DKI Siapkan Layanan Pengaduan via Aplikasi Android

6
116

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan program dan layanan pengaduan berbasis sistem teknologi informasi.

“Siapa saja bisa melaporkan apapun yang terjadi di Jakarta, namun menggunakan ponsel berbasis android,” kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Minggu (9/11).

Pihaknya tidak membatasi macam-macam laporan dari masyarakat, seperti parkir liar, pedagang kaki lima, kepadatan, kecelakaan, sampah, lampu padam, kebakaran hingga ketertiban dan keamanan di lingkungan tempat tinggal.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, peran serta masyarakat sangat diharapkan karena sebagai ujung tombak pembangunan dan sangat membantu menata Jakarta menjadi lebih baik.

“Masyarakat yang mengetahui, sehingga apapun laporannya sangat diharapkan. Ini demi kemajuan bersama,” ujarnya.

Sistem ini bermula dari pengembangan relawan yang mengamati program Ahok di media sosial.

“Sistem ini gratis dan kami sudah membuat perjanjian ke depannya seperti apa layanannya,” kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Sebagai bentuk tindak lanjut, Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar pelatihan dan menguji coba sistem ini pada Desember 2014, sebelum diluncurkan pada Januari tahun depan.

“Saat lurah dan camat se-DKI menjadi manajer di wilayahnya, maka akan lebih mudah dimonitor. Dengan cara ini juga bisa diketahui bagaimana kinerja mereka,” ujarnya. [Beritasatu.com]

6 COMMENTS

  1. Sebenarnya sudah cukup dgn tools yg ada sekarang, seperti LAPOR! UKP4 dan sms ke pak Ahok.
    Yang menjadi persoalan adalah, respon/penanganan atas laporan warga yg sangat lambaaaan dilakukan oleh SKPD terkait.
    Bahkan, antar SKPD saling lempar tupoksi, laporan tdk direspons berbulan2, dsb.

  2. Dear Pak Ahok,
    System ini bagus sekali, tapi apakah harus beberapa kali mengirim pengaduan dgn kasus yang sama baru bisa ditanggapi ??
    Maaf, karena inilah yg terjadi nyatanya. Harus bbrp kali SMS ke nomor HP Bpk, lalu ke LAPOR, lalu via email dan akhirnya barulah ditanggapi. Itupun tidak sesuai dgn yg diharapkan.
    Semoga ke depannya lebih diperhatikan. Saya tetap selalu mendukung Bpk. Sukses !!

    • agar tidak ada perasaan kurang ditanggapi lagi; karena mungkin bisa mereduksi semangat masyarakan bagi ikut serta mengawal jakarta baru, diusulkan agar :
      .
      1. ada reply segera atas complain masuk, jenisnya diatur sbb.:
      2. reply afirmatif. (sudah ditanggapi n sesuai dng substansi laporan).
      3. reply nigatif, (tidak bisa terima, alasan harus disebutkan).
      4. reply dalam proses. (bisa diterima, diproses, tapi belum selesai,
      5. dalam hal reply item 5 diatas, maka system akan terus me-reply secara berkala, sampai ada hasil, n disusul reply item 1 or 2 diatas, maka case close; sementara jumlah me-reply berkala diatas, memberi warning ke system, agar menjadikan alerting bagi dki.
      .
      salam,

      • Nah itu, sy ingin kalaupun jwbnnya bad news ya gpp, yg penting kita diinformasikan.
        Lagipula case yg sy maksud sdh dikerjakan dulu oleh pemerintah tp mendadak berhenti di tengah jln, dibiarkan begitu saja alias muntaber = mundur tanpa berita. Kita kan gatau apakan itu tanggungjawab pemprov atau pusat.
        Bahkan Spanduk yg mengatakan akan diperbaiki sampai sekarang msh terpasang sampai kainnya kotor saking lamanya (kita jadi berasa di PHP-in)
        Sekali lagi sy bisa paham kalau mmg ada proyek yg pengerjaannya lama atau terhambat krn sesuatu hal, tp jg tolong jangan dianggurin begitu saja. Kadis PU nya tho sdh diganti kan ?

        Terima kasih dan sukses utk DKI !

  3. 1 . tolong bereskan mafia IMB….yg sering memeras orang yg sedang membangun atau merenovasi tumah,kantor,atau gedung.
    Minta uang damai ratusan juta

    2.tolong beresin bis bis yg berhenti di bawah rambu DILARANG BERHENTI….di PULOGADUNG…mereka menimbulkan KEMACETAN…dan ini sangat memboroskan pemakaian BBM.

    3.tolong bereskan parkir2 sembarangan yg menggganggu di depan sekolah Al azhar kelapa gading,labs school rawa mangun, santo di lapangan banteng…

  4. Tolong di sidak kelurahan gunung sahari selatan yg susah untuk ditemui oleh staff nya karena tidak pernah ada di tempat. Karena warga sering kali menunggu beliau atas keperluan yang mendasar. Katanya pelayan sudah cepat segala proses di kelurahan manapun. Ternyata saya merasakan susah sekali untuk hanya sekedar meminta surat jalan untuk membuat SKCK. Sekali lagi tolong di SIDAK lurah yang seperti ini. Kelurahan: gunung sahari selatan , kemayoran jakarta pusat 10610

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here