    -Kota Tua
    -Bandara
    -Jalan Tol
    -Pelabuhan
    -Stasiun Kereta

    2.
    lkpp dirubah aturannya sehingga Jalan Rusak langsung dapat melakukan pekerjaan perbaikan dengan sistem penunjukan langsung melalui e pengadaan

    • Untuk sekarang sih pasti bagus jika diserahkan ke DKI, tetapi setelah Pak jokowi dan pak Ahok tdk menjabat di DKI lagi.. Apakah Aset itu akan dikelola oleh DKI, jangan2 di kelola pusat lebih baik

  3. Mestinya tidak perlu operator lagi, busway ditangani pt.TransJakarta sampai kebawah…perawatan bus nya menggunakan buku log perawatan, jadi tahu APA aja yg pernah rusak atau diganti sparepartnya.
    Soap jalanan urusan PU, itu mah kerjanya ayal-ayalan,betonisasi aha semua jalan di Jakarta, maximal daya tahannya juga dipikirkan…halah..

  4. Karena TJ cuma management, sedang operator yg jalanin trayeknya, pasti sulit untuk sinkron, kalo TJ cuma surah-suruh tapi ga tegas!?
    Semua Halte sudah dipasang CCTV belum??? Setiap bus sudah dipasang GPS, belum??? Management traffic bagaimana???

  5. Maju terus pak AHOK… kami selalu mendukung… namun segera dibuatkan aturan agar 10 tahun mendatang pergantian kepemimpinan gubernur yg baru harus taat aturan. seperti bung AHOK. (Selamatkan Aset DKI)

  6. AKIBAT KEMUNAFIKAN!

    ITULAH SEBABNYA SERING DIDENGUNGKAN LOKAL CONTENT ,SOK NASIONALIS DIBALIK ITU PROFESSIONALISME DAN POLITIK MASIH BERMAIN DAN JUGA JANGAN HERAN KALU LOKAL CONTENT TERSEBUT TIDAK BERARTI SEMUA BUATAN DALAM NEGERI DAN LEBIH MURAH:

    BANYAK YG BAHAN BAKUNYA IMPORT

    JUGA COBA DI AUDIT OLEH KPK PENGADAAN BAHAN BAKUNYA DAN BIAYA OPRASINYA.
    KEMUNGKINAN BESAR MASIH ADA PENYIMPANGAN2

    ISSUE PRODUK DN ,SEBENARNYA KADANGKALA DI POLITISIR, KARENA TIDAK BISA BERSAING SEHAT

    UJUNG2NYA KWALITAS DAN KORUPSI MASIH MUNGKIN BANYAK TERJADI DALAM HAL OEPRASIONAL DAN PENGADAAN BAHAN BAKUNYA.

    LEBIH BAIK DITETAPKAN
    KORIDOR 1 SCANIA
    KORIDOR 2 MAN
    KORIDOR 3 MERCEDES
    KORIDOR 4 VOLVO

    SETELAH ITU NANTI DILIHAT MANA YG PALING MENGUNTUNGKAN ITU YG SELANJUTNYA AKAN DIGUNAKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here