Basuki Instruksikan Gaji Pegawai Honorer Segera Dibayar

3
64

Ahok.Org – Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI kini bisa bernapas lega, karena gaji sudah ditransferkan ke rekening mereka masing-masing. Namun, pegawai honorer di Pemprov DKI Jakarta yang berjumlah sekitar 18.000 orang masih menjerit. Pasalnya hingga saat ini, gaji mereka belum dibayarkan.

Melihat hal itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI segera membayarkan gaji para honorer. Karena mereka membutuhkan uang gaji tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Dia meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tidak perlu menghitung absensi pegawai honorer. Perhitungannya dapat dilakukan belakangan, lebih baik dibayarkan dulu gaji mereka karena sudah sangat telah pembayaran gaji PNS dan pegawai honorer di bulan ini.

“Pembayaran gaji pegawai honorer juga harusnya cepat. Dia (BKD) nggak perlu ngitung-ngitung. Mereka itu masih menghitung. Saya sudah mendesak, bayar dulu honorer, nanti abesensinya baru dihitung,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (9/1).

Diungkapkannya, BKD DKI maupun BPKD DKI selalu telat melakukan penghitungan absensi pegawai honorer. Dengan kondisi yang seperti ini, seharusnya gaji pegawai honorer dibayarkan dulu. Bila nantinya tidak sesuai dengan data absensi, maka bisa dilakukan pemotongan gaji pada pembayaran gaji bulan Februari.

“Mereka selalu telat hitung absensi. Maksud saya kasih saja dulu. Kalau dia (honorer) bohong, ya bulan depan dipotong. Mereka kan kontrak individual, ya tinggal putusin saja kalau bohong,” ujarnya. [Beritasatu.com]

3 COMMENTS

  1. Sulit juga yah ngurusin gajian ribuan pegawai hononer ..
    .
    Tidak seperti karyawan pabrik rokok, perusahaan yang dapat membayar gajian pegawai tepat waktu dan tepat jumlah.
    .
    Dan sepertinya jarang atau tidak pernah terdengar protes keterlambatan gajian dari buruh atau pabrik rokok yang jumlahnya tidak kalah banyaknya bahkan melampaui dari honorer pemda..

    • bener juga bro, artinya mungkin begini :1. pns bagian pembayaran gaji yg telat tadi, juga ditelatin terima gajinya, karena alasan apapun yg msk akal, agar pintarnya tdk hanya akal/administratif, tapi juga nurani/fakta konkrit. atau/dan
      .
      2. panggil saja yg ngebayarin gaji pegawai rokok tadi utk tackle pembayaran gaji honorer di dki, beres kan?? toch kalau panggil mereka utk ajarin pns, kan bikin jatuh gengsi dong!!?? apa iya???
      .
      salam,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here