CCTV DKI Mulai Diremajakan

3
67

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menunjukkan berbagai keunggulan kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) baru yang terpasang di berbagai sudut gedung Balaikota Jakarta.

Kamera pengintai itu berbentuk tabung kaleng susu 400 gram. Kameranya terus berputar mengikuti pergerakan manusia yang berada di ruangan itu.

“Ini (CCTV) lebih baik dibandingkan dengan (CCTV) yang lama. Kalau CCTV lama yang kecil kan tidak bisa di-zoom sampai muka, nah yang CCTV baru ini bisa zoom muka sampai jerawat kelihatan. Ha-ha-ha,” kata Basuki tertawa, di Balaikota, Kamis (9/10/2014).

CCTV baru itu terpasang di Balairung Balaikota, ruang tamu depan ruang kerja Basuki di lantai dua, ruang tamu gubernur, dan Balai Agung. Rencananya Basuki akan membeli sebanyak 3.000 CCTV itu dan disebar di seluruh ruas jalan Jakarta.

Selain bisa di-zoom hingga partikel terkecil, Basuki memamerkan keunggulan lainnya, yakni bisa mengidentifikasi pelaku kejahatan.

“Nanti kami bisa mendeteksi, jika tertangkap ada (penjahat) dan kami cocokkan dengan identitasnya (KTP). Saya bisa tahu kamu itu terdaftar di atau tidak, bisa identifikasi sampai seperti itu, membantu polisi juga untuk merekam pelat nomor kendaraan yang melanggar lalu lintas,” kata Basuki.

Pemprov DKI tengah mencari operator atau provider yang mampu menyediakan spesifikasi CCTV dengan menggunakan teknologi 4G. Ia juga meminta provider untuk memasang lampu taman sekaligus untuk meletakkan CCTV tersebut. [Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. Usul kepada pak wagub, agar masyarakat bisa mengakses cctvnya juga, selama ini.tidak bisa. baik di NTMC polda ttg lalu lintas, cctv busway, maupun cctv jalan. karena bagi masyarakat informasi tsb penting sekali.bukan untuk di salahgunakan. saya lihat hanya di kantor wagub aja yg bisa mengakses cctv tsb, setelah saya melihat di tayangan Hitam Putih. Padahal masyarakat juga menginginkan seperti yg pak wagub lihat. terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here