Basuki Soal Antisipasi Banjir

0
41

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yakin jika penanganan banjir tahun ini akan lebih siap dibanding tahun sebelumnya. Ia memprediksi, genangan yang timbul di sejumlah wilayah di ibu kota akan surut dalam kurun waktu satu hari saja.

Dikatakan Ahok, sapaan akrab Basuki, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilibatkan dalam penanganan banjir di ibu kota.

“Antisipasi banjir sejauh ini oke. Pembersihan, pengerukan sungai lebih baik. Maka masalah banjir di Jakarta tahun ini akan lebih siap diantisipasi, dibandingkan tahun lalu. Saya prediksi, banjir (tahun) ini tidak akan lebih dari sehari banjirnya,” ujar Basuki di Balaikota, Rabu (12/11).

Basuki mengaku, sempat kecolongan saat persiapan banjir dilakukan. Pasalnya, sejumlah pompa air ditemukan dalam kondisi mati.

“Dinas PU sudah diminta untuk memperbaiki pompa tersebut agar saat banjir tiba, mesin pompa bisa berfungsi kembali,” tuturnya.

Terkait sumur resapan, mantan Bupati Belitung Timur ini menyatakan masih banyak lokasi yang belum dibuat sumur resapan. Diperkirakan pada 2016, program pembuatan sumur resapan bisa rampung.

“Sumur resapan itu beberapa belum sempurna. Tahun depan daerah yang belum akan diperbaiki. Dan nanti akan jadi satu sistem antara sungai dengan sumur serapan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari 2015 mendatang.

Untuk mengantisipasinya, SKPD terkait telah dikoordinasikan untuk penanggulangan banjir kali ini. Setidaknya, ada sembilan instansi yang berkaitan, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Kebersihan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB). [Beritajakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here