Ahok Targetkan Seluruh Jakarta Terpantau CCTV pada 2016

2
66

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) dapat terpasang di semua ruas jalan Jakarta pada 2016. Menurut dia, kamera pengintai ini nantinya juga akan membantu kinerja personel kepolisian dalam mengantisipasi kemacetan dan kejahatan di jalan raya.

“Saya perkirakan tahun 2016 bisa selesai total (CCTV) dipasang di Jakarta,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balaikota, Jumat (10/10/2014).

Saat ini, Pemprov DKI sudah mulai mencicil pemasangan kamera pengintai di ruas jalan. Kamera itu dipasang di tiang lampu lalu lintas.

Basuki menargetkan, kamera pengintai mulai dipasang di jalur utama. Namun, Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI memasang kamera pengintai di semua ruas jalan Ibu Kota.

“Nanti (CCTV) bisa dipasang di truk sampah. Jadi, kami bisa tahu ke mana saja mobil itu,” kata Basuki.

Pemprov DKI kini tengah mencari operator atau provider yang mampu menyediakan spesifikasi CCTV berteknologi 4G. Ia juga meminta provider untuk memasang lampu taman sekaligus untuk meletakkan CCTV tersebut, yang dilengkapi dengan jaringan 4G dan WiFi.

Rencananya, sebanyak 3.000 CCTV akan disebar di semua ruas jalan Ibu Kota. CCTV yang akan dipasang itu berbentuk tabung kaleng susu 400 gram. Kameranya terus berputar mengikuti pergerakan manusia yang berada di ruangan itu. CCTV itu bisa di-zoom hingga partikel terkecil, merekam pelat nomor, dan mengidentifikasi pelaku kejahatan.

Saat ini, CCTV baru itu telah terpasang di Balairung Balaikota, ruang tamu depan ruang kerja Basuki di lantai 2, ruang tamu gubernur, dan Balai Agung.

“Nanti kami bisa mendeteksi, jika tertangkap ada (penjahat), kami cocokkan dengan identitasnya (KTP). Saya bisa tahu kamu itu terdaftar atau tidak, bisa identifikasi sampai seperti itu. Ini membantu polisi juga untuk merekam pelat nomor kendaraan yang melanggar lalu lintas,” kata Basuki. [Kompas.com]

2 COMMENTS

  1. Pasang aja banyak CCTV dan perekam suara di tempat banyak orang demo.

    Nah dengan begitu pak Ahok bisa segera tau siapa dalang dari teroris efpeii…

    Tapi sebenarnya rakyat sudah tau dalangnya yaitu teroris prabochor, teroris assheemm dan teroris garuda vampir dalangnya…

  2. Pasang CCTV bagus tapi harus ada tindak lanjutnya jangann seperti itu yg lain2, menurut saya ada sstu badan ada departemen yang khusus memantau CCTV ini untuk seluruh CCTV yang terpasang. Badan atau Departeman ini seperti MTC polda Metro Jaya. Yanga penting setelah terpasang jangan jadi barang yang mubazir harus optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here